Goes to Trans Studio Bandung

2:11:00 PM Dimas A. R. Kambuna 0 Comments

TSB TSB TSB. Mungkin sekarang, itulah salah satu tujuan yang ada di benak orang- orang yang berkunjung ke Bandung. TSB?? Apaan tuh?

Trans Studio Bandung adalah wahana hiburan indoor  yang baru didirikan oleh Trans Corp. Wahana ini merupakan wahana kedua setelah Trans Studio yang didirikan Trans Corp.  di Makassar. TSB berlokasi di daerah Komplek Bandung Supermall (BSM) di Jalan Gatot Subroto 289, tidak jauh dari Gedung Sate maupun Gazibu. Letaknya pun menjadi satu dengan BSM, yang dihubungkan dengan semacam “jembatan penyeberangan”.

Peta Trans Studio Bandung

Peta2 Trans Studio Bandung
PREPARE 

Sempet kesulitan juga nyari alamat ini. Maklum, baru berapa kali ke Bandung. Hehe… Tanya sana- sini, n liat peta, sekitar pukul 10.30 WIB sampe juga deh, di Trans Studio. Weekdays, TSB buka dari jam 10 pagi sampe 9 malem. Kalo lagi libur dan weekend, TSB buka dari jam 9 pagi sampe 10 malem. Masuk ke parkiran motor, sebelumnya dikasih karcis untuk menentukan biaya parkir nantinya yang pembayarannya berdasar jumlah jam kita parkir (no. 1 yang menjadi nilai minus, terutama bagi yang berkantong ‘cekak’ seperti saya). Begitu masuk, yang terlihat berdiri dengan megah adalah jalir Yamaha Racing Coaster dengan logo Trans Studio Bandung. Agak minder juga waktu mau masuk, serasa “orang desa” karena lingkungan Mall besar. Haha…

Di sekitar gerbang, terdapat beberapa “sambutan” dengan pernak- pernik TSB, yaahh…cukuplah buat sekedar foto- foto. Pembelian tiket dilakukan dengan semacam mengisi kartu ATM/ kartu kredit, yang diisi dengan saldo yang kita inginkan untuk nantinya membeli tiket masuk Trans Studio dan segala transaksi di dalam TSB (membeli makanan/ souvenir). Hal ini tidak begitu menjadi masalah bagi pengunjung, karena memudahkan dalam transaksi di dalam, tanpa mengeluarkan banyak uang dan kembalian kembali. Jangan takut uang yang dimasukkan bakalan kurang, karena di dalem ntar juga bisa diisi ulang lagi. Kalo sisa juga uangnya bisa kembali diuangkan langsung di counter yang ada di BSM, atau nanti di Bank Mega. Di dalem juga ada ATM buat ngambil uang. Pembelian tiket seharga Rp 150.000,00 untuk hari kerja (Senin- Jum’at) dan Rp 200.000,00 untuk weekend. Karena waktu itu hari Senin, maka harga tiketnya Rp 150.000,00 (sepadan ga ya, ama wahana di dalem?? Let’s check it out, cekidot). 

Sebelum masuk ke TSB, ada dua kali pemeriksaan yang dilakukan. Pertama dilakukan pemeriksaan barang- barang berbahaya, lalu tepat sebelum masuk ke dalam lingkungan wahana TSB, dilakukan pemeriksaan barang bawaan berupa makanan dan minuman yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam TSB (nilai minus kedua). Walaupun mungkin untuk alasan kebersihan dan pemaksimalan pemasukan tenant di dalam TSB, tetapi langkah ini patut disayangkan, karena tentunya membawa makanan/minuman sendiri dapat dikatakan lebih efektif dan efisien bagi pengunjung. Apalagi jika pengunjung rombongan dari luar daerah. Selain itu, harga makanan di dalam wahana juga tergolong sangat WAH. Saya makan Yamien aja harganya 20 ribu per porsi, belum sama minum.    -_-   Tempat makan dan minum yang ada antara lain Baskin Robbins, Coffee Bean, Studio Mie, Steak, dsb.

WAHANA TSB 

Di dalam TSB, kita disuguhkan 3 lokasi utama wahana, yaitu Studio Central, Magic Corner, dan Lost City. Berikut rinciannya:

Peta Wahana Trans Studio Bandung
Peta Wahana Trans Studio Bandung
  • Studio Central; berisi paling banyak wahana di TSB, yaitu: 
Yamaha Racing Coaster: Roller Coaster cepat, setelah mencapai titik tertinggi, Roller Coaster akan bergerak mundur ke posisi semula juga dengan kecepatan tinggi. 
Rate: lumayan menegangkan dan memacu adrenalin.
Saingan/ Wahana Sejenis: Halilintar Dufan  (Sebanding).
Motor Yamaha YZR-M1 di Wahana YRC
TransCar Racing: wahana untuk naik mobil- mobilan dengan lingkungan seperti di arena balap.
Rate: bagus, dapat merasakan suasana asli membalap. Minus: terkadang rem tidak pakem, sehingga sulit untuk mengontrol kemudi, terutama bagi pemula. Terasa menyakitkan ketika ditrabak dari belakang oleh pengemudi lain.
Saingan/ Wahana Sejenis: Bom bom Car Dufan. 

Giant Swing: ayunan raksasa dengan bentuk kursi melingkar.
Rate: sangat menegangkan, mencapai sudut 90° hanya dalam 4 kali ayunan. Getaran di sekitar begitu terasa. Tidak disarankan bagi yang mudah muntah dan penakut. Hehe…
Saingan/ Wahana Sejenis: Kora- Kora Dufan (nilainya 55-45 untuk Giant Swing). 
Giant Swing Trans Studio Bandung
Giant Swing
Si Bolang Adventure: menjelajah wilayah Indonesia dengan kapal bersama Si Bolang.
Rate: Lumayan (lumayan bikin ngantuk, hehehehee…)
Saingan/ Wahana Sejenis: Rumah Boneka Dufan 
Bolang Adventure Trans Studio Bandung
Bolang Adventure Trans Studio Bandung
Vertigo: Kincir Raksasa yang memutar pengunjung 360°.
Rate: menegangkan (dan seperti namanya, memusingkan, bikin Vertigo, plus membuat mual). Haha… Kembali, tidak disarankan bagi penakut atau yang gampang mual.
Saingan/ Wahana Sejenis: Kicir- Kicir Dufan (sebanding) 
Vertigo Trans Studio Bandung
Vertigo
Trans Movie Magic (belum sempat mencoba, belum dibuka) 

Marvel Superheroes 4D (belum sempat mencoba, belum dibuka) 

Trans City Theater: tempat segala pertunjukan theater. Menjumpai pertunjukan Kabayan Goes to Hollywood dan Si Bolang.
Rate: cukup menghibur dan menyenangkan apalagi jika menonton bersama keluarga. 
Cerita Si Bolang Trans Studio Bandung
Cerita Si Bolang
Trans Studio Science Center (belum sempat mencoba, belum dibuka) 
Trans Broadcast Museum: membantu pengunjung memahami cara membuat program televisi. Pengunjung dapat mencoba mengisi suara acara Unyil, atau menjadi reporter Insert Investigasi. Ada beberapa pilihan yang bisa anda coba. Anda dapat mengabadikan video ketika menjadi reporter dengan biaya Rp 50.000,00
  • Magic Corner; berisi wahana yang bernuansa ‘mistis’, yaitu: 
Gerbang Magic Corner
Dunia Lain The Ride: menjelajahi dunia dengan hawa mistis dan gangguan “setan” dengan mengendarai kereta berkapasitas 4 orang. 
Rate: lumayan mencekam, apalagi kalau sendiri. Tapi kok ga kaya pas promosi di tipi- tipi, pas orang- orang sampe lari- lari keluar dari situ. Perasaan ga serem- serem amat. Awas, walaupun di dalam gelap, tapi jangan macem- macem loh, apalagi yang kesana ama pacarnya, cz ada CCTVnya. Hehe… 

Negeri Raksasa: Dibawa ke atas dengan cepat dan diturunkan lagi ke bawah dengan cepat.
Rate: mengasyikkan, serasa tertarik ke atas, dan langsung ditarik ke bawah. Ada ‘kejutan’ berupa semburan air. Kapasitasnya banyak, sehingga banyak temennya kalau teriak- teriak. :P
Saingan/ Wahana Sejenis: Hysteria-nya Dufan (nilainya 60-40 untuk Hysteria, karena walaupun Negeri Raksasa lebih lama waktunya dan kapasitas duduk lebih banyak, tapi efek kejutnya lebih JOSS Hysteria). 

Special Effect in Action (belum sempat mencoba, belum dibuka) 

Dragon Riders (belum sempat mencoba, karena seperti buat anak kecil, kurang menarik) 

Pulau Liliput (tidak mencoba, khusus buat balita. Masak mau nekat sih?? Haha…) 

Blackheart Pirate Ship (tidak mencoba, khusus balita. Mau jadi Bayi Raksasa?? Ntar dikira wahana baru... Haha…)
  • Lost City; berisi wahana seru untuk petualang 
Gerbang Lost City Trans Studio Bandung
Gerbang Lost City
Amphitheater: sebagai tempat pertunjukan yang menampilkan berbagai pertunjukan musik dan show. Waktu itu ada Legenda Putra Mahkota. Dan terkadang penonton juga diajak untuk ikut berpartisipasi dalam acara musik ataupun show-nya. Seperti waktu itu ada sekelompok wisatawan dari Malaysia yang ikut tampil dan ngeksis di panggung, ikut bernyanyi. 
Rate: baik dan menghibur pengunjung sembari beristirahat di kursi. 
Legenda Putra Mahkota Show Trans Studio Bandung
Pertunjukan Legenda Putra Mahkota
Penyanyi Cantik Trans Studio Bandung
Penyanyi Cantik :)
Sky Pirates: menjelajah semua zona di TSB menggunakan kapal perang lewat udara. Kapasitas tempat duduk 4 orang.
Rate: seperti kereta gantung, cukup menyenangkan. 

Jelajah: mengarungi ‘sungai Afrika’ dengan kapal sebelum meluncur kencang ke bawah.
Rate: menghibur dan cukup membuat Anda BASAH. Minus: bantalan untuk pegangan tangannya baunya nggak enak. Perlu dibersihkan.
Saingan/ Wahana Sejenis: Niagara- gara Dufan (sebanding) 

Kong Climb: mendaki dinding untuk mengambil permata (belum sempat mencoba)

Selain wahana dan hiburan di atas, masih ada lagi Parade Show dimana bintang- bintang pertunjukan berparade di jalanan, menggunakan “mobil aneh, antik, dan ajaib’ untuk menyapa pengunjung. Pengunjung dapat berfoto ria disini.

Kereta Unik Trans Studio Bandung
Kereta Unik
Pengunjung
Parade Trans Studio Bandung
Show Parade
Kereta Ajaib Trans Studio Bandung
Kereta Ajaib
Demikianlah gambaran buat Anda yang belum mengunjungi TSB. Terasa begitu menghibur, terutama wahana parade/ pertunjukan dan wahana yang menegangkan. Namun, menurut saya masih saja wahana tersebut  belum sebanding dengan tiket masuk yang berharga ‘selangit’. 20 wahana dikurangi 2 wahana khusus buat balita, dan beberapa wahana terkesan ‘hanya itu’ (minus ketiga). Padahal waktu itu TSB sangat sepi karena hari kerja, sehingga bisa dibilang bisa naek semua wahana. Saya ga dapet mbayangin dulu pas baru dibuka, orang- orang ngantri panjang dan seharian Cuma bisa naek 4-5 wahana. Wahh..sayang banget uangnya. Souvenirnya juga berasa WAH dengan harga termurah berupa stiker TSB (Rp 8.000,00). Jadinya kemaren cuma beli itu deh. Wkwkwwwwkk… Habisnya, ngepas dananya.
Store Trans Studio Bandung
Trans Studio Store
Untuk hal lain kaya toilet dan musholla cukup banyak dan bersih. Bahkan ada juga ruang laktasi (menyusui) untuk ibu dan anaknya (bukan untuk Bapaknya lho, ya… Hehehe). DI TSB juga kita ga terkendala sama hujan, angin, petir, karena tempatnya di dalem ruangan. Bersih, pula.
Oiya, ada satu lagi. ‘Ruangan terbuka’ sekedar untuk duduk atau bersantai juga sepertinya kurang. Ga kaya di Dufan dimana orang- orang bisa duduk lesehan di bawah, di sekitar wahana, kalau di TSB kayak ‘sungkan/risih’ duduk- duduk di bawah. Sedangkan kursi yang tersedia tidak begitu banyak. (Minus keempat).
Ehhh…lupa dink, ada lagi… Di Trans Studio Bandung juga penjaganya kece- kece. Kebanyakan mojang Bandung asli kayaknya… heheheheee… Mereka siap membantu Anda dalam mencari informasi segala sesuatu tentang TSB.
Pegawai Trans Studio Bandung
Pegawai Trans Studio Bandung
Huaaahhhh… Capek juga rasanya muter- muter seharian di dalem. Menjadi salah satu yang nyobain pertama kali di antara anak- anak kos. Heheheee…
Yamaha Racing Coaster Night Trans Studio Bandung
Trek Yamaha Racing Coaster dari Luar pada Malam Hari
Pintu Keluar Trans Studio Bandung
Suasana Pintu Keluar TSB
KESIMPULAN
Maaf, ga ada maksud untuk memenangkan ato menjatuhkan salah satu wahana, tapi, jika dibandingkan untuk tujuan wisata, saya rasa Dufan masih lebih baik. Selain tiketnya bisa dikatakan lebih terjangkau (dengan tiket Dufan dapat juga menikmati pantai, wahana juga lebih banyak dan luas), Dufan juga lebih murah jika kita datang berombongan (minimal 25 orang), itupun dapat bonus masuk ke Gelanggang Samudra atau Atlantis Water Park. Lebih cocok juga untuk keluarga maupun perorangan yang menginginkan suasana yang luas dan santai. Trans Studio Bandung kemaren menyedot begitu banyak perhatian berkat ‘dukungan’ promosi yang sangat gencar dari Trans Corp. lewat Trans TV dan Trans7 dibantu para artis-artis yang ramai- ramai syuting disana, sehingga terlihat sangat mengasyikkan. Namun, Trans Studio Bandung juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bandung. Apalagi bagi “orang berduit” yang menginginkan suasana baru bersama keluarga, ketika sudah bosan ke Dufan. Anda tidak akan terganggu cuaca, dan mendapat pengalaman seru dengan pertunjukan dan wahana yang ada di Trans Studio Bandung.
Oiya, yang mau nyari info hotel, atau mau booking sekalian hotel yang deket sama Trans Studio Bandung, cari disini aja, bisa milih yang kamu suka. Jadi ga takut kehabisan tempat and ga bingung nyari-nyari pas udah di Bandung. :) Ada diskon juga, lho!!
Info lebih lanjut, liat aja sendiri web-nya ya, di www.transstudiobandung.com
ENJOY IT, GUYS!!! ^.^

You Might Also Like

0 comments:

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)