Curug Cimahi, Keindahan Alam Cimahi

9:56:00 AM Dimas A. R. Kambuna 3 Comments

Tanggal 23 Oktober 2011, saya berkesempatan berkunjung dan menikmati indahnya pesona alam di Curug Cimahi. Curug Cimahi merupakan salah satu Wana Wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Jabar-Banten, terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, menempuh kurang lebih 45 menit dari Arah Lembang ataupun dari Kota Cimahi. Akses ke Curug Cimahi sangat mudah karena berposisi di pinggir jalan Cimahi-Lembang. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.
     Curug Cimahi pernah ditutup kurang lebih 1,5 tahun lamanya akibat longsor yang mengakibatkan akses jalan menuju Curug Cimahi ini tertutup dan tidak bisa dilalui. Namun, menjelang libur Idul Fitri tahun 2011, wana wisata ini kembali dibuka untuk masyarakat umum. Pembenahan sarana prasarana pun dilakukan secara besar-besaran, terutama prasarana jalan akses dari jalam umum menuju curug yang menurun. Telah dibangun jalan berupa anak tangga berundak-undak sebanyak 561 anak tangga. Dapat dilihat pada gambar bahwa anda harus siap- siap tukang pijet setelah dari Curug Cimahi. Hehehe…


Tangga Curug Cimahi
Tangga yang Harus Dilalui untuk Menuju ke Bawah (Air Terjun)
Berikut pengumuman yang tertampang di loket masuk:
  • Jarak tempuh ke pusat curug kurang lebih 350 meter.
  • Jumlah trap 561 tangga.
  • Sebelum membeli tiket, harap memperhatikan kondisi kesehatan pribadi, karena tiket yang telah dirobek tidak dapat dikembalikan.
  • Bagi pengidap penyakit tertentu, dimohon tidak memaksakan masuk.
  • Anak di atas 5 (lima) tahun bayar tiket perorangan.
Gerbang Masuk Curug Cimahi
Gerbang Masuk Curug (dikutip dari sumber)
Dengan besaran tiket masuk Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah), saya menyusuri anak tangga satu persatu menuruni hingga sampai di area curug. Dari tengah perjalanan menyusuri tangga, anda sudah dapat melihat indahnya air terjun dari kejauhan. Pembenahan kawasan wana wisata ini masih terus dilakukan paska longsor untuk memberi kenyamanan para pengunjung. Hal inilah yang membuat saya pada awalnya mengira tempat ini belum dikelola secara baik, karena masih sedikitnya tempat duduk atau area sekedar untuk bersantai atau beristirahat. Sesampainya di lokasi curug terlihat bangunan Mushola yang kecil tapi indah nan asri, toilet yang terlihat baru selesai dibangun dan sebuah jembatan penghubung dari kayu menambah keasrian suasana wana wisata ini.

Keindahan Curug Cimahi dari Tangga
Keindahan Curug dari Tangga
Keindahan Curug Cimahi dari Bawah
Keindahan Curug dari Bawah
Curug Cimahi Terlihat dari Tengah
Curug Terlihat dari Tengah
Curug Cimahi Terlihat dari Jembatan Bawah
Curug Terlihat dari Jembatan Bawah


Curug Cimahi Terlihat dari Bawah
Curug Terlihat dari Bawah
Curug Cimahi dari Musholla
Curug dari Musholla
Monyet yang Berkeliaran di Sekitar Curug Cimahi
Monyet yang Berkeliaran di Sekitar Curug Cimahi
Disini terlihat keseriusan pengelola untuk terus menata area wana wisata secara baik dan layak. Di kawasan ini masih juga banyak terlihat monyet secara bebas bergelantungan dan meminta makanan dari pengunjung. Namun, anda perlu berhati- hati, karena monyet yang ada belum terlalu jinak. Secara keseluruhan, area ini dapat dikatakan telah cukup baik sebagai alternatif wisata, dengan adanya lahan parkir, penjual makanan, toilet, dan musholla. Hanya diperlukan sedikit polesan lagi, seperti penambahan tempat duduk, untuk memberikan kenyamanan lebih pada pengunjung.

So, jangan lupa untuk menjelajahi keindahan alam air terjun di berbagai kota, ya... :)

You Might Also Like

3 comments:

  1. Dulu SMA di Cisarua tapi ga sempet mampir ke Curug Cimahi. -______-

    ReplyDelete
  2. Memang sekarang domisili dimana, Mas? Nostalgia lagi aja, ke Cimahi. Hehe..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)