Tips dan Trik Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor (Persiapan)

1:32:00 PM Dimas A. R. Kambuna 2 Comments

Hai.. lama tidak bertemu.. Kali ini saya akan membahas tips dan trik berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor. Beberapa tahun belakangan, cuaca dan iklim di Indonesia semakin tidak menentu, kapan itu musim hujan, kapan musim kemarau. Padahal dulu di pelajaran Geografi SD kita biasanya diajarkan bahwa musim hujan di Indonesia terjadi sekitar bulan Oktober-Maret dan musim kemarau pada bulan April-September. Namun, sekarang bulan Oktober pun kadang masih panas, baru mulai hujan di bulan November-Desember. Kemaraunya tambah panjang, tapi sekali hujan, banjir dimana-mana. Nah, bagi yang suka bepergian jarak jauh, kita harus selalu siap kapan pun, dengan cuaca apapun, okehh?? Caranya gimana?

Yuk disimak, kiat- kiatnya:
1. Kategori jarak jauh: lebih dari 20 Km/30 menit perjalanan

2. Pastikan badan sehat saat mau melakukan perjalanan, dan tidak dalam keadaan mengantuk atau minum obat yang dapat menyebabkan kantuk

3. Pakaian
Gunakanlah pakaian yang dapat menutupi atau setidaknya meminimalkan terpaan angin, maupun antisipasi terhadap kecelakaan. Pakaian panjang lebih baik. Gunakanlah jaket, dan celana panjang (berbahan jeans cukup baik untuk perjalanan jauh).

Perlengakapan tambahan: wind shield (untuk melindungi paru-paru dari terpaan angin), sarung tangan (melindungi tangan dari sinar matahari), dan penutup hidung (menghindari udara kotor di perjalanan). Jika perjalanan dengan jarak lebih jauh (1 jam perjalanan ke atas), pertimbangkan untuk memakai sepatu sehingga kita merasa lebih nyaman.

4. Sepeda motor

Cek selalu kondisi motor, yang meliputi:
Ban: kondisi ban yang “gundul” berbahaya untuk digunakan karena tidak dapat “mencengkram” jalanan dengan baik, sehingga dapa menyebabkan pengendara terpeleset.  Gantilah secara berkala.

Rantai: selalu pastikan rantai terpasang aman (tidak terlalu kendor/ kencang), karena rantai yang kendor dapat menyebabkan rantai lepas dan masuk ke jeruji ban, sangat berbahaya. Beri pelumas/ minyak rantai secara berkala, menghindari rantai berkarat/ rusak.

Rem: pastikan rem berkala dengan baik, dan Anda tidak menginjak/ menekan terlalu dalam untuk menghentikan kendaraan. Ganti kampas rem jika telah aus.

Spion: melihat kondisi kendaraan di belakang kita. Sangat berguna saat menyalip kendaraan/ mau mengubah arah/ belok. Pakailah 2 buah spion yang baik, kanan dan kiri.

Speedometer, indikator bensin, dan lampu- lampu: Pastikan semuanya bekerja dengan baik. Tentunya Anda tidak meu terjebak di jalan sepi di tengah hutan, dan bensin Anda habis bukan, karena indikator bensin Anda tidak bekerja? Atau Anda tiba- tiba ditabrak dari belakang karena lampu sign (sein) atau lampu rem Anda tidak menyala?

Peralatan tambahan: selalu siapkan jas hujan di bawah jok motor dan seperangkat tools untuk mengantisipasi keadaan di tengah jalan yang mungkin timbul.

Cek Kendaraan Anda
Cek Kendaraan Anda

Properties Sepeda Motor yang Harus Dicek
Properties yang Harus Dicek

5. Helm
Gunakan helm standar SNI yang menjaga seluruh bagian kepala Anda. Helm tersebut meminimalisir luka yang terjadi ketika terjadi benturan yang tidak diinginkan. Pastikan juga selalu “klik” kan pengait untuk kenyamanan kita.

6. Surat- surat berkendara
Selalu bawa SIM dan STNK kendaraan untuk menghindari urusan tidak diperlukan dengan Polisi.

Itulah hal - hal yang perlu dipersiapkan saat berkendara jarak jauh. Nah, bagaimana saat kita mulai berkendara?? Bisa diliat dalam artikel selanjutnya ya… :)

You Might Also Like

2 comments:

  1. Mas Dimas, tips2nya bagus banget.. Ijin share ya.. :)

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)