Hujan Seru di Grojogan Sewu

6:12:00 PM

Halo travelers... Kita bertemu lagi di Meanwhile U ‘n Me... Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya saat berkunjung ke Grojogan Sewu yang berada di daerah Tawangmangu. Saya berkesempatan berkunjung ke sana bersama teman- teman satu lingkungan kos saya di Jogja. 

Perjalanan 

Kami berjumlah 63 orang berangkat dari Jogja pada hari Minggu, 7 April 2013 pukul 06.30 WIB menggunakan bus berkapasitas 60 penumpang. Agak sedikit overload sih... Hehe... Tapi kami sudah tak sabar ingin merasakan pengalaman seru di Tawangmangu. Kami melewati jalur Jogja-Klaten-Boyolali-Solo-Tawangmangu. Oiya, di perjalanan kami juga melewati markas Kopassus Kandang Menjangan yang saat itu masih rame dibahas dalam kasus LP Cebongan. Hehe. 

Dengan kecepatan sedang dan berhenti di pom bensin sebanyak 2 kali untuk ke kamar mandi, Kami sampai di Tawangmangu sekitar pukul 10.00 WIB. Sedikit info yang diambil dari Wikipedia adalah 

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat sejuk. 

Tawangmangu dikenal sebagai obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Surakarta (Solo). Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu (tinggi 81 m). Dari Tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu. 

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di Indonesia, terlebih lagi didaerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu. 

Di tempat wisata Grojogan Sewu, dapat dibilang telah terkelola dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat pada telah tersedianya lapangan perkir yang luas cukup untuk menampung 20-30 bus dan mobil lainnya. Demikian juga dengan parkir motor.
tawangmangu-tempat parkir bus
Tempat Parkir Bus yang Luas
Dari parkir bus, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit berjalan kaki untuk mencapai gerbang Grojogan Sewu. Dalam perjalanan, kita dapat menemui penjual makanan, jajan khas Tawangmangu, penjual sayuran, maupun penjual souvenir dan buah di kanan dan kiri kita.

pintu masuk grojogan sewu
Pintu Masuk Grojogan Sewu (dikutip dari Sumber)
Tempat Wisata Grojogan Sewu

Di gerbang masuk Grojogan Sewu, kami ditarik tiket masuk sebesar Rp 6.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000,00 untuk wisatawan mancanegara. Harga yang terbilang murah untuk objek wisata yang telah terkelola dengan baik. Dari pintu masuk, kami harus melalui anak tangga lagi hingga menuju air terjun. Jika anda lelah, anda dapat beristirahat di gazebo yang disediakan. Saat menuruni tangga, Kami juga banyak menjumpai monyet- monyet lucu berkeliaran. Namun, Anda harus berhati- hati karena monyet tersebut senang mengambil barang Anda, berhati- hatilah jika memakai kacamata, mebawa kamera, dsb. Karena panik, teman saya juga ada yang diambil Pocari Sweat nya, padahal belum diminum. Hahaha... Ada juga yang melempar gorengan yang dibelinya karena takut sewaktu dideketin monyet.
monyet di sekitar grojogan sewu
Monyet yang Berkeliaran (dikutip dari Sumber)
Setelah sekitar menuruni ratusan anak tangga, kami samapai di bawah. Disana terlihat bahwa sudah banyak dibangun gazebo untuk beristirahat, maupun penjual makanan dan gorengan hangat untuk memuaskan dahaga dan lapar sehabis berolahraga. Di bawah telah ramai pengunjung yang berfoto dan berenang, karena juga tersedia 2 kolam renang, yaitu untuk anak- anak dan dewasa. Tidak dipungut biaya kembali untuk berenang di tempat tersebut. Begitu melihat air terjun, saya merasa terpesona dengan pemandangan yang begitu indah. Air dengan derasnya menuruni tebing setinggi 81 meter yang memancarkan percikan air beberapa meter dari tempat jatuhnya air. Terdapat beberapa spot untuk mengambil foto, antara lain di jembatan, dan spot khusus yang telah disediakan yang berlatarkan air terjun.

air terjun grojogan sewu
Indahnya Air Terjun
spot foto di grojogan sewu
Spot Berfoto Bersama
lingkungan sekitar grojogan sewu
Lingkungan Sekitar Air Terjun


jembatan grojogan sewu
Jembatan Berlatarkan Air terjun (dikutip dari Sumber)
Kita diperbolehkan untuk mendekati air terjun, tetapi ada pembatas, menjaga jarak aman kita dengan air terjun, mengingat derasnya air yang turun, bisa berbahaya untuk pengunjung. Saat sedang astik berfoto di dekat air terjun, tiba- tiba hujan turun dengan derasnya. Untuk beberapa saat, kami pun berhujan- hujanan sambil berfoto ria, palagi para wanita.Hahaha... Namun, hujan turun semakin deras, hingga akhirnya kami menyewa payung besar untuk beberapa orang. Satu payung disewakan seharga Rp 5.000,00. Saat hujan turun deras dan air pun mengalir semakin deras, pengunjung pun akhirnya dilarang oleh pengawas untuk berada di daerah aliran air, untuk menjaga keselamatan pengunjung.
foto di grojogan sewu
Berfoto di Sekitar Air Terjun
Kami pun banyak yang menggigil kedinginan karena kehujanan dan dinginnya cuaca. Telinga juga seperti tertutup karena berada di dataran tinggi. Dengan berpayung ria juga kami pun kembali ke atas, menyudahi petualangan kami, dengan berpeluh (tapi ga keluar karena hujan, hehe) kami kembali menaiki ratusan anak tangga. Sesampainya di tangga paling atas, ada tulisan “Selamat, berhasil menaiki dan menuruni 1.250 anak tangga”. Wah, kami kuat juga ternyata, apalagi banyak cewek yang ikut juga. Hujan juga sudah reda. Kami pun membeli oleh- oleh dan bersiap untuk pulang. 

Pengalaman yang seru di Tawangmangu, Grojogan Sewu. Kalian mau mencobanya???

Sampai jumpa di petualangan selanjutnya. :)

You Might Also Like

2 comments

  1. subhanalloh air terjunnya benar-benar indah sekali ..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs