Sunday, May 12, 2013

Tahukah Anda? Jantung kita berdetak normal sekitar 100.000 kali per harinya. Cepat-lambatnya jantung berdetak, tergantung dari kegiatan yang dilakukan individu. Jika melakukan olahraga atau pekerjaan lainnya, jantung akan berdetak lebih kencang, sedangkan ketika kita duduk atau tidur, detak jantung akan stabil dan lebih lambat. Nah, Anda ingin merasakan jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya? Silahkan pacu adrenalin Anda dengan mencoba berbagai macam wahana yang ada di Dunia Fantasi.

Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.

Dunia Fantasi dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa, Amerika, Indonesia, Asia, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Balara, dan Istabon.

Silahkan Anda mencoba beberapa wahana yang kami rekomendasikan berikut ini:

Tornado
Wahana ini beroperasi sejak 10 Juni 2007 dan diresmikan oleh Gubernur Jakarta Sutiyoso. Wahana ini merupakan salah satu wahana paling menegangkan dari semua arena di Dufan. Wahana ini juga sangat memacu adrenalin karena cara pengoperasiannya, yaitu saat mulai kita langsung naik keatas lalu kita dijungkir balikkan. Begitu juga saat kita diturunkan juga dijungkir balikkan. Wahana ini paling banyak diminati oleh masyarakat luas; selain memacu adrenalin wahana ini juga menyenangkan.
Tornado: Extreme!
Tornado: Extreme!
Hysteria
Hysteria berupa menara setinggi 56 meter. Di wahana ini, pengunjung dapat merasakan desiran adrenalin saat ditembakkan ke atas dengan kecepatan mencapai 4G dan kemudian dijatuhkan dengan kapasitas minus 1G. Cobalah untuk teriak untuk melegakan perut Anda. Pada ayunan dan turunan pertama, saya tidak bisa mengeluarkan suara saya, karena tercekat oleh kecepatan ayunan Hysteria, dan (maaf) pantat saya tidak menyentuh tempat duduk saat ayunan ke bawah pertama kali. Anda juga bisa melihat pemandangan sekitar Dufan saat berada di puncak. Menegangkan!
Hysteria: Gravity
Hysteria: Gravity
Istana Boneka
Istana ini dirancang dengan nuansa gabungan 10 gaya bangunan arsitektur Indonesia, yang distilir hingga menjadi sebuah bangunan baru, dan berwarna-warni sehingga memberi kesan semarak dan unik. Di dalamnya, sambil berperahu, pegunjung diajak menjelajahi dan merasakan beragam budaya etnis seluruh nusantara maupun berbagai bangsa, diiringi lagu rakyat setempat yang mengesankan. Ada sekitar 600 boneka animatronik. Wahana ini merupakan bangunan tertutup yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan. Cocok untuk menemani dan mengajari anak Anda tentang keragaman budaya Indonesia.
Istana Boneka Dufan
Istana Boneka
Niagara-gara
Kereta luncur Niagara gara, yaitu perahu berbentuk balok kayu yang meluncur bertualang mengikuti arus air. Kemudian, pada klimaksnya, naik setinggi 30 meter dan terjun seolah-olah mencebur mengikuti air terjun sungai-sungai di Amerika. Deg-degan!

Arung Jeram
Nikmati sensasi mengarungi derasnya sungai dengan wahana ini. Anda harus memilih yempat duduk yang sesuai jika tidak ingin baju Anda basah. Tapi sayangnya kita tidak tahu itu ada dimana. Haha.

Kora-Kora
Wahana ini berbentuk kapal besar yang berayun hampir 90 derajat. Sensasi yang diberikan pada wahana ini adalah kegerian pada saat berada dipuncak ketinggian dan pada saat berayun turun. Lepaskan suara Anda jika Anda tidak ingin muntah di dalam perahu.
Kora-Kora
Kora-Kora
Nikmati juga wahana lainnya, yang tak kalah menegangkan, seperti halilintar, kicir-kicir, ontang-anting, Journey to The Center of The Earth, Bianglala, Komedi Putar dan masih banyak lagi.
Bianglala
Bianglala (foto diambil dari sumber)
Halilintar
Halilintar
Fasilitas Dufan

Apa yang saya suka dari Dufan adalah Dufan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti Toilet, Musholla, dan tempat duduk dan nongkrong ketika Anda lelah berjalan-jalan. Anda juga tidak risih untuk duduk di pinggir jalan karena lokasinya yang luas dan memang disediakan space untuk kita duduk walaupun tidak di kursi. Dufan juga memiliki toko souvenir yang tersebar di beberapa tempat. Sisakan kocek Anda untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga tersayang.
Istirahat Di Dufan
Istirahat Dimana pun Bisa
Anda dapat mengabadikan momen-momen Anda di beberapa lokasi yang sangat bagus untuk dijadikan background foto Anda. Anda juga mau wajah Anda yang sedang berteriak dan tidak karuan diabadikan? Tenang saja, Dufan menyediakan foto otomatis di wahana menegangkan untuk mengabadikan momen Anda tersebut. Wajah kusut, menangis, merem, semua bisa diabadikan dan dapat ditebus dengan biaya Rp 30.000,00 saja. Di dalam juga banyak terdapat restoran dan penjual makanan ringan untuk mengisi perut Anda. Jadi, jangan kuatir kelaparan ketika memasuki Dufan. Anda juga diperkenankan untuk membawa makanan, masuk ke area Dufan.

Tips Mengunjungi Dufan 

Saya ingin memberikan ssebuah tips. Jika Anda ingin ke Dufan, dan nyaman serta bisa merasakan semua wahana yang Anda mau, hendaknya Anda tidak memilih saat hari libur/weekend, karena Dufan akan sangat penuh. Saya merasakannya saat dua kali ke Dufan di waktu yang berdekatan. Juli 2010 dan Oktober 2010. Saat saya ke Dufan bersama rombongan Elins UGM pada bulan Juli, semua wahana sangat penuh, sehingga Anda hanya dapat menaiki 5-8 wahana saja. Bahkan teman saya mengantri selama 45 menit, dan itu baru setengah antrian! Sedangkan pada bulan Oktober, anak sekolah sudah banyak yang masuk sekolah, begitu juga mahasiswa. Namun, saat itu, wahana benar-benar lengang. Anda cukup menunggu 4-5 orang di depan Anda untuk kemudian Anda dapat menikmati wahana tersebut berkali-kali. Susah memang, untuk mencari waktu, kecuali bagi mahasiswa. Tapi Anda bisa menyiasatinya dengan mengambil cuti atau lainnya.

Tiket Dufan dan Wahana di Sekitar Dufan 

Harga tiket Dufan saat 2010 lalu adalah Rp 150.000,00/orang. Namun, Anda bisa mendapatkan diskon khusus jika Anda datang berombongan (minimal 25 orang, dan memiliki lembaga) dengan membeli tiket melalui agen Dunia Fantasi yang tersebar di berbagai daerah. Saat ada promo khusus, Dufan juga sering memberikan diskon harga tiket dan bonus lainnya. Seperti saat ini, Dufan menawarkan harga tiket masuk terusan sebesar Rp 125.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp 250.000 pada hari Sabtu-Minggu, sejak 1 April 2013. Oiya, kalo Anda tidak mau mengantri saat menaiki wahana, Anda juga dapat membeli tiket "Fast Line" dengan harga yang sedikit lebih mahal, sekitar Rp 400.000,00 dan Anda akan menaiki wahana lewat jalur khusus. 

Jangan lewatkan juga serunya atraksi binatang dan film 4 Dimensi di Gelanggang Samudra, serta asyiknya bermain air di Atlantis Water Adventure. 
Gelanggang Samudra
Gelanggang Samudra
Atlantis
Atlantis (foto diambil dari sumber)
Setelah mengunjungi beragam wahana tersebut, Anda dapat menikmati indahnya sore dengan berjalan-jalan di Pantai, atau menikmati makanan sembari melihat deburan ombak yang menenangkan hati.

Jadi, tunggu apa lagi?? Ayo, segera kunjungi www.ancol.com/dufan dan pacu adrenalinmu.
Reactions:

Tagged: ,

1 comment:

  1. Buat rombongan sekolah, kampus, maupun perusahaan yang mau ke dufan dapat menghubungi kami. Tiketnya pasti akan lebih murah. Info lanjut klik www.zigra.co.id Terimakasih

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)