Ketahui Pentingnya Fotografi saat Travelling

11:30:00 AM Dimas A. R. Kambuna 0 Comments

"Foto dapat berbicara"
"Gambar dapat bercerita"
"Photos tells us something, without saying a word."
Mungkin itulah sedikit ungkapan yang sering kita dengar. Ya, memang. Dengan gambar, seorang guru dapat lebih mudah menerangkan mata pelajaran yang diajarkannya, dengan coretan, pelatih sepak bola dapat menjelaskan strateginya dengan baik, dan dengan gambar, seorang pelukis dapat mengungkapkan ekspresinya pada kanvas. Lalu apa hubungannya gambar/foto dengan jalan-jalan?
fotografi-Photographer
Fotografi (foto diambil dari sumber)
Disini saya tidak akan membahas tentang ilmu fotografi, bagaimana cara mengambil gambar yang baik, atau menjelaskan istilah-istilah dalam fotografi, karena itu juga bukan bidang saya, saya tidak ahli dalam hal begituan. Tapi disini saya akan menjelaskan bagaimana pentingnya kita melakukan dokumentasi perjalanan kita melalui sebuah foto yang baik. Mari kita lihat alasannya.

Sebelumnya, mari kita simak penjelasan mengenai fotografi dalam Wikipedia.

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/ menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Foto dapat Menyebarkan Kegembiraan 

Kenapa bisa seperti itu? Ketika kita berkunjung ke suatu daerah, dan melihat keindahan yang ada, tentunya kita merasakan kebesaran Yang Maha Kuasa. Kita begitu senang melihat keindahan yang ada, terkadang kita juga teringat teman atau keluarga kita yang tidak dapat mengikuti perjalanan bersama kita. Dengan mengambil sebuah foto yang baik, mengetahui sedikit trik pengambilan foto, kita dapat berbagi kegembiraan kita melihat pemandangan tersebut dengan mengambil beberapa foto daerah tersebut (baik narsis maupun hanya foto pemandangannya) dan kita share di jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter,  maupun situs share foto seperti Instagram dan lainnya. Instagram pun telah memberikan beberapa efek yang dapat membantu Anda membuat sebuah foto menjadi lebih indah.
fotografi-night
Berbagi Momen (foto diambil dari sumber)
Sekarang kita begitu dimudahkan oleh sarana, sehingga dengan mudahnya kita dapat melakukan hal tersebut. Baik dengan handphone, smartphone, bahkan melalui kamera langsung, dengan sekali “klik”, kita dapat menceritakan momen kita melalui sebuah gambar. Senang kan, ketika banyak teman kita mengapresiasi momen kita, ketika kita bisa menceritakan perjalanan kita, bahkan mungkin ketika kita bercanda dengan teman kita yang tidak bisa mengunjungi tempat tersebut. Hehe..

Berbagi Momen Unik dan Kejadian Tak Terduga

Terkadang, saat melakukan perjalanan, banyak tingkah aneh dan unik yang kita temui di jalan, baik dari teman Anda, maupun lingkungan sekitar. Dengan membawa kamera, kita dapat mengabadikan momen tersebut dan mengingatnya kembali bersama teman perjalanan kita di kemudian hari. Suatu momen, tak akan bisa diulang secara persis, maka penting untuk diabadikan. Ketika kita telah terbiasa mengabadikan momen, maka biasanya kita secara refleks mudah untuk mengabadikan momen yang timbul.
fotografi-sky
Great Moment (foto diambil dari sumber)
Foto Menghadirkan Kepuasan

“Kepuasan” adalah kata yang sering kita dengar jika bertanya pada para traveler ketika melihat momen dan pemandangan yang menakjubkan. Apalagi ketika traveler tersebut menguasai sedikit saja ilmu fotografi, seperti pengambilan sudut yang baik dan pengaturan cahaya, maka tentunya kepuasannya akan bertambah berkali-kali lipat. Adalah sesuatu yang sulit untuk digambarkan, perasaan bangga, puas, fantastis, ketika seorang traveler berhasil mengabadikan foto yang luar biasa, foto yang “wah”, yang dapat mengungkapkan secercah kepuasannya pada orang terdekat. Yang bisa dikatakan, “kepuasan merekam momen kehidupan”.
fotografi-Ibiza-Beach-Spanien
Puas melihat Perfect Sky (foto diambil dari sumber)
Foto dapat Memberikan Tambahan Finansial

Ketika seorang traveler telah lumayan banyak mengetahui dasar dan ilmu fotografi seperti penentuan angle, kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), kecepatan rana (speed), zooming, dan exposure, maka lebih sempurnalah foto yang diabadikan oleh traveler tersebut. Dan bagaimana foto kita dapat menjadi tambahan finansial bagi kita?

Finansial secara Tidak Langsung
Anda dapat membuat web atau situs yang membagi/share foto dan momen yang telah Anda ambil selama dalam perjalanan. Atau mungkin Anda dapat membuat blog gratisan menggunakan blogspot atau wordpress dan lainnya, sehingga pengunjung situs Anda semakin banyak karena kagum akan keindahan foto Anda. Mereka akan menjadi pelanggan setia, menanti foto Anda. Lebih baik lagi jika situs Anda menggunakan bahasa Inggris. Ketika web Anda semakin besar, pasanglah iklan di situs Anda yang akan menjadikan pemasukan tambahan melalui iklan di situs Anda.

Finansial secara Langsung
Jual foto dan momen yang telah Anda abadikan di beberapa situs penjualan foto, baik dalam maupun luar negeri. Kembali, tidak mudah memang. Tapi ketika niat itu sudah ada, Anda akan merasakan kepuasan di dalamnya. Kepuasan travelling, melakukan dokumentasi, berbagi momen, dan tentu kepuasan finansial ketika Anda berhasil. Hehe.. Jadi finansial disini, langsung didapat dari jerih payah Anda mengambil foto, dari harga sebuah foto itu sendiri. Telah banyak situs yang mengkhususkan diri dalam menjual foto Anda, seperti:
  • Flickr-Getty Images
Getty Images
GettyImages
Flickr! Berbagi gambar Anda secara gratis! Kita dapat membuatnya menjadi tempat menjual portofolio fotografi, yang memungkinkan editor foto mencari foto yang tidak akan mereka temukan di Google. Flickr foto juga telah terintegrasi dengan situs foto terkenal, GettyImages, cukup mendaftar dan mengupload foto lewat flickr foto, dan nantikan pemasukan kita.
  • Fotolia
  • iStockPhoto
  • ShutterStock
  • Alamy
Alamy.com merupakan situs besar dan terpercaya, termasuk pasar fotografi online terbesar artinya kemungkinan foto anda terjual akan lebih cepat. Pembagian hasil penjualan sekitar 75% untuk anda dari hasil penjualan.
  • BigStockPhoto
Di BigStockPhoto setiap foto anda di-download, anda akan mendapatkan uang sekitar $0.50 sampai $1.00.

Ada juga situs penjualan foto versi Indonesia, seperti di:
http://www.ayofoto.com/
http://www.asiaphotopro.com/
Situs AyoFoto
Situs AyoFoto
Sebelum melakukan itu semua, jangan lupa untuk memperhatikan hal di bawah ini:
  • Selalu mengirimkan foto Anda ke kategori yang tepat, karena jika Anda memilih kategori yang salah akan ditolak atau tidak diperhatikan.
  • Pastikan bahwa foto-foto tersebut benar-benar hasil karya Anda sendiri untuk menghindari masalah pelanggaran hak cipta.
  • Pilih subjek yang tepat untuk Anda jual di sebuah situs. Sangat penting untuk memilih objek yang memiliki peminat lebih besar. Karena Anda mengambil foto saat travelling, mungkin Anda bisa mengambil tema nature, culture, beach, atau lainnya.
fotografi-Ibiza-Beach
Salah Satu Tema Fotografi (Beach)-(foto diambil dari sumber)
Mungkin seperti itulah ulasan saya mengenai pentingnya sedikit ilmu fotografi yang kita miliki. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda semua dalam berbagi momen dan menambah kepuasan Anda melakukan perjalanan. Mari kita saling berbagi momen kegembiraan bersama.

Lets documenting, lets travelling.

You Might Also Like

0 comments:

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)