Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

9:16:00 PM

Hai, Travellers..  Dah tau belum, yang namanya Masjid Istiqlal? Pasti dah tau dong, yaa.. Saya ingin mengulas tentang betapa besar dan megahnya masjid ini.
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal merupakan masjid negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Asal Mula Pembangunan Masjid Istiqlal

Ide pembangunan Masjid ini berasal dari pemikiran bahwa di zaman dahulu, rakyat Indonesia telah berhasil membangun bangunan spektakuler yang melambangkan penguasa saat itu. Misalnya pada zaman kerajaan Hindu-Buddha bangsa Indonesia telah berjaya membangun candi Borobudur dan Prambanan. Karena itu, ketika Indonesia merdeka, dan mayoritas penduduknya dalah beragama Islam, terbit gagasan membangun masjid agung yang megah dan pantas menyandang predikat sebagai masjid negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Akhirnya dipilihlah Jakarta, ibukota negara untuk membangun Masjid tersebut.

Sejak peletakan batu pertama yang dilakukan Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961, tujuh belas tahun kemudian, Masjid Istiqlal selesai dibangun. dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978, ditandai dengan prasasti yang dipasang di area tangga pintu As-Salam. Biaya pembangunan diperoleh terutama dari APBN sebesar Rp. 7.000.000.000,- (tujuh milyar rupiah) dan US$. 12.000.000 (dua belas juta dollar AS).

Darimana nama Istiqlal berasal? Masjid ini dinamakan "Istiqlal" yang dalam bahasa Arab berarti "Merdeka", yang juga memiliki makna negara Indonesia telah bebas dari penjajahan. 

Lokasi Masjid Istiqlal

Lokasi kompleks masjid ini berada di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.
Gereja Katedral Jakarta
Gereja Katedral Jakarta
Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam. Masyarakat non-Muslim juga dapat berkunjung ke masjid ini setelah sebelumnya mendapat pembekalan informasi mengenai Islam dan Masjid Istiqlal, meskipun demikian bagian yang boleh dikunjungi kaum non-Muslim terbatas dan harus didampingi pemandu. 

Pengalaman Berkunjung ke Istiqlal

Kami waktu itu berkesempatan mengunjungi Masjid Istiqlal setelah kami berkunjung ke Bogor, dan mau ke Jakarta, sebelum berkunjung ke Dufan. Kami sampai di Istiqlal pada waktu subuh, sekitar pukul 04.30 WIB. Kami turun di pelataran parkir yang cukup luas, dan rombongan kami pun langsung menuju kamar mandi untuk berwudhu dan persiapan aktivitas pagi hari.

Setiap rombongan yang datang, dianjurkan untuk memberikan shodaqoh atas rombongan/bis yang datang. Saat itu, sebagai ketua rombongan, saya pun melakukan proses administrasi dengan kemanan di Masjid.
Koridor Masjid Istiqlal
Koridor Masjid
Kamar mandi yang disediakan cukup banyak, mengingat ini merupakan masjid nasional, yang biasa menampung puluhan ribu, hingga ratusan ribu jamaah. Jadi, Anda tidak perlu terlalu lama mengantri untuk menggunakan kamar mandi.

Kami pun berkesempatan melaksanakan sholat subuh di Masjid yang indah dan megah ini. Dengan arsitektur yang indah, banyak ornamen atau hiasan yang selalu mengingatkan kita kepada Alloh.
Menggenggam Lampu Iatiqlal
Menggenggam Lampu
Bergaya di Dalam Masjid Istiqlal
Bergaya di Dalam Masjid
Ornamen Masjid Istiqlal
Ornamen Masjid
Setelah sholat subuh, kami pun berkesempatan mengambil beberapa pose dan gaya di dalam Masjid, sambil menunggu teman kami yang melaksanakan sholat dan ke kamar mandi. Demikian juga ketika berada di luar masjid. Kami berfoto di depan Masjid dan juga dengan latar belakang gereja Katedral Jakarta.

Di Depan Masjid Istiqlal
Di Depan Masjid
Jadi, ga lengkap rasanya ke Jakarta kalo belum mengunjungi Masjid Istiqlal, Masjid terbesar se-Asia Tenggara.

You Might Also Like

1 comments

  1. masjidnya memang benar-benar besar sekali, semoga jemaahnya pun banyak.. amiin

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs