Menikmati Kuliner Khas Aceh di RM Bungong Jeumpa, Yogyakarta

6:00:00 PM

Halooo. Masih suka jalan-jalan kan? Yang jalan-jalan juga pasti suka mencicipi masakan khas daerah yang dituju, kan? Tidak terkecuali yang ada di Yogyakarta. Namun, kali ini bukan makanan khas Yogyakarta, melainkan makanan asal daerah Serambi Mekah yang nun jauh disana. Ya, masakan Aceh. Mungkin Anda telah lama tinggal di Aceh, dan kangen masakan Aceh, atau Anda memang orang Aceh asli yang sedang menempuh studi di Jogja. Maka dari itu, Anda patut untuk mencoba Rumah Makan Bungong Jeumpa, yang menyajikan kuliner khas Aceh. Saya sangat suka pergi kesini ketika saya kangen masakan-masakan Aceh, karena ibu saya, yang terkadang membuat masakan khas Aceh, juga jauh dari saya, apalagi Acehnya.

Dimana tempatnya?

Saat ini, rumah makan Bungong Jeumpa dapat ditemui di 3 tempat di Yogyakarta, yaitu di Jl. RW Monginsidi 40B (di belakang Borobudur Plaza, traffic light), di Jl. Kledokan, Seturan (di depan Global Internet, ini cabang paling baru), dan di Jl. Demangan Baru, sebelah timur Universitas Atmajaya. Saya belum pernah mencoba yang di Seturan. Cabang paling lama adalah yang di RW Monginsidi, dan di tempat itulah yang saya rasa paling asyik, karena kita bisa makan sambil menikmati suasana jalanan. Saya dulu juga pada awalnya tidak sengaja menjumpai tempat tersebut, dan begitu kenal, saya langsung jatuh cinta pada masakannya. Sedangkan jika Anda ingin menikmati tempat yang lebih luas, ada di cabang Demangan Baru.
Cabang RM Bungong Jeumpa di Demangan Baru
Salah Satu Cabang RM Bungong Jeumpa di Demangan Baru (foto diambil dari sumber)
Ada masakan apa aja di RM Bungong Jeumpa?

Menu yang ada, merupakan menu khas Aceh. Menu ini terdiri dari 19 macam roti cane, 13 jenis martabak, 18 variasi mie Aceh, 14 macam nasi goreng, berbagai masakan Aceh, teh tarik bukan instan, kopi Aceh, dan minuman khas Aceh. Mari kita ulas satu per satu.
Berbagai Menu di Bungong Jeumpa
Berbagai Menu di Bungong Jeumpa (foto diambil dari sumber)
Mie Aceh

Mungkin dari sekian banyak masakan Aceh, mie Aceh lah yang paling dikenal, tersebar di luar daerah selain Aceh. Kenapa? Karena mie ini memiliki tekstur khas, sedikit berminyak, menggunakan racikan rempah, dan pada umumnya disajikan dengan acar timun, bawang, cabe, dan diberi emping. Ada taburan kacang goreng di sekitar mie Aceh ini. Anda dapat memilih beberapa variasi untuk dicampurkan dalam Mie Aceh Anda, diantaranya: Rendang, Cumi, Udang, Kepiting, Kare Kambing, dan lainnya.
mie aceh
Mie Aceh
Nasi Goreng

Demikian juga dengan nasi goreng. Rempah yang ada membuat nasi goreng Aceh memiliki rasa yang khas. Anda dapat memilih 14 macam nasi goreng yang Anda suka, seperti nasi goreng bakso, rendang, cumi, dan sebagainya.

Masakan Khas Aceh

Anda dapat menikmati masakan khas Aceh disini, seperti pepes ikan, rendang, kari kambing, kari ayam, dan kari bebek. Tentunya, semua dengan bumbu khas Aceh. Anda dapat memilih mau menggunakan nasi putih, atau nasi gurih sebagai menu pokok Anda. Masakan khas tersebut akan disajikan dengan sayur, dan sedikit sambal, yang hmmm... membuat Anda berkeringat!

Dari menu tersebut, yang paling saya suka adalah rendangnya. Kenapa? Karena bumbunya begitu “nendang”, menggunakan rempah-rempah, sehingga membedakan dengan rendang yang banyak dijual di rumah makan Padang, atau tempat lainnya. Bahkan berbeda dengan rendang buatan Ibu saya. Rendang tersebut ditemani dengan sepiring nasi gurih. Mantap. :)

Cemilan

Anda hanya ingin nongkrong. Sambil ngemil dan minum saja? Itu juga bisa. Anda tinggal memilih berbagai macam cane atau martabak, masih khas Aceh. Ada 19 macam roti cane yang ditawarkan, antara lain Cane Kuah Durian, Roti Cane Kari, Cane Keju Susu, Cane Eskrim, dan Cane Srikaya. Sedangkan yang gurih menggunakan telor dan tepung, Anda dapat mencoba 13 jenis martabak seperti Martabak Telor, Martabak Kuah Kari, Isi Rendang Sapi, serta Martabak Udang.

Minuman

Ada beberapa minuman khas disini. Mungkin yang paling terkenal khas Aceh adalah teh tarik dan kopi Aceh.

Teh tarik disini bukanlah teh tarik instan, yang Anda tinggal memasukkan bubuknya dan langsung menyeduhnya. Teh tarik disini menggunakan teh asli yang ditarik (dituangkan dan ditarik ke atas) dengan resep khusus. Kopi Aceh juga nikmat Anda nikmati, karena kopi asli dari Aceh memang memiliki rasa tersendiri, beda dari yang lain.

Selain itu, Anda juga dapat memesan minuman lain seperti es timun kerok (dulu saya sering membuatnya sendiri, segar), es terong Belanda, milkshake, float, dan aneka jus.

Untuk semua makanan, beberapa bumbu yang digunakan, langsung diambil/dipasok dari Aceh, sehingga rasa “khas Aceh” itu sendiri tidak hilang, ketika masakan ini sampai di lidah orang yang berasal dari daerah lain. Tentu sensasi tersendiri untuk menikmatinya. RM Bungong Jeumpa juga dapat menerima pesanan nasi kotak untuk berbagai acara.

Berapa sih, harga masakannya?

Menurut saya, untuk kantong mahasiswa maupun orang pada umumnya (asal tidak makan 3 kali sehari disini, setiap hari, hehe), harga untuk menikmati sebuah makanan dan minuman khas tersebut tidaklah terlalu mahal. Mie Aceh mulai Rp9.000,00, nasi goreng diberi harga mulai dari Rp 9.000,00, roti cane di bandrol mulai Rp 6000,00, varian Martabak Aceh mulai dari Rp 7.000,00, minuman atau aneka jus mulai dari Rp 2.500,00, golongan nasi plus lauk dan nasi gurih harganya mulai dari Rp 6.500,00.
Cari tiket promo ke Aceh?
Tapi sayangnya, Anda belum bisa menemui kuliner khas Aceh lain seperti yang pernah saya bahas pada Aceh Kuliner dan Lembutnya Sate Matang, sehingga menu yang ada semakin lengkap dan mengobati kangen akan masakan Aceh. Timphan, bhoi, ikan keumamah, tidak ada. :( Namun jangan kuatir, untuk menu ayam tangkap, Anda dapat menikmatinya sebagai menu khusus, jika ingin dibawa pulang. Berdasarkan info terakhir, Anda cukup membawanya pulang dengan biaya Rp 60.000,00/kotak. Apa itu ayam tangkap? Masakan Aceh juga, gurih, enak, rempah, dicampur daun, seperti bahasan yang pernah saya buat. Silahkan klik link Aceh Kuliner di atas untuk mengetahuinya.

Oiya, sedikit info, Bungong Jeumpa diambil dari nama flora identitas khas Aceh. Bungong Jeumpa yang dikenal dengan nama lain Cempaka wangi (Magnolia champaca/Michelia champaca) adalah pohon hijau abadi besar yang bunga putih atau kuningnya dikenal luas sebagai sumber wewangian. Tumbuhan ini berasal dari anak benua India dan Asia Tenggara, dan biasa digunakan sebagai penghias taman.
Bunga Bungong Jeumpa
Bunga Bungong Jeumpa
Saya rasa, ulasan saya di atas cukup untuk membangkitkan minat Anda untuk mencobanya, menimbulkan air liur. Jadi, ayo kita bangkitkan kecintaan kita pada kuliner nusantara. :)

You Might Also Like

5 comments

  1. Replies
    1. hahahaaa makanan aceh tu beda lho, rasanya..
      Coba deh, saling berkunjung antar rumah makan hehehe

      Delete
  2. harganya tergolong murah ya, pas banget di kantong.. hehe jadi penasaran sama rasanya..

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs