Monas, Landmark Jakarta

3:00:00 AM

Halo, para travellers... Masih talk about Jakarta nih. Selain Dufan yang sudah saya posting, apa yang ada di pikiran Anda ketika berwisata ke Jakarta? Seaworld, Istiqlal, Bundaran HI, TMII, Ancol, apa lagi ya? Ada yang kurang? Monas. Ya, Monas.

Monumen Nasional
Monumen Nasional
Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Tugu ini memiliki mahkota lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monas merupakan landmark Jakarta yang paling terkenal. Bisa dibilang, tidak ada orang yang tidak tahu Monas di Indonesia, karena telah menjadi lambang, tempat bersejarah di Ibukota Jakarta.

Pembangunan monumen nasional dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas juga terletak berdekatan dengan Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta.

Saya berkesempatan mengunjungi Monas saat saya berwisata ke Jakarta bersama teman kos dan lingkungan sekitar dengan tema Kepuh Goes to DjaGor (Djakarta-Bogor). Kami bertolak dari Bogor pada Rabu dinihari, 27 Oktober 2010, untuk menghindari macet Jakarta, dan mampir di Masjid Istiqlal untuk sholat shubuh. Kami pun sampai di Monas sekitar pukul 6 pagi.
Sekitar Monas
Sekitar Monas
Pada jam tersebut, Anda masih bisa merasakan sejuknya udara Jakarta, belum terlalu terkena polusi dan hiruk-pikuk keramaian kota. Cukup banyak orang yang melakukan olahraga di pagi hari. Di sekitar Lapangan Merdeka juga disediakan sarana untuk berolahraga bagi warga sekitar.
Olahraga di Taman Merdeka
Olahraga di Taman Merdeka
Di perjalanan dan di Monas, Anda dapat melihat banyak gedung yang menjulang tinggi, karena Monas berada di pusat kota. Lingkungan Monas cukup bersih, karena terdapat anggota kebersihan dan toilet umum. Jadi, Anda tidak perlu kuatir akan buang air dimana.

Kami berjalan-jalan di Monas untuk sarapan pagi, menikmati udara pagi Jakarta, dan tentunya berfoto-ria. Karena hari masih pagi dan sejuk, Anda bisa bersantai-santai di sekitar Monumen ataupun duduk santai di lapangan merdeka. Sayang, saat itu kami belum sempat untuk menaiki tugu Monas tersebut karena hari masih sangat pagi dan kami mau melanjutkan perjalanan menuju Dufan.
Berfoto dan Beristirahat di Monas
Berfoto dan Beristirahat
Monas, Landmark Jakarta
Monas, Landmark Jakarta
Pengemis Monas? Hehe.. Bukan
Semoga Monas tetap menjadi Landmark Jakarta dan tidak tenggelam seperti diprediksikan banyak kalangan. Jakarta memang tanahnya selalu turun, amblas. Jika monas yang memiliki tinggi 100an meter tenggelam, bagaimana Jakarta nanti??
Fotografi Unik: Menggenggam Monas
Fotografi Unik: Menggenggam Monas
Jadi, belum ke Jakarta namanya, kalo Anda belum ke Monas. Hehe...

You Might Also Like

0 comments

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs