Pasar Malem, Hiburan Rakyat Daerah Mana Saja

8:16:00 PM Dimas A. R. Kambuna 0 Comments

Para travellers, Anda hidup di kota, desa?? Asal ga di pelosok hutan ya... hehe... Di Indonesia ini, khususnya Pulau Jawa, begitu banyak keragaman budaya dan hiburan yang ada di masyarakat. Mungkin kayak di Jawa ada Kuda Lumping, Karapan Sapi, bahkan acara dangdut pun marak disuguhkan sebagai hiburan bagi masyarakat di desa maupun di kota. Nah, kali ini saya akan membahas tentang Pasar Malem (atau Pasar Malam??).
Bianglala Pasar Malem
Bianglala
Sepengetahuan saya, Pasar Malem banyak diadakan dari Desa maupun di Kota, mungkin dengan nama berbeda. Di Semarang, di Pemalang, di Bandung, bahkan di Jogja, yang terkenal dengan Sekaten pun sebenarnya merupakan Pasar Malem. Pasar Malem ini ada skala kecil, menengah, hingga skala besar.
Permainan sejenis Kora-Kora Dufan
Permainan sejenis Kora-Kora di Dufan
Mandi Bola

Suasana Pasar Malem
Pasar Malem merupakan pusat hiburan bagi anak-anak (khususnya) dan remaja, juga merupakan sarana mencari rezeki bagi para pedagang dan penyedia jasa. Dinamakan Pasar Malem karena acara ini hanya dibuka pada sore menjelang malam, hingga malam hari dan hanya dalam kurun waktu tertentu.  Biasanya dalam Pasar malem ada hiburan: Goa Hantu, Tong Setan, Komedi Putar, Bianglala, dan sebagainya, bahkan sekarang ada permainan sejenis Kora-Kora seperti di Dufan. Pada umumnya, untuk menikmati hiburan tersebut kita tidak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu besar, berkisar Rp 5.000,00-Rp 10.000,00 per wahana. Para orang tua pun tidak perlu pergi jauh untuk membawa anaknya menikmati hiburan seperti layaknya Dunia Fantasi, Trans Studio Bandung, Timezone, atau Game Fantasia, yang tidak pasti ada di setiap daerah. Sedangkan Pasar malam kerap diadakan di daerah-daerah.
Komedi Putar
Komedi Putar
Komedi Putar
Bagi para orang tua, tidak perlu gengsi mengajak anaknya bermain di wahana Pasar Malam, asal tetap didampingi dan diperhatikan keselamatan anaknya dalam bermain.

Maaf sebelumnya jika banyak foto yang kabur, karena saya mengambilnya dengan kamera Hape saat mengajak keponakan bermain di Pasar Malem kecil di daerah Tembalang, Semarang. Dan memang tema ini saya angkat setelah mengajak keponakan saya tersebut.

Anda setuju?? Silahkan berikan komentar...:)

You Might Also Like

0 comments:

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)