Pilihan Destinasi Wisata Alam saat Liburan Tiba

12:29:00 PM

Wah.. Ga kerasa. Anak-anak SD-SMA udah pada ikut Ujian Nasional, nanti pun akan menyusul anak-anak yang ujian akhir sekolah (UAS). Ga jauh dari itu, mahasiswa pun akan menjalani ujian akhir semester. Setelah itu, liburan deh... :)

Setelah liburan, ngapain ya?? Males-malesan? Main ke kanan-kiri? Bantu-bantu orang tua? Kerja sambilan?? Boleh juga deh, boleh semua. Yang mau jalan-jalan juga boleh banget... Nah, kali ini Meanwhile U ‘n Me akan memberikan beberapa destinasi wisata alam yang layak dikunjungi bagi para orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya untuk berwisata, ataupun para remaja, mahasiswa, yang ingin berwisata bersama teman-temannya. 

1. Pegunungan 
Nah, bagi yang lelah merasakan hiruk-pikuk dan udara kotor di kota, wisata alam pegunungan layak dikedepankan untuk melepas penat dan lelah. Pada umumnya, udara pegunungan masih sejuk dan segar, belum banyak terkontaminasi oleh polusi kendaraan maupun industri. Maka dari itu, wisata pegunungan sangat layak untuk dicoba, antara lain:
  • Mendaki Gunung: Mendaki Gunung Bromo, Lawu, Merapi, dsb.
  • Melihat pemandangan alam: Kaliurang, Kaliadem, Jogja; atau Puncak, Bogor),
  • Relaksasi di pemandian air panas: Guci, Tegal; Baturraden, Purwokerto; Sari Ater, Subang; dsb.
  • Menyegarkan badan dengan gemericik air terjun: Curug Cimahi, Grojogan Sewu, dsb
  • Menikmati indah dan kesunyian danau/waduk: Waduk Sermo, Jogja; Danau Toba, Sumatra Utara; ataupun Danau Air Tawar di Takengon, dsb.
  • Menyusuri Gua Bersejarah: Gua Purba di Nglanggeran, Jogja, Gua Pindul di Gunung Kidul, dsb.
  • Mengunjungi Kawah dan telaga: Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo
Danau Air Tawar, Takengon
Danau Air Tawar, Takengon
Waduk Sermo
Waduk Sermo
Grojogan Sewu
Grojogan Sewu
Namun, dikarenakan medan yang umumnya cukup berat, maka baik kendaraan maupun fisik Anda harus dipersiapkan dengan baik agar perjalanan Anda tidak terganggu.

2. Pantai 
Penat berada di kantor, atau menghadapai rutinitas di sekolah/kampus? Lihat dan dengarkanlah deburan ombak yang berdesir di pantai, ajak teman atau keluarga, dan bersenang-senanglah di pantai. Bisa makan bersama, mencoba ikan bakar, atau bermain pasir dan air di pinggiran pantai. Di mana pantai yang bagus? Anda layak mencoba pantai yang berada di Selatan Pulau Jawa, atau Pantai yang berada di luar Pulau Jawa. Mengapa? Karena airnya masih bersih, jernih, belum banyak terkena polusi limbah rumah tangga dan lainnya. Selain itu, lingkungan juga pada umumnya masih bersih. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan tim SAR/ tim keselamatan masing-masing pantai. Jika ombak cukup besar, jangan nekat untuk mandi di tengah pantai. Kecuali Anda mau surfing seperti di Bali, atau snorkeling seperti di Karimunjawa, dan lainnya.

Pantai Sundak
Pantai Sundak
Recommended: Pantai di Gunung Kidul: Sundak, Indrayanti, dsb.; Pantai di Bali; Pantai di Banda Aceh

3. Cave Tubing/Rafting 
Nah, ini direkomendasikan bagi yang menyukai tantangan atau adrenalin. Anda dapat mencoba menyusuri derasnya sungai di Magelang, seperti Sungai Progo dan Elo, ataupun Sungai Oyo di Gunung Kidul, Jogjakarta. Pada umumnya, fasilitas dan keamanan yang disediakan telah mencukupi, jadi kita tidak perlu kuatir untuk mengarunginya.
Rafting
Rafting (foto diambil dari sumber)
Cave Tubing
Cave Tubing
Demikian beberapa destinasi alam yang saya rekomendasikan. Manakah yang menjadi pilihan Anda??

You Might Also Like

0 comments

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs