Puspa-Iptek Sundial, Kotabaru: Pusat Fenomena Iptek

2:00:00 PM

Pernahkah Anda melihat sebuah jam matahari? Apalagi jam matahari terbesar di daerah Asia Pasifik? Jika Anda ingin melihatnya dan mengetahui ada apa saja di dalamnya, silahkan Anda berkunjung ke daerah Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat.
puspa iptek front view
Puspa Iptek (foto diambil dari sumber)
Gedung Sundial Puspa Iptek merupakan Gedung Jam Matahari terbesar di Asia Pasifik yang memiliki 2 bidang dial horisontal dan vertikal. Gedung ini merupakan gerbang dan landmark, sekaligus bagian dari konselasi atronomi (Bumi, Bulan, dan Matahari), yang merefleksikan semangat pendidikan dalam pengembangan proyek Kota Baru Parahyangan. Sebagai Science Center, gedung ini banyak dikunjungi siswa sekolah secara nasional untuk belajar dan mencoba alat peraga yang interaktif.
puspa iptek bird view
Tampak Atas (foto diambil dari sumber)
puspa iptek side view
Tampak Samping (foto diambil dari sumber)
Sundial (Jam Matahari) merupakan seperangkat alat yang digunakan sebagai petunjuk waktu semu lokal (local apparent time) dengan memanfaatkan matahari yang menghasilkan bayang-bayang sebuah gnomon (batang atau lempengan yang bayang-bayangnya digunakan sebagai petunjuk waktu). Gnomon tersebut dipasang sedemikian rupa sehingga sejajar dengan sumbu bumi, menunjuk ke arah kutub-kutub langit. Pada saat Sundial terkena sinar matahari, bayang-bayang gnomon jatuh diatas sebuah bidang bertanda (bidang dial). Waktu semu lokal dapat diketahui dengan membaca di bagian mana jatuhnya bayang-bayang gnomon tersebut pada bidang dial.
Cari tiket promo ke Bandung?
Gedung Sundial Puspa Iptek ini diresmikan pada tanggal 11 Mei 2002, sekaligus mencatatkan rekor MURI karena Jam Matahari yang mendapat penghargaan Kategori Jam Matahari Terbesar di Indonesia dan Jam Matahari Vertikal dan Horisontal Pertama di Indonesia. Di luar pembelian alat peraga, gedung ini menghabiskan biaya pembangunan sekitar 3,5 milyar rupiah.

Apakah di gedung ini hanya berupa jam matahari? Tentu tidak. Sebagai Science Center, gedung ini memiliki berbagai alat peraga untuk menjelaskan berbagai fenomena dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Mungkin Anda bisa membayangkan kembali sebuah seri Mr. Bean, dimana dia masuk ke dalam ruang peraga iptek dan mengacaukan segalanya, hampir seperti itu gambarannya. Berikut adalah beberapa contoh dari peraga tersebut.
puspa iptek uji konsentrasi
Uji Konsentrasi Anda
  • Uji konsentrasi Anda untuk melewatkan besi pada jalurnya tanpa mengenai jalur (seperti Mr. Bean, karena sebal, dia copot stekernya, hehe).
puspa iptek pola air
Pola Air
  • Temukan pola air yang menarik ketika Anda menggosok-gosokkan tangan Anda di sisi baskom.
puspa iptek puzzle
Puzzle
  • Adu kecermatan Anda dalam menyusun puzzle yang ada.
puspa iptek van de graf
Van de Graaf (foto diambil dari sumber)
  • Rambut Anda mendadak berdiri ketika menyentuhnya? Generator Van De Graaf mengalirkan listrik statis kepada Anda, sehingga rambut Anda berdiri.
puspa iptek wajah
Wajah Menoleh



  • Lihat wajah ini, Anda akan melihatnya berbeda, tergantung dari sisi Anda melihatnya.

puspa iptek sepeda gantung
Sepeda Gantung (foto diambil dari sumber)

  • Sepeda gantung. Anda berani mencobanya? :)
Selain peraga yang telah dijelaskan di atas, masih banyak lagi peraga dan pertunjukan lainnya yang diadakan oleh puspa-iptek. Anda dapat melihat harga tiket dan jadwal pertunjukan science disini.
puspa iptek jam buka
Jam Buka Puspa Iptek
Ada diskon/ potongan harga juga lho, buat rombongan yang datang.

Menyenangkan bukan, mengetahui berbagai fenomena ilmu pengetahuan dan teknologi, mengapa ini dan itu bisa terjadi. Apalagi Anda mengajak anak Anda kesini, bisa menambah pengalaman dan lebih pintar tentunya.

Anda jangan lupa juga mengunjungi Masjid Al-Irsyad dengan arsitektur yang indah, yang masih berada satu lokasi dengan Puspa Iptek. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Gedung Sundial Puspa-Iptek.

You Might Also Like

14 comments

  1. Replies
    1. Alamatnya ada di Kotabaru Parahyangan, Padalarang Mbak Siska.. Jaraknya cuma 500 meter-an dari gerbang tol Padalarang, kok :D

      Planning mau kesana?? Hehe

      Delete
  2. Bro Ruangan Disana Ada berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ruangan, Mas? Kalo seingat saya ada dua lantai yang luas dengan sekat2 untuk peraga iptek, dan ada area untuk melihat taman bunga di sekitar puspa iptek.. :)

      Delete
  3. Hehe dulu saya juga cari tempat parkir.. Parkirnya di TOserba yg deket pintu masuk Fit, Giant ato apa ya.. Saya lupa hehe

    ReplyDelete
  4. Mas kalo dari stasion kreta api padalarang... naik apa lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naek angkot oren terus turun yg pertigaan tol ke arah Kotabaru. Trus nyebrang, nah dr situ naek angkot ijo atau oren turun depan Pertigaan kotabaru deh.. Semoga membantu ya.. :D

      Delete
  5. dekat sekali dgn exit tol padalarang ya cm 500 meteran.tempatnya aman dan nyaman gak ya termasuk parkir mobil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekat Pak, dan karena di dalem komplek gitu, insya Allah aman dan nyaman. cuma kalo mobil parkirnya agak jauh, Pak.. jgn lupa mampir ke masjidnya juga, Pak.. Masjid Al-Irsyad.. :D

      Delete
  6. tempat nya emang enak, tapi kalo parkir mobil itu yang bikin bingung,, jadi numpang ke superindo deket gerbang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur: Iya, agak susah memang kalo mau parkir mobil, karena nggak disediakan area khusus. Saya juga waktu itu numpang disitu Mas hehehe

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs