Serunya Cave Tubing di Gua Pindul

4:54:00 PM Dimas A. R. Kambuna 17 Comments

Wisata Jawa Barat udah, Jawa Tengah udah, bahkan yang di ujung Sumatra pun (Aceh), udah juga. Selama ini domisili di Jogja, tapi kok belum pernah posting tentang Jogja?? Hehe... Sekarang deh ya, saya kasih berita tentang pengalaman saya Cave Tubing di Gua Pindul bareng temen-temen.

Perjalanan ini saya lakukan tepatnya pada 14 Oktober 2012, dimana seharusnya saat itu sudah memasuki musim hujan, namun Alhamdulillah kami diberi cuaca cerah yang pas untuk berwisata. Lokasi Gua Pindul adalah di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta, yang terletak sekitar 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Anda dapat menempuhnya dengan 1 jam perjalanan, atau 1,5-2 jam perjalanan jika Anda berombongan menggunakan sepeda motor bersama teman-teman Anda. Rute yang umum dilewati adalah sebagai berikut:

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) - Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul. 

Cave tubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cave tubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang maka melakukan cave tubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pun bisa mengikuti, seperti yang ada dalam rombongan saya (kecuali saat aliran air lagi buruk). Dengan biaya Rp 30.000,00 Anda akan mendapat fasilitas berupa:
  • Jasa pemandu
  • Perlengkapan (ban pelampung, jaket pelampung)
  • Asuransi
Karena saat itu hari Minggu, pengunjung yang datang lumayan ramai, pada umumnya mereka juga datang berombongan seperti kami. Kami pun menunggu di pintu masuk bersama rombongan lain, disini tersedia minuman hangat gratis untuk pengunjung, dan tempat bersantai pun cukup nyaman.
Suasana di Pintu Masuk Cave Tubing Gua Pindul
Suasana di Pintu Masuk Cave Tubing
Saat giliran kami tiba, kami pun bersiap-siap menggunakan perlengkapan safety, berupa pelampung agar kita tidak tenggelam. Oh iya, lebih baik Anda tidak membawa banyak perlengkapan elektronik karena susah untuk dibawa, dan kita menyusuri sungai, sehingga bisa saja alat elektronik kita basah. Namun, disini disediakan plastik untuk membungkus barang bawaan kita. Tapi tetap saja waktu itu hape saya jadi berembun karena plastik tidak cukup membungkus erat HP yang dibawa.
Briefing Gua Pindul
Briefing
Setelah kami semua siap, kami pun berjalan untuk mengambil pelampung yang disediakan. Sebelumnya telah diadakan briefing oleh inspektur, eh, instruktur untuk menjaga keselamatan masing-masing anggota. Kami pun siap, dan menuruni anak tangga menuju tempat launching awal untuk menyusuri gua.
Ready to Go Gua Pindul
Ready to Go
Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Waktu yang diperlukan untuk menyusuri gua ini sekitar 30-45 menit.
Starting Point Gua Pindul
Starting Point
Di tengah Gua, ada sebuah ruangan yang agak besar, dengan lubang diatasnya, warga setempat menyebutnya dengan sumur terbalik. Sinar matahari yang masuk melalui lubang ini membuat suasana semakin indah. Lubang diatas gua inilah dimana seringkali  digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau latihan. Saat anda menyusuri Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia. Stalagtit yang masih aktif juga siap menanti anda dengan tetesan airnya yang KATANYA bisa bikin cantik dan awet muda, bagi yg lelaki untuk menambah vitalitas telah ditunggu stalagtit jantan, anda cukup memegang aja udah terasa kayak...???

Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding Goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai. Mata kristal kelelawar bergelantungan menghiasi lorong goa.
Inside The Cave Gua Pindul
Inside The Cave
Bagi Anda yang suka memacu adrenalin, Anda bisa mencoba untuk meloncat dari tebing setinggi 3-4 meter yang ada di zona terang pada akhir perjalanan. Demikian juga pada tebing setinggi 5-7 meter yang berada di luar gua. Namun, perlu diingat, Anda harus yakin dan tidak boleh ragu saat akan melompat. Jika ragu, Anda bisa terpeleset dan akibatnya fatal. Saat saya ingin mencoba melompat dari tebing di luar gua, ada cewek yang ragu unutk melompat, hingga dia terpeleset, dan jatuh dengan kepala di posisi bawah. Nyaris saja nyawanya hilang jika terbentur karang yang ada di bawah. Yaaahh..saya tidak jadi melompat deh, karena waktu itu penjaga gua langsung melarang pengunjung untuk melompat dari tebing tersebut. Saya sangat kecewa, serasa kurang lengkap.
Pacu Adrenalin Anda di Gua Pindul
Pacu Adrenalin Anda
Sebelum keluar dari gua, ban Anda sudah dikumpulkan, sehingga kita tidak menyusuri jalan keluar gua menggunakan ban, hanya pelampung. Hal ini menyebabkan orang yang tidak bisa berenang (seperti saya, hehe) hanya bisa mengikuti arus air, tidak bisa mengarahkan kemana mau menuju, nabrak-nabrak orang deh, jadinya. Hehe...
Finish Line Gua Pindul
Finish Line
Outside The Cave Gua Pindul
Outside The Cave
Overall, menyusuri Gua Pindul sangat menyenangkan. Kami tidak merasa rugi dengan biaya yang dikeluarkan. Namun sayang, kemarin-kemarin terdengar kabar, ada sengketa mengenai kepemilikan lahan Gua Pindul dan pengelolaannya. Semoga bisa tetap damai dan digunakan untuk kepentingan dan mata pencaharian masyarakat.

Jadi, tunggu apalagi?? Ayo cobain serunya Cave Tubing di Gua Pindul...

You Might Also Like

17 comments:

  1. weeeeeeeeee seru brooooooooooooooo

    kunjungi http://afrikenz.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Iya nih, kemaren seru abis.. cuma ya itu, sayang ga bisa loncat dari tebing yang di luar..

    ReplyDelete
  3. ini spot yang belum sempet-sempet aku kunjungi sampe sekarang...jadi semakin pengen kesini... :D

    *makasih udah mampir...salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa padahal dah lumayan terkenal lho, ini, alternatif selain pantai.. Mg lain waktu bisa kesana deh.. Ga nyesel kok.. :D

      Delete
  4. Terimkasih sudah berkunjung, kami tunggu kunjungan selanjutnya..:))

    Salam Wisata Indoensia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh dari pengelola Goa Pindul ya? makasih juga ya, layanannya.. Mg2 tetep jaya.. :)

      Delete
  5. padahal setiap pulang kampung lewat sini, tapi belum sempet sempet.

    salam EnjoyBackpacker.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa saya juga banyak yg lokasi wisata deket, tp malah belum dikunjungi..
      kapan2 deh tuu :)

      Delete
  6. Replies
    1. Iya nih, apalagi sekarang, katanya mah tambah ramai,, aplg musim liburan..

      Delete
  7. Goa pindul emang keren banget deh
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nih, seru pas masuk ke dalam n loncat dari atas.. :D

      Delete
  8. seru juga ya, wisata alam di gua pindul, apalagi kalau rombongan seperti itu, rasanya pasti gak bisa terlupakan, tapi takut juga ya kalau kita gak bisa berenang.. hehe

    ReplyDelete
  9. Maju terus wisata Gunungkidul, maju terus wisata Jogjaku. Jika ke Jogja, jangan lupa untuk mampir di destinasi wisata yang begitu luar biasa Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaak Gunung Kidul dengan Pantai dan wisata alam lainnya emang bagus untuk dijelajahi :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)