Subhanalloh... Megah dan Indahnya Masjid Al-Irsyad Kotabaru

10:14:00 AM

Pada tahun 2011 lalu, saya berkesempatan berkunjung ke Masjid Al-Irsyad di daerah Kotabaru, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Sebelumnya saya penasaran melihat berita yang menampilkan gambar Masjid yang memiliki arsitektur yang unik ini. Sesampainya disana, saya takjub melihat desain masjid tersebut. Berdasarkan keterangan yang dihimpun, sejak diresmikan 2010 lalu, bangunan ini sudah mencuri perhatian tidak hanya warga sekitar tetapi juga di dunia maya.
Masjid Al-Irsyad, Kotabaru, Padalarang
Masjid Al-Irsyad, Kotabaru, Padalarang
Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 1 Ha yang berdampingan dengan Al Irsyad Satya Islamic School (affiliated to Al Irsyad Singapore), sebuah sekolah Islam International yang ada di Kota Baru Parahyangan sebagai Kota Mandiri Berwawasan Pendidikan. Luas bangunan masjid adalah 1700M2 dan selasar 800 M2, sehingga diharapkan dapat menampung 1500 orang jamaah. Arsitek masjid tersebut, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa desain masjid tersebut kaya akan filosofi keagamaan. Ide masjid tersebut terinspirasi oleh Ka'bah yang ada di Hasjidil Haram, dengan bentuk kubus sederhana namun memiliki kesan atau impresi yang kuat dan mendalam.

Satu hal yang ingin diungkapkan oleh desain masjid tersebut adalah berusaha memanggil orang untuk beribadah di dalamnya, terutama di saat maghrib hingga malam hari dengan kalimat syahadat yang muncul pada dinding bagian luar masjid sebagai efek dari cahaya lampu dari dalam masjid yang terpancar melalui lubang-lubang pada dinding masjid tersebut. Masjid yang terletak di Padalarang ini masuk 5 besar "Building Of The Year 2010" oleh National Frame Building Association. Acara akbar yang melibatkan para arsitek di seluruh dunia ini menempatkan Masjid Al Irsyad dalam kategori religious architecture. Menurut ArchDaily, situs publikasi arsitektur terpopuler, Masjid Al Irsyad cukup populer di antara tempat ibadah yang lain dan hanya dikalahkan oleh Gereja Tampa Covenant, Florida, Amerika Serikat.
Masjid Al-Irsyad Menjadi Salah Satu Building of The Year 2010 versi NFBA
Menjadi Salah Satu Building of The Year 2010 versi NFBA
Berikut ini adalah beberapa keunikan dari Masjid Al-Irsyad:
Tidak memiliki kubah. Masjid ini didesain mirip Ka'bah, berbentuk kubus dengan warna abu-abu. Desainnya sederhana, tidak banyak ornamen namun tetap memiliki keindahan tersendiri. 

Masjid Al-Irsyad, tanpa kubah
Tidak Memiliki Kubah
Dinding masjid memiliki arsitektur yang unik yang multifungsi. Ketika diamati dengan seksama dari luar, dinding masjid didesain memiliki banyak celah yang membentuk dua kalimat syahadat. Dinding tersebut juga berfungsi sebagai ventilasi udara. Menjelang malam ketika lampu di dalam masjid mulai dinyalakan, sinar lampu akan menerobos celah ventilasi sehingga jika dilihat dari luar tampak seperti masjid yang memancarkan cahaya berbentuk kalimat syahadat. Subhanalloh...

Arsitektur unik tersebut ditambah dengan aksesoris indah berupa lampu yang berjumlah 99 buah yang masing-masing tergoreskan asma Alloh, Asmaul Husna. Allohu Akbar...

arsitektur unik Masjid Al-Irsyad
Arsitektur Unik dan Multifungsi
Ramah lingkungan. Masjid ini dibangun di daerah perbukitan yang memiliki lingkungan yang cukup asri, sejuknya udara pegunungan, dan pemandangan alam yang bagus. Hal tersebut didukung dengan arsitektur masjid yang memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh alam.

Banyaknya celah yang ada pada dinding masjid membuat masjid tidak memerlukan banyak pendingin/penyejuk udara ketika siang, dengan memanfaatkan angin yang bertiup dan udara sejuk perbukitan. Selain itu, celah tersebut juga membuat banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam masjid, sehingga masjid tidak memerlukan banyak penerangan di siang hari. Lingkungan masjid juga selalu terlihat bersih dan rapi.

Pemandangan indah Masjid Al-Irsyad
Pemandangan Indah dan Ramah Lingkungan
Dibangun dengan berlatarkan pemandangan indah. Dengan sisi arah kiblat masjid yang terbuka (tidak tertutup oleh dinding), ketika mengarah ke kiblat kita akan langsung melihat pemandangan perbukitan yang cukup indah. Masjid ini juga memiliki kolam ikan yang teletak di sekitar tempat imam dan mimbar khotbah, yang menambah kesan suasana alam yang asri, sehingga tambah nyaman dalam beribadah. 

Memiliki warna klasik. Merunut beberapa masjid di beberapa daerah yang kadang terlihat terlalu ramai dalam memberi warna, masjid ini terlihat klasik dengan tidak membawa banyak unsir warna di dalamnya. Dinding luar menggunakan warna alami batu, warna abu-abu dan warna hitam yang ditimbulkan dari celah/jendela yang bertuliskan dua kalimat syahadat.
Pemandangan Sekitar Masjid Al-Irsyad dengan Warna Klasik
Pemandangan Sekitar Masjid dengan Warna Klasik
Secara keseluruhan, Masjid ini begitu mengagumkan dari point yang disebutkan di atas. Namun, saya masih menyayangkan dari sisi kamar mandi/ toilet yang dibuat “bergaya Barat” dengan hanya menyediakan kloset dan selang air/tisu. Menurut saya, dalam Islam, air adalah media utama untuk bersuci. Akan menyulitkan bagi orang yang tidak terbiasa untuk menggunakan toilet  tersebut dan terasa kurang nyaman/sempit. Apakah hal ini ditujukan untuk menghemat area?? Merujuk pada salah satu masjid yang saya jumpai di daerah Nagrek, dengan area yang tidak terlalu luas, masjid tersebut menyediakan 10-15 kamar mandi dengan ukuran cukup luas dan bak mandi dengan air berlimpah, sehingga merasa nyaman dalam bersuci.

Menurut saya, selain menjadi tempat ibadah, Masjid Al-Irsyad  juga dapat menjadi tujuan wisata religi tak hanya bagi masyarakat sekitar Bandung dan Jakarta tetapi juga mancanegara. Masjid ini juga dapat memberi inspirasi bagi para arsitektur muda Indonesia, untuk berkarya, salah satu bentuk dakwah untuk mengingatkan manusia dalam menyembah Alloh, Sang Pencipta. Subhanalloh...

You Might Also Like

6 comments

  1. Aku foto2 disitu dimarahi satpam mas,,..... malahan ga boleh nginjak rumput...........

    ReplyDelete
  2. Iya Mas? Saya kok alhamdulillah kemaren nggak.. Cuma memang kalo di dalam masjid dibatasi pengambilan fotonya (malahan sebenernya ga boleh, hehe). Tp pas saya di rumput juga pas ada satpamnya, nggak apa2 kok..

    ReplyDelete
  3. Subhanallah memang benar2 megah, kebetulan ane mau neliti ini gan terima kasih banyak atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, emg yg model gini tuh baru ini saya rasa. Sama2 Mas, semoga bermanfaat. :D

      Delete
  4. Replies
    1. Bagus lho, Bang.. sejuk dan pemandangannya kece.. :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs