Friday, May 10, 2013

Tahu bakso asal Ungaran, ibukota Kabupaten Semarang, sudah menjadi makanan oleh-oleh bagi orang-orang yang biasa menempuh perjalanan melalui jalur selatan Semarang-Solo, Yogyakarta-Semarang, ataupun orang yang memang sedang singgah di kota Semarang.

Namun, terkadang masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang tahu bakso ini. Tahu bakso merupakan tahu goreng/rebus berisi adonan bakso. Tahunya terpotong rapi berbentuk persegi panjang dengan adonan bakso yang rapat di dalamnya. Nikmat dimakan hangat, apalagi dipadukan dengan cabai rawit hijau nan pedas, atau saus sambal yang mantap. Aroma bawang yang menyengat menguar ketika digigit. Siapapun yang pernah mencicipi, pasti ketagihan. Salah satu Tahu Bakso yang terkenal di Ungaran adalah Tahu Bakso Bu Pudji.
Tahu Bakso Bu Pudji
Tahu Bakso Bu Pudji
Tahu Bakso Bu Pudji dirintis oleh Bu Pudji sejak tahun 1995. Ia menemukan sebuah usaha yang kemudian membuat namanya terkenal di Kabupaten Semarang. Dalam suatu acara, Bu Pudji menemukan penganan tahu isi bakso. Intuisi bisnisnya langsung menyala. “Saat itu, saya memutuskan mencoba memulai usaha tahu bakso. Kebetulan saya memang suka memasak,” kenangnya.

Awalnya, tahu bakso buatannya dijual Bu Pudji berkeliling dari kantor ke kantor. Teman-teman PKK dan Dharma Wanita pun jadi target pembeli potensialnya. Setidaknya tiga kali dalam seminggu Bu Pudji menjajakan tahu baksonya ke kantor-kantor pemerintahan. Namun, dapat Anda lihat sekarang jika melintas di daerah Ungaran, Tahu Bakso Bu Pudji bukan sekedar dijajakan keliling, tapi orang lah yang mencari Tahu Bakso ini. Bahkan, Kakak saya pernah disuruh menunggu selama 2 jam hingga adonan selanjutnya matang, saking ramainya pembeli Tahu Bakso ini.
Tahu Bakso Bu Pudji2
Tahu Bakso Bu Pudji
Hingga kini, ada dua outlet Bu Pudji yang resmi dibuka, yakni di Jl. Letjend Suprapto 24 Ungaran dan Jl. Raya Semarang - Bawen Km 24 Babadan. Sedangkan di Semarang Anda dapat menjumpai banyak reseller yang menjual Tahu Bakso Bu Pudji bersama merk lain. Terakhir saya membeli, pada awal Mei 2013 ini, harga 1 kotaknya Rp 24.000,00 berisi 10 biji, 10 buah Tahu Bakso Bu Pudji yang mak nyus menggugah selera. Tahu Bakso ini dapat dinikmati langsung atau dapat disimpan hingga maksimal 4 hari jika disimpan di dalam kulkas.

Silahkan dibuktikan rasanya. :)
Reactions:

Tagged: ,

2 comments:

  1. jadi inget jajanan waktu masih smp dulu, ada yang jualan bakso tahu seperti ini di depan sekolah :D e sekarang sepertinya bisa beli buat oleh - oleh ya, di semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keinginan terkabul. Hahahaa..
      Iya, enak lho, kapan2 boleh nyobain. :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)