Tips Nyaman Bepergian dengan Kereta Api

8:00:00 AM Dimas A. R. Kambuna 4 Comments

Anda suka berjalan-jalan? Atau Anda sering bepergian ke luar kota karena urusan kantor? Kereta api dapat menjadi pilihan Anda untuk melakukan perjalanan, karena saat ini, PT KAI terus melakukan inovasi agar perjalanan Anda dengan kereta api semakin nyaman. Dengan diluncurkannya rute baru, gerbong baru, fasilitas baru, dan sebagainya. Yuk, simak tips nyaman bepergian menggunakan kereta api.
Kereta Api
Rencanakan Keberangkatan Sejak Jauh Hari
Rencanakan tanggal dan tujuan perjalanan Anda dan pesanlah tiket lebih awal. Saat ini, dari mulai tiket kereta kelas ekonomi jarak jauh, ekonomi AC, bisnis, hingga tiket kelas eksekutif bisa dipesan dalam waktu 90 hari sebelum keberangkatan. Atau maksimal belilah tiket 3-4 hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk menghindari Anda tidak mendapatkan tiket di hari perjalanan Anda. Anda dapat melihat kuota tiket tersisa pada layar di stasiun terdekat.

Pemesanan sejak jauh hari juga menguntungkan Anda. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan tarif diskon yang cukup besar dalam suatu rangkaian seat kereta api. Tarif diskon biasanya hanya berjumlah 3-4 kursi dalam satu rangkaian kereta. Contohnya, harga sebuah tiket KA Bisnis Yogyakarta-Bandung hanya seharga Rp 50.000,00 dari harga normal Rp 120.000,00. Untung sekali, bukan? Hal ini biasa diadakan pada hari kerja, selain hari libur dan akhir pekan.

Pilihlah Kereta Api Sesuai Budget Yang Dimiliki
Pertimbangkan budget yang kita miliki terlebih dahulu. Memang, sangat nikmat menaiki kereta eksekutif. Selain berAC, kereta eksekutif juga memiliki tempat duduk yang nyaman. Terdapat bantal yang disediakan dan film pilihan yang diputar di TV di dalam kereta yang akan menemani sepanjang perjalanan. Namun, bila budget yang kita miliki tidak sepadan lebih baik kita memilih pilihan lain yang tersedia seperti kereta bisnis AC atau ekonomi AC.
Pilih Kelas Kereta Api sesuai Budget
Pilih Kelas Kereta Api sesuai Budget (foto diambil dari sumber)
Saat ini, di kereta ekonomi jarak jauh pun Anda sudah pasti mendapatkan tempat duduk sesuai nomor seat pada tiket Anda. Tidak seperti waktu lampau, dimana Anda harus berdesakan atau duduk di lantai kereta. Tentunya Anda akan merasakan kenyamanan yang lebih.

Hindari Tanggal Merah dan Hari Libur
Jika dimungkinkan, hindari melakukan perjalanan kereta pada hari libur atau weekend (Jum’at-Minggu malam). Selain harga tiket lebih mahal, Anda biasanya akan kesulitan untuk mendapat tiket karena banyaknya orang yang akan bepergian/pulang kampung dan kembali ke kota/tempatnya bekerja pada Minggu malam.

Pastikan Tiket Sesuai Identitas
Pastikan tiket Anda sesuai identitas Anda, karena saat ini, pemeriksaan tiket dilaksanakan lebih ketat agar penumpang merasa lebih nyaman.
Tiket yang Sesuai Identitas
Tiket yang Sesuai Identitas (foto diambil dari sumber)
Persiapan Matang dan Berangkat Lebih Awal
Persiapkan dengan matang, barang yang dibawa. Bawa barang bawaan seperlunya, seperti pakaian ganti, charger handphone/power bank, identitas diri, dan uang tunai secukupnya, sisanya, Anda dapat mengambil uang di ATM. Simple. Misalkan Anda membawa barang bawaan yang cukup besar, pertimbangkan menggunakan jasa kurir. Bawa jaket Anda jika Anda melakukan perjalanan malam. Jaket dapat menghindarkan Anda dari masuk angin, atau dapat digunakan sebagai bantal ketika tidur.

Perkirakan waktu keberangkatan kereta api dengan waktu keberangkatan Anda dari rumah. Berangkatlah lebih awal untuk menghindari Anda ketinggalan kereta api, dan tiket Anda hangus.

Naik Kereta dengan Nyaman
Berilah kesempatan penumpang yang akan turun terlebih dahulu, jangan berdesak - desakan di satu pintu. Pilih gerbong yang sesuai seat Anda di kereta api. Nomor gerbong biasanya tercetak pada setiap gerbong kereta.
Nomor Gerbong Kereta1

Nomor Gerbong Kereta
Nomor Gerbong Kereta (foto diambil dari sumber)
Bawa Makanan Secukupnya di Dalam Kereta
Pada umumnya, perjalanan kereta jarak jauh memakan waktu maksimal 12 Jam, dan tentunya Anda membutuhkan makanan. Jika ingin menghemat biaya, makan terlebih dahulu sebelum berangkat, dan siapkan snack dan minuman selama di perjalanan. Hal ini menghemat kocek Anda karena makan di dalam kereta, cukup menguras kocek Anda.

Periksa Kembali Barang Bawaan
Saat tiba di tempat tujuan, periksa kembali semua barang bawaan Anda sebelum turun dari kereta. Pastikan semua pada tempatnya dan tidak ada satu barangpun yang tertingal baik di kursi maupun di bagasi.

Waspada Aksi Kriminal
Menjaga pikiran tetap waspada merupakan kunci untuk mencegah timbulnya aksi kejahatan. Pikiran kosong menjadi sasaran empuk kejahatan hipnotis, sedangkan pakaian dan perhiasan yang berlebihan menjadi target para penjambret. Simpan benda berharga di tempat yang aman dan sulit dijangkau para penjahat.
Lokomotif
Tentunya setelah menyimak tips dan trik tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi memilih kereta api sebagai alat transportasi Anda.

Anda bisa mengunjungi www.kereta-api.co.id untuk segala info tentang tiket, jenis kereta, dan sebagainya. Semoga perjalanan Anda menyenangkan. :)

You Might Also Like

4 comments:

  1. wah saya jarang naik kereta api, pernah dulu naik Pramex ke solo...

    btw salam kenal.
    http://joogjacircles.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nah, kalo saya yang jarak dekat malah belum pernah Mas. Hehe..
    Tapi overall, sekarang sudah cukup nyaman kok, bepergian dengan kereta api, ga perlu sempit2an, rebutan kursi lagi.

    ReplyDelete
  3. sudah lama tidak commuter Cirebon Jakarta. Kalau dulu minimal satu kali sebulan pasti saya commuter. jadi kangen dengan Cirebon Ekspress nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pengen nostalgia ya Mas. Cireks. Saya kalo ke arah Jakarta malah belum pernah, lebih sering naik bus kalo dari rumah. :)
      Emang lebih nyaman naik kereta.
      Sekarang tiket2 pada naik lho.. Hehe

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)