Tips Travelling Bersama Anak-anak

3:00:00 AM

Apakah Anda merasakannya? Travelling bersama anak-anak seringkali bikin pusing. Sepanjang perjalanan, orang dewasa dituntut selalu siaga dan sabar. Karena itu, banyak orang tidak suka travelling bersama anak-anak.
Travelling bersama Keluarga
Travelling bersama Keluarga (foto diambil dari sumber)
Namun, travelling bersama keluarga, termasuk dengan anak-anak, dapat menciptakan kenangan dan pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan. Jika Anda berniat melakukan perjalanan liburan keluarga bersama anak-anak, simaklah tips berikut ini yang saya kutip dari berbagai sumber (termasuk pengalaman saya dan keluarga). 

Persiapan Sebelum Berangkat

Pilihlah mainan favorit anak-anak dan jangan terlalu banyak, cukup 2-3 mainan anak Anda. Bawa satu mainan baru yang belum dibuka. Ini akan menyibukkan mereka sampai perjalanan pulang, karena anak-anak suka dengan barang baru. Jika ingin tidak terlalu banyak membawa mainan fisik, siapkan iPad/Smartphone Anda sebagai sarana hiburan anak.

Putuskan pakaian seperti apa yang akan dibawa (terutama yang longgar dan nyaman), tetapi biarkan anak-anak memilih pakaian favorit mereka. Dalam tas jinjing, masukan juga beberapa makanan kecil, handuk kecil, tisu, buku-buku, kertas, tas plastik bersegel.

Pastikan untuk membawa kamera digital anda dan membuat kenangan seumur hidup. Anak-anak adalah mutiara Anda. Tentunya banyak kelucuan dan keseruan yang terjadi selama perjalanan dan liburan Anda. 

Tas Khusus
Buat pembagian antara barang yang hanya akan dipakai/ dikeluarkan saat-saat tertentu (baju, sepatu, pakaian dalam), dan barang yang sering digunakan, seperti makanan ringan, tisu, hape, kamera, dan sebaginya. Anda bisa membedakannya dengan membawa tas besar (atau koper) dan tas jinjing ato tas ransel yang berukuran sedang. 


Perlengkapan Secukupnya
Bagi orang tua, bawa pakaian secukupnya, kosmetik seperlunya, dan kenakan alas kaki yang nyaman. Hindari High heels, bagi para ibu. Anda akan banyak mengawasi anak Anda yang berjalan kesana-kemari. Satu hal penting lainnya, bawa kemasan kecil untuk sabun, sampo, minyak kayu putih, dan sebagainya. Pastikan semuanya cukup dan tidak berlebih.


Ajarkan anak untuk tahu cara buang air kecil di toilet umum, di pesawat, dan di kereta.

Perjalanan Menggunakan Transportasi Massal (Pesawat, Kereta Api, Bus) 

Sediakan cukup banyak waktu untuk check in di bandara, stasiun, atau terminal. Pastikan tiba lebih awal sebelum jam keberangkatan transportasi massal. Waspada kepada orang yang memiliki niat buruk di sekitar keluarga Anda. Jangan terlihat terlalu mencolok, sebaiknya anak Anda menyimpan dulu mainannya, jika anak Anda bermain menggunakan smartphone/iPad, ketika berada di tempat umum.
Stasiun Kereta Api
Perhatikan Keluarga Anda saat di Keramaian (foto diambil dari sumber)
Rancanglah rencana keselamatan jika salah satu atau lebih anggota rombongan tiba-tiba. Diskusikan sebelumnya di mana lokasi untuk bertemu dan apa yang harus dilakukan jika ada anggota yang tiba-tiba terpisah dari rombongan.

Perjalanan dengan Kendaraan Pribadi 

Buatlah perjalanan dengan mobil jadi momen yang menyenangkan dengan membawa bantal dan selimut. Berhentilah secara rutin di tempat peristirahatan. Yang paling penting, libatkan anak-anak dalam proses liburan tersebut. Simpanlah segala sesuatu yang berkaitan dengan liburan seperti  brosur dan potongan tiket dalam sebuah tempat khusus seperti dalam sebuah buku tebal. Terkadang, perjalanan memakan waktu yang lama. Pastikan anak Anda tidak terlalu bosan, dan selalu berinteraksilah dengan anak Anda.

Di Lokasi Liburan 

Miliki jadwal harian dengan sejumlah kelonggaran atau waktu bebas untuk setiap anggota keluarga. Berilah teman atau kerabat nomor telepon dan alamat hotel di mana keluarga akan menginap, informasi tentang transportasi, dan nomor kontak untuk kondisi darurat. Jika mungkin, setiap anggota keluarga dilengkapi alat telekomunikasi agar bisa tetap berkomunikasi setiap waktu.
Semua anak-anak berbeda tapi pada umumnya mereka tidak dapat bepergian sejauh orang dewasa dalam satu hari, cobalah untuk mengatur lama perjalanan anda, mungkin berkisar 6 sampai 8 jam.

Di Hotel/Penginapan 

Utamakan keamanan dengan menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan.  Periksa kenyamanan lokasi, seperti kamar mandi dan keamanan lingkungan sekitar. Jauhkan benda-benda berukuran kecil, obat-obatan, dan pembersih dari jangkauan tangan bayi.

Hal-hal yang Harus Diwaspadai 

Jika liburan Anda mencakup perjalan ke kolam renang, laut, water park, atau tempat-tempat lain yang berkaitan dengan air, peraturan nomor satu adalah jangan pernah biarkan anak-anak bertualang sendiri. Meskipun mereka bisa berenang, anak-anak harus selalu memakai pelampung. Penting untuk mengetahui ada apa di dalam air, seperti adakah saat kimia atau ubur-ubur. Suhu air yang terlampau dingin, berarus, dan air yang tiba-tiba terhisap ke bawah juga harus dihindarkan dari anak-anak.

Bawalah topi yang lebar dan pelembab untuk melindungi kulit anak-anak dari sinar matahari. Bawa juga obat-obat yang diperlukan. Obat diare (meski tidak baik untuk bayi), penawar rasa sakit, anti serangga, antihistamin, dan pleseter penutup luka merupakan barang-barang penting. Untuk mencegah penyakit yang disebabkan air yang tecemar, minumlah hanya air kemasan atau gunakan air rebusan untuk mencampur susu dan jus, atau gunakan saja susu cair.

Be Happy 

Usahakan untuk menikmati waktu sepenuhnya bersama anak-anak. Kalau sedang bad mood atau pikiran kalut dengan pekerjaan yang menumpuk, hampir bisa dipastikan kita tidak akan bisa menikmati perjalanan. Esensi jalan-jalan bersama anak-anak adalah mengeratkan keakraban bersama keluarga. Kalau kita tidak merasa senang, anak-anak pasti akan merasakan. So, be happy!

Semoga liburan keluarga anda menyenangkan.

You Might Also Like

1 comments

  1. travelling bersama anak memang agak ribet, tapi kalau baca tips ini pasti para ibu yang suka travelling dan membawa anaknya sangat membantu sekali..

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs