Wisata Buah di Taman Wisata Mekarsari

11:07:00 AM

Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia, sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.
Perjalanan menuju Mekarsari
Perjalanan menuju Mekarsari
Taman wisata ini berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini bisa dicapai dengan angkutan umum dari Jakarta, Bogor maupun Bekasi, jurusan yang menuju ke Jonggol. Waktu itu, kami berangkat menuju Mekarsari dari tempat beristirahat kami di daerah Budi Agung, Bogor. Kami berkesempatan mengunjungi Mekarsari pada bulan Oktober 2010.

Sesampainya di Mekarsari, Anda cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000,00/orang dan Anda pun siap untuk memulai petualangan Anda di dunia buah. Anda dapat melihat promo/ festival apa yang sedang diadakan di Mekarsari (jika ada) pada gerbang utama tersebut. Saat masuk di Mekarsari, jangan lupa abadikan momen Anda bersama teman atau keluarga di Logo Mekarsari (buat bukti Anda benar-benar ke Mekarsari, hehe).
Gerbang Utama Mekarsari
Gerbang Utama Mekarsari
Logo Mekarsari
Logo Mekarsari
Di dalam Mekarsari, Anda dapat memilih untuk menjelajahi area mana saja yang Anda sukai, antara lain Water Zone, Family Walk Zone, Mediteran Exotic Zone, Central Park, Greenland Zone, ataupun Festival Point jika memang sedang ada event di Mekarsari. Tentunya Anda akan kesulitan jika mau menjelajahi semua area dengan berjalan kaki karena luas area Mekarsari yang mencapai sekitar 264 Hektar. Anda kuat? Maka, beberapa dari kami, saat itu memilih untuk menjelajahi area Mekarsari menggunakan tur reguler wisata Mekarsari.
Beragam Area di Mekarsari
Beragam Area di Mekarsari
Dengan hanya membayar Rp10.000/orang, pengunjung akan diajak mengelilingi kebun buah Mekarsari dengan kereta wisata. Pengetahuan bertambah, penat pun serasa lepas dengan menikmati pemandangan nan hijau di depan mata. 
Mengantri Kereta Wisata Mekarsari
Mengantri Kereta Wisata
Pengetahuan Anda akan bertambah dengan menyimak kata demi kata pemandu tur yang dengan detail menjelaskan koleksi tanaman dan buah yang bakal Anda lewati. Dia pun akan sigap menjawab pertanyaan Anda seputar tanaman dan buah tersebut. Dan waktu itu, karena yang memandu terlihat kece, teman saya pun jadi aktif bertanya mengenai buah-buahan dan pohon yang kami lewati. Hahaha...

“Bapak/Ibu sekalian, bisa dilihat di sebelah kanan Bapak/Ibu, ada pohon rambutan sikoneng, bla... bla... bla...”
Kereta Wisata Mekarsari
Kereta Wisata Mekarsari
Namun, di tur Reguler, pengunjung diajak keliling kebun buah dengan rute yang sama setiap harinya. Jadi kalau kebun-kebun yang dilewati belum masuk masa panen, ya mereka hanya bisa melihat pohon dan daunnya. Anda dapat mencoba paket Fruity World Tour jika Anda ingin tur menggunakan kereta wisata, melihat buah yang sudah bisa dipanen.

Ketika melihat sekeliling, di mana mata memandang, maka terbentanglah ribuan koleksi tanaman buah hingga yang sepertinya jarang terdengar di telinga; seperti nanas arnis, gayam, siwalan, sawo kecik, markisa rola, alkesa, dan masih banyak yang lainnya. Selain berkeliling melihat kebun-kebun buah yang dengan apik ditata menurut klasifikasinya, pengunjung juga akan diajak menikmati kesejukan pemandangan danau, Rumah Pohon, Puri Tirtasari setinggi 30 meter yang merupakan kantor Taman Wisata Mekarsari dengan dinding depannya dialiri air terjun, atau Monumen Pohon yang ditanam beberapa tokoh Indonesia, seperti Jusuf Kalla, Taufik Hidayat, dan sebagainya.
Danau dan Wahana di Mekarsari
Danau dan Wahana di Mekarsari
Perjalanan tur pun berakhir di danau. Di sinilah Anda dan anggota keluarga atau teman Anda, dapat menikmati waktu lebih lama berlibur di Taman Wisata Mekarsari seraya menjajal outbond dan berbagai wahana air yang disediakan, mulai banana boat, water bike, aqua bike, dragon boat, floating donat, giant bubble, hingga canoeing. Namun, Anda dikenakan biaya lagi untuk menikmati wahana tersebut. Bila Anda tidak ingin bermain, Anda bisa beristirahat di area sekitar danau yang memberikan kerindangan bagi siapa saja yang ingin berteduh sehingga menjadi salah satu spot favorit para pengunjung. Anda bisa membuka bekal seraya bercengkerama dengan keluarga atau teman Anda. Saat itu, kami memilih untuk menikmati segelas es kelapa yang dijual di sekitar situ. Anda cukup manggantinya dengan Rp 6.000,00 saja. Anda juga bisa mengambil pose Anda di sekitar jembatan Mekarsari, karena pemandangannya yang cukup indah.
Bersantai dan Bermain di Mekarsari
Bersantai dan Bermain
Fotografi di Mekarsari
Fotografi
Sementara itu, beberapa teman kami memilih untuk menjelajah Mekarsari dengan berjalan kaki. Melihat kebun buah, dan beberapa tanaman yang ada. Anda juga bisa mengambil momen Anda di Plaza Air Terjun, atau Bangunan Air Mancur yang cukup sayang untuk dilewatkan.
Menjelajah Area Buah Mekarsari
Menjelajah Area Buah
Berfoto di Air Mancur
Berfoto di Air Mancur
Mekarsari juga menyediakan paket-paket perjalanan dan petualangan lain, yang cocok untuk Anda, teman, dan keluarga, seperti paket menanam padi dan bercocok tanam layaknya petani, dengan biaya Rp 30.000,00 atau pun paket lainnya. Anda akan mendapatkan bonus 1-2 kg buah dari Mekarsari.

Jangan lupa untuk mengunjungi supermarket dan pusat merchandise Mekarsari. Anda dapat membeli stiker, buah-buah yang langka, atau membeli produk olahan dari buah yang ada di Mekarsari, seperti sirup strawberry.

So, sudahkah Anda memiliki rencana libur akhir pekan ini? Ajaklah anggota keluarga dan teman Anda untuk mengenal dan mencintai buah-buahan Nusantara di salah satu pusat pelestarian keanekaragaman buah-buahan tropika terbesar di dunia ini.

You Might Also Like

1 comments

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs