BBM Naik? Traveling Jalan Terus Dong..

12:00:00 PM

Siang, Travelers. Para traveler, gimana nih tanggapannya, mulai tadi malem udah resmi loh, BBM naik. BBM Naik Rp 2.000,00 nih,jadi Rp 6.500,00. Menurut Traveler gimana, apakah akan mempengaruhi stabilitas per-traveling-an kita? Hehe. Bisa aja kenaikan harga BBM ini jadi hambatan, terutama bagi travelers yg suka pake kendaraan pribadi, sepeda motor, mobil, atau pake kendaraan umum kayak bus, angkot. Walopun solar cuma naek seribu perak, kabar-kabarnya nih, armada angkutan umum n transportasi sejenisnya juga mau naek juga, otomatis kaya jasa travel n agen perjalanan juga mungkin akan menaikkan harga. 
efek naiknya BBM bagi wisatawan
Apa Efek Naiknya BBM bagi Wisatawan? (Foto:antaranews)
Kenaikan harga BBM ini menjadi pukulan kedua bagi para traveler, setelah naiknya harga tiket Kereta Api kelas Ekonomi pada Bulan April lalu. Bayangin coba, yang tadinya melenggang mulus Bandung-Kediri dengan Rp 35.000,00, sekarang RP 100.000,00. Nett. Itu udah harga paling murah dari tiket kereta sekarang, kecuali ada harga promo (seperti saat mau lebaran nanti, yang sudah dibooking habis). Naik 3x lipat. Sebenernya naiknya tiket KA bukan karena #BBMNaik sih. "Peningkatan fasilitas" kata PT KAI mah. Tapi kok sampe segitu ya? Padahal pas Rp 35.000,00 aja udah nyaman tuh, dapet tempat duduk sendiri, ga harus berdesak-desakan. Cuma minus pendingin udara. Sekarang mah katanya tempat duduk tetap ada yang 2-3 kursi, tapi sekarang ada pendingin udara yang "suka" bocor.
naiknya tarif KA Ekonomi
Naiknya Tarif KA Ekonomi dan Lainnya
Harga tiket KA bisnis juga ikutan naik jadi sekitar 200rb yang tadinya 120 rb-an untuk jarak menengah sampai jarak jauh. Padahal Kereta Api menjadi salah satu andalan bagi para traveler, karena selain nyaman, bisa jalan-jalan di gerbong kalau jenuh, juga lebih murah (daripada pesawat).

Nah, itu tadi tiket KA yang udah naik duluan nih. Sekarang kembali ke #BBMNaik. Apakah efeknya bagi traveler?
harga BBM setelah naik
BBM Sekarang Sudah Naik (Foto:kompas)
Berdasar artikel yang saya baca di @detikTravel :"Wisatawan Domestik Paling Besar Kena Dampak Kenaikan BBM", ada beberapa efek dari kenaikan harga BBM ini.

Efek dari #BBMNaik : Biaya perjalanan wisata dipastikan akan mengalami kenaikan. Hal ini menjadi kecemasan traveler, khususnya traveler domestik. Biaya transportasi dan tarif menginap juga bakal mengalami kenaikan. Nah lho, pikir2 lagi ga nih, buat traveling?

Kalo mikir-mikir ya pasti mikir-mikir, mungkin terutama bagi traveler pemula kayak saya, atau keluarga yang mau traveling. Mikir-mikir, karena ongkos perjalanan, transport terutama, naik. Traveling kan butuh transport. Nah, tapi nih, pengaruhnya sampe buat kita ga pernah jalan-jalan lagi ga nih, sampe ga semangat jalan2 lagi? Jangan sampe deh ya. Kalo dah mendarah daging suka jalan-jalannya mah, mau naek berapapun ga pengaruh banget. Dah jadi "jiwa".

Mau jalan-jalan mah jalan-jalan aja, ongkos ga ngaruh. Nanti bakalan kebayar kok, sama fun n happy yang didapet. Puas ngelihat indahnya alam. Puas sama terbakarnya adrenalin kita, puas udah ngikutin passion kita. Puas udah menuhin dahaga jalan-jalan, ngeliat ragam budaya dan indahnya Indonesia.

Traveling ga ada kata perhitungan, mau traveling ya traveling, namanya juga pengen jalan-jalan. Jalan-jalan itu bahagianya pake banget. Ga ngaruh ama #BBMNaik.

Simak nih, beberapa tanggapan traveler di artikel “Ini Tanggapan Traveler Atas Rencana Kenaikan Harga BBM” yang diungkapkan pada detikTravel:
"Liburan jadi makin susah cyinnn," celetuk salah seorang traveler pemilik akun twitter @lunasancaya.
Ada pula traveler yang mengambil sisi positif.
"Banyak cara menuju jalan-jalan dan positif thinking saja," ujar traveler pemilik akun twitter @fajar248.
Senada dengan fajar, traveler bernama Satya Manggala P ikut berkicau,
"Semoga naiknya dibarengi naiknya kualitas dan kuantitas. Anyway, no matter what will happen, I still love traveling. :)," tulisnya dalam twitter.
Jadi, masih mikir-mikir nih, mau jalan-jalan karena #BBMNaik n tiket kereta jg naik? Mikir-mikirnya tetap, jalan-jalannya juga tetap. Lhoh? Kok gitu?

Iya, mikirnya, buat nyiasatin jalan-jalan kita biar tetep jalan, bagian mana yang bisa dihemat. Antara lain, pergi secara rombongan, paling ga kan biaya transport ditanggung banyak orang, jadi lebih murah, lebih ramah lingkungan juga. Ga cuma 2 orang, tapi naek mobil, terus ntar ada orang lain yang gitu. Polusi tambah banyak dong? Kurangin naek kendaraan pribadi intinya, biasain naik angkutan umum.

Terus bisa juga cari koneksi di tempat tujuan wisata kita, sapa tau kita dikasih kemudahan. Harga tiket biasanya lebih murah kalo yang beri orang “lokal”, dianter gratis ke lokasi wisata, atau mungkin dibolehin nginep di tempat kerabat kita. Kan udah ngurangin biaya tuh.
koneksi di lokasi wisata
Cari Koneksi, Siapa Tahu bisa Dianterin Kemana-mana, Walaupun Seadanya (Foto:detik)
Kalo kata @takdos di Whatever I’m Bacpacker sih, ini jurusnya jalan-jalan hemat:
Transportasi : Pakailah transportasi apapun ke tempat tujuan yang pengin lo datengin. Asal murah! Misalnya, gak peduli bus itu gak ada AC, gak peduli bus itu joknya dari kerdus, gak peduli pesawat yang lo tumpangi sayapnya cuma satu, gak peduli kapal laut yang lo naikin gak ngambang di air. Gak peduli. Selama itu murah, NAIK! Hehe.
Mobil unik flintstones
Adanya Mobil A la Flintstones? Capcus Aja (Foto:langitberita)
Tapi tetap perhatikan keselamatan, dink. Intinya sampai di tujuan, ga perlu transportasi yang muluk-muluk. Naek kelas ekonomi tuh, bus, kerta api, pesawat, kelas ekonomi aja.
Akomodasi : Nah ini nih. Prinsip yang harus ditanamkan di dalam diri seorang backpacker adalah, “Kalo mau tidur enak ya di rumah aja.” Begitu. Jadi sama halnya dengan transportasi, pilihlah akomodasi/penginapan termurah di daerah yang kamu kunjungi. Kalo kamu hardcore, bisa juga memilih masjid, taman, terminal, bandara atau apapun yang bisa kamu tidurin.
Nah, yang ini intinya sama. Ga perlu harus selalu nyaman, tempat tidur spring bed, dll. Gimana mau murah kalo gitu? Hmm..
Makanan : Ini dia unsur terakhir dan yang paling penting untuk para manusia di dunia, bukan cuma backpacker. Tapi bukan smart traveler namanya kalo gak bisa ngakalin gimana supaya bisa neken budget dari makanan ini.
Bisa aja bawa bekal dari rumah, atau tahan dikit lah, lapernya, jangan suka tergiur sama yang ditawarkan di jalanan. Ada somay, beli, ada es krim, beli. Roti bakar, beli. Gimana mau nyiasatin BBM naik kalo gini?

Itu tuh, sedikit siasat dari Meanwhile U and Me.

Ada lagi dink. Mau transport murah? Carilah tiket dan harga promo. Biasanya untuk transportasi menggunakan kereta api atau pesawat terbang. Penginapan and tiket wisata promo juga ada. Rajin-rajin aja browsing di internet, banyak banget yang nawarin itu.

Jadi, masih galau nih, gara2 #BBMNaik? Ga lah yau, traveling dah jadi bagian kita. Kayak Indonesia yg tetep satu. Bhinneka Tunggal Ika. *lho?? Ya maksudnya,walaupun banyak rintangan, kaya naiknya BBM, jangan kalah dengan rintangan itu. Tetep pada tujuan. Traveling, melihat keindahan bumi Indonesia.  Melihat betapa kayanya negeri kita. Sebuah sumber daya alam yang membuat iri negara manapun di dunia.
indahnya raja ampat
Banyak Jalan menuju Raja Ampat (Foto:rajaampatkab)
Oke? Jadi tetep semangat dong, buat jalan-jalannya, buat traveling. Banyak jalan menuju Roma, menuju Derawan, menuju Raja Ampat, dll. Positive thinking aja, kenaikan BBM ini buat kemajuan Indonesia, semoga fasilitas dan lainnya lebih baik. Okeh? Aamiiin.

Happy traveling. Enjoy your weekend, Baby. :D

You Might Also Like

8 comments

  1. Iyesss mau BBM naik hajar terus deh jalan-jalannya hahaha... toh gak sekali dua kali kan kita mengalami kenaikan... we will survive... klo perlu jalan kaki hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Naik-turun dan lain-lainnya. "Show must go on" kalo istilah di tipi mah. Hehe

      Delete
  2. kalo saya pas travelling itu boleh hemat yang penting selamat
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, saya juga masih belum bisa kalo "ekstrim" banget ky traveler2 terkenal hehe

      Delete
  3. semuanya sekarang serba mahal yaa.. jadi pusing mau traveling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya nih, terutama bagi yg belum pengalaman traveling ala backpacker ato traveler pemula kayak saya.
      Tapi tetep semangat dong, travelingnya. :)

      Delete
  4. cuma maut yang bisa menghentikan kita dari jalan-jalan.. ganbatte

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa,, mantap Mas Bro. Jiwa traveler ga boleh ilang. :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs