Menikmati Riuhnya Acara Jogja Kreatif #3

12:00:00 PM

Hari masih redup. Matahari yang beberapa hari belakangan senang untuk lama-lama bersembunyi di balik awan, kali ini tetap menempatkan dirinya sedikit di balik awan, sehingga hari menjadi teduh. Saat itu, saya merasa inilah hari yang sangat pas buat jalan-jalan, dan saya memutuskan untuk menikmati Minggu pagi di acara Jogja Kreatif edisi ke 3.

Saya mengetahui gaung Jogja Kreatif beberapa hari belakangan melalui surat kabar. Memang, saya juga pernah mendengar gelaran Jogja Kreatif sebelumnya, tetapi saya belum sempat untuk mendatanginya sehingga membuat saya semakin penasaran. Apa sih, Jogja Kreatif itu?
Banner Jogja Kreatif 3 Hospitality of Yogyakarta
Jogja Kreatif #3, Hospitality of Yogyakarta
Jogja Kreatif, merupakan ajang penampilan kreativitas seni oleh para masyarakat seni di Yogyakarta. Pelaku seni ini tidak terbatas hanya pada golongan tertentu. Hanya saja, penampilan seni tersebut akan dikoordinasi oleh panitia, sesuai tema yang disiapkan. Pada Minggu, 9 Juni 2013 yang saya datangi, acara yang dikoordinasikan oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta ini mengusung tema “Hospitality of Jogja” (tadinya saya tidak tahu artinya, ternyata setelah mengecek kamus, artinya keramah-tamahan Yogyakarta, hehe). Acara ini tergabung dengan acara Car Free Day, bertempat di ruas Jalan Sudirman, dari simpang empat Gramedia hingga simpang tiga Terban. Acara ini sangat berpotensi menjadi ikon wisata baru di Yogyakarta, yang telah kaya akan budaya. Jika “SunMor UGM (Sunday Morning UGM)” sebagai ajang bisnis masyarakat dan mahasiswa, Jogja Kreatif menjadi ajang menampilkan kreativitas seni dari berbagai kalangan.

Ruas Jalan Jend. Sudirman dipilih sebagai lokasi pelaksanaan "Jogja Creative" karena dinilai memiliki lebar yang memadai dan jalur ventilasi yang cukup banyak sehingga saat ruas tersebut ditutup, maka tidak akan mengganggu arus lalu lintas. Pengunjung bisa memanfaatkan sejumlah lokasi untuk parkir seperti lapangan parkir Gedung Hartono, eks Pasar Terban, lapangan simpang tiga Terban, dan Museum AD.

Menikmati Kreativitas Seni Yogyakarta 

Saya berangkat dari kos pukul 07.00 pagi dan kami berempat berjalan kaki dari kos, di daerah sekitar Jalan Solo. Acara Jogja Kreatif dilangsungkan mulai pukul 06.00-10.00 WIB, sebulan sekali. Dari info yang saya dapat, acara ini juga sekaligus peringatan HUT Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta ke-66.

Sesampainya disana, terlihat telah banyak pengunjung yang mendatangi stand yang ada, banyak yang memakai pakaian hijau. Lho, ada apa ini? Ternyata akan ada pemecahan rekor MURI oleh salah satu produk kecantikan. Masker massal menggunakan bahan alami dengan jumlah peserta terbanyak. Awalnya saya mengira acara ini hanya khusus wanita, eh..ternyata cowok juga boleh ikutan (tapi kebanyakan bapak-bapak yang ikut, mendampingi istrinya), sehingga saya tidak ikut mendaftar. Dalam beberapa menit saja, tiket dan souvenir para pendaftar habis dibagikan. Yaaahhh...
Pembagian Tiket dan Souvenir Jogja Kreatif
Tiket dan Souvenir Ludes dalam Sekejap
Antusiasme Pemecahan Rekor MURI Jogja Kreatif
Antusiasme Pemecahan Rekor MURI
Ya udah deh. Sambil menunggu pemecahan rekor, saya melihat-lihat sekitar. Disana terlihat ada muda-mudi yang memakai pakaian “aneh” dan unik. Wah, ternyata itu mahasiswa dari Tim Fashion UNY. Mereka nanti akan membawakan acara khusus. Mumpung mereka masih persiapan, saya dan teman-teman pun foto-foto dulu sama mereka. Hehe... Pengunjung lain pun tak kalah antusias untuk berfoto bersama mereka. Timbul pertanyaan di benak saya, “apa tidak susah ya, memakai pakaian gitu, ga berat, ga ribet. Gimana make’nya?”.
Berpose bersama Peragawan Tim Fashion Carnaval UNY Jogja Kreatif
Berpose bersama Peragawan Tim Fashion Carnaval UNY
Putra-Putri Cantik Tim Fashion UNY Jogja Kreatif
Putra-Putri Cantik Tim Fashion UNY, selalu ramah dengan pengunjung
Puas berfoto dengan model, saya pun melihat stand lainnya, ada beberapa stand sponsor di halaman depan kantor Tribun Jogja. Di ruas jalan, banyak terdapat stand lain. Acara utama yang digembar-gemborkan panitia adalah fashion show UNY, marching band UGM, dan kreasi kuliner dari chef sejumlah hotel berbintang yang ada di DIY.
Beberapa Stand Sponsor Jogja Kreatif
Beberapa Stand Sponsor Jogja Kreatif
Ketika saya berkeliling, disana ada stand Taman Pintar. Sebagai pusat edukasi dan ilmu pengetahuan layaknya Puspa-Iptek Bandung, Taman Pintar membawa beberapa demo, antara lain sejumlah robot, koleksi teleskop, dan generator van de graf mini. Semuanya dapat dinikmati dan dicoba secara GRATIS (anak kos banget, hehe). Koleksi teleskop yang dibawa bervariasi, mulai dari teleskop yang mampu menjangkau antariksa maupun teleskop jarak jauh dan menengah. Namun sayang, teleskop yang tadinya diproyeksikan untuk melihat Gunung Merapi, tidak bisa dilakukan mengingat lokasi yang terhalang pepohonan, sehingga pengunjung hanya dapat melihat Tugu Jogja dari jarak jauh.
Berbagai Koleksi Taman Pintar Jogja Kreatif
Berbagai Koleksi Taman Pintar, menarik minat pengunjung
Selain itu, ada juga pameran mobil dari Mahasiswa UNY. Menggunakan nama Garuda UNY Team, mereka sempat mengikuti acara International Student Green Car Competition di Seoul, Korea Selatan, pada akhir bulan Mei kemarin. Salah satu mahasiswa menjelaskan bahwa mobil itu dibuat dengan melibatkan beberapa disiplin ilmu, seperti jurusan teknik elektro, mesin, matematika, fisika, dan lainnya. Selain itu, mayoritas bahan yang digunakan pun buatan dalam negeri, kecuali motor mesin mobil tersebut. Smart and Love Indonesia Product.
Green Car made in Mahasiswa UNY Jogja Kreatif
Green Car made in Mahasiswa UNY
Ada juga pameran lain dari mahasiswa berupa robot made in mahasiswa UGM. Terlihat betapa cerdasnya para mahasiswa Indonesia, tidak kalah dengan luar negeri. Peminat pameran seperti ini cukup banyak dan antusias. Namun sayang, para mahasiswa agak kurang mempersiapkannya lebih awal lagi, sehingga pada pukul 08.00 pagi, baru selesai menata stand (mungkin kebiasaan mahasiswa yang biasa begadang ampe malem ya, nyiapin program. Hehe. Atau ada kendala lain. Entahlah).
Robot karya Mahasiswa Teknik UGM Jogja Kreatif
Robot karya Mahasiswa Teknik UGM
Ada juga komunitas sepeda ontel, yang rutin melakukan jalan-jalan dan keliling daerah-daerah di Yogyakarta setiap Minggu pagi. Juga ada penampilan pantomim (saya tidak tahu mereka dari mana, ga ngomong sih. Hehe).
Pantomim Jogja Kreatif
Pantomim Jogja Kreatif
Komunitas Sepeda Ontel di Jogja Kreatif
Komunitas Sepeda Ontel di Jogja Kreatif
Merasa lapar, kami pun mencoba mencari makanan di sekitar lokasi. Kabarnya kan kita bisa mencicipi makanan gratis khas tamu premium dari 11 hotel berbintang di Yogyakarta. Selain sebagai event promosi, mereka ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan mencoba menerangkan bahwa makanan hotel tidak selalu mahal. Namun sayang (lagi), makanan tersebut hanya bisa dinikmati gratis oleh pengunjung yang sudah mendapatkan kupon dari panitia, dan tidak dijelaskan, dimana kupon itu dibagikan dan kapan. Sedikit kurang promosi dan koordinasi  antar panitia. Padahal kayaknya makanan yang disajikan masih banyak, dan banyak pengunjung yang tidak tahu, sama seperti saya.
Chocolate Waterfall Salah Satu Hotel Jogja Kreatif
Chocolate Waterfall Karya Salah Satu Hotel
Ya udah deh, untuk menghibur, saya foto-foto aja disitu, di deket replika Tugu Jogja, dan berfoto dengan salah satu “ikon” hotel tersebut. “Wanita” berbatik dengan belahan kebaya mencapai paha. Waow... Tapi wanita nya pake tanda petik (“...”) lho ya... Hehe... Untung saya tidak dicium, pas foto, dia deket banget sih. Setelah foto bareng, saya pun diberi brosur dan disuruh mencoba salah satu lounge untuk hang out bareng temen-temen. (kapan-kapan, kalo punya duit). Perwakilan hotel ini juga menampilkan beberapa budaya klasik seperti sepeda ontel dan gamelan, juga membatik on the spot.
Berfoto dengan "Wanita" Cantik Jogja Kreatif
Berfoto dengan "Wanita" Cantik
Gamelan dan Batik on the spot Jogja Kreatif
Gamelan dan Batik on the spot
Berfoto di Tugu Jogja Jogja Kreatif
Berfoto di Tugu Jogja
Kenyang makan burger, ternyata acara utama pun telah dimulai. Fashion Show dari Tim Fashion Carnival, Fakultas Teknik UNY, yang menampilkan kreasi busananya. Penonton pun langsung berkerumun. Sebagian besar dari mereka tampak menjadi jurnalis dan fotografer dadakan (termasuk saya), mengabadikan momen tersebut dengan kamera, handycam, maupun handphone yang dimiliki.
Para Jurnalis dan Fotografer Dadakan Jogja Kreatif
Para Jurnalis dan Fotografer Dadakan
Penampilan Tim Fashion Carnival UNY sukses memukau para pengunjung dengan busana berwarna-warni yang ditampilkan para mahasiswa. Mengusung tema Colourful of Indonesia, mereka menampilkan pakaian warna-warni dengan tidak meninggalkan gaya dan budaya khas Indonesia. Dengan diiringi musik dan tarian, keberagaman busana mereka semakin membuat pengunjung berdecak kagum. Panitia sampai susah membuat barikade untuk memberi jalan kepada para peragawan dan peragawati agar bisa tampil dengan leluasa.
Tim Fashion Carnival UNY Jogja Kreatif
Tim Fashion Carnival UNY, langsung menyedot perhatian pengunjung
Kostum yang dipamerkan terbilang sangat unik dan menggambarkan kekayaan Indonesia. Busana yang dipamerkan diadaptasi dari beberapa busana daerah, seperti Yogya, Kalimantan, dan Bali. Menurut info yang didapat, tim ini menjuarai sebuah kontes fashion di Filipina beberapa waktu lalu.
Tim Fashion Carnival UNY Musik Jogja Kreatif
Rancak diiringi Musik
Tim Fashion Carnival UNY Kostum Jogja Kreatif
Lebar, Berat, awas ketiup angin, Mba. Hehe...
Terpukau dengan peragawati cantik, pengunjung kembali dibuat terpesona dengan aksi dari Tim Marching Band UGM. Diawali dengan penampilan tim Marching Band UPN Yogyakarta, tim Marching Band UGM tampil dengan koreografi dan musikal yang menawan. Itulah sebabnya mereka dipilih menjadi salah satu peserta Grand Prix Marching Band di Istora Senayan pada bulan Desember. Tema yang diusung adalah Mutiara Hitam dari Timur.

Menjelang pukul 10.00 WIB kami pun memutuskan untuk pulang. Belakangan diketahui, acara pemecahan rekor yang tadinya ditargetkan 600 peserta, mampu mencapai 799 peserta. Antusiasme yang tinggi dari warga Yogyakarta.

Jalan kembali ke kos, kami pun cukup terpuaskan oleh aksi dan kreativitas dari berbagai elemen di Yogyakarta, terutama salut bagi para mahasiswa yang mampu menciptakan begitu banyak prestasi dan potensi. Terus jaga keberagaman dan ke-khas-an budaya Indonesia. Tetap bangga dengan Indonesia. Saya yakin acara Jogja Kreatif mampu memperkuat citra Yogya sebagai salah satu Kota Wisata terkemuka di Indonesia, sebagai alternatif dari wisatawan yang jalan-jalan di Jogja.

Oiya, jangan lewatin ulasan lengkap dan foto eksklusif dari peragawan-peragawati Tim Fashion Carnival UNY di postingan selanjutnya. Foto peragawati cantiknya belum dimunculin semua, lho. Hehe.

Mari Cintai Indonesia dengan Segala Potensi yang Ada.

You Might Also Like

7 comments

  1. Ada baiknya postingannya dipecah dlm beberapa sub judul, Gan.

    Sebenarnya sangat baik n ok sekali.

    tetapi sayang terlalu panjang n terkesan rumit utk membacanya.

    Trims

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Iya Mas, itulah yg masih sulit saya lakukan. Setiap posting sepertinya terlalu panjang, dan belum bisa memecah artikel.

      Ni Terus belajar Mas, apalagi ada saran yang membangun dari panjenengan.

      Makasih, Mas buat saran n kunjungannya. :D

      Delete
  2. Keren dan informatif.

    Sukses selalu
    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas. Mungkin kapan2 bisa datang ato ngeliput bareng di acara Jogja Kreatif selanjutnya. :)

      Delete
  3. Ya misalnya utk pantomim dibuat artikel sendiri. begitu pula yang catwalk, robot etc.

    Bisa buah nambah potingan artikelmu nih.

    Kalo menurutku setidaknya even itu bisa jadi 5-6 artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oohh,,dipecah-pecah begitu ya. Mungkin nanti bisa buat pertimbangan di postingan selanjutnya, Mas. :D

      Delete
  4. seru banget ya acara di jogja, kreatif semua masyarakatnya..

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs