Pesona "Colorful Indonesia", Fashion Show UNY di Acara Jogja Kreatif #3

12:30:00 PM Dimas A. R. Kambuna 0 Comments

Pada hari Minggu (9/6/2013), sekitar pukul setengah sembilan pagi, pengunjung Jogja Kreatif #3 tiba-tiba langsung berkerumun di depan panggung utama sisi timur. Ada apa gerangan? Ada pengunjung pingsan? Atau ada kerusuhan? Ternyata mereke ingin mendapatkan spot terbaik untuk melihat penampilan dari tim fashion carnival Fakultas Teknik UNY, yang menampilkan kreasi busananya. Sebagian besar dari mereka langsung mengeluarkan gadget yang dimiliki, mulai dari kamera, handycam, maupun handphone, untuk mengabadikan momen tersebut dengan yang dimiliki.
Fashion Show UNY big wing
Fashion Show UNY
Fashion Show UNY padat pengunjung
Antusiasme Pengunjung
Penampilan tim fashion carnival UNY memang sukses memukau para pengunjung dengan busana berwarna-warni yang ditampilkan para mahasiswa. Tema "Colourful of Indonesia" yang diusung pun terlihat jelas melalui pesona keberagaman busana tim ini. Acara karnaval memang identik dengan penampilan dan aksesoris yang penuh warna, dan tim fashion carnival UNY mampu mewujudkannya dengan pakaian yang unik, menarik, penuh warna (sesuai tema yang diusung), dan tidak meninggalkan budaya asli Indonesia, menggambarkan keberagaman kekayaan Indonesia melalui sentuhan kain yang digunakan, maupun aksesoris yang dikenakan. Busana yang dipamerkan diadaptasi dari beberapa busana daerah, seperti Yogya, Kalimantan, Bali, dan Jawa Timur.
Fashion Show UNY adat daerah
Adat Daerah
Fashion Show UNY angkat tangan
Raise Your Hand
Fashion Show UNY garuda wanita
Garuda Wanita
Fashion Show UNY mari menari
Mari Menari Bersama
Fashion Show UNY menahan beban
Menahan Beban, Awas Kebawa Angin, Mbak. Hehe.
Para model yang merupakan mahasiswa tata busana UNY itu tampak berlenggak-lenggok menari mengikuti irama musik yang diputar, tidak hanya berjalan layaknya para model di atas catwalk.
Fashion Show UNY baling-baling
Baling-Baling Bambu
Fashion Show UNY colorful
Colorful Indonesia

Fashion Show UNY tarian putra
Melenggang di Catwalk
Fashion Show UNY tarian UNY
Pesona Tarian Indonesia
Seperti diketahui sebelumnya, Tim Mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tampil pada acara Jogja Kreatif #3 tersebut berhasil menjuarai ajang World Costume Festival (WCF) di Vigan City, Ilocos Sur, Filipina, pada 29 April 2013 lalu. Tim UNY yang merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia tersebut menyisihkan 30 negara peserta seperti Brasil, Italia, Jepang, Banglades, Amerika, Italia, Venezuela, Spanyol, dan tuan rumah Philiphina. Para juri yang tergabung dalam Organization of International Scenographers Theater Architects and Technicians (OISTAT) pun memutuskan tim fashion carnival UNY berhak membawa trofi tertinggi, The Golden Kneeling Carabao Trophy dan uang tunai 50 ribu peso. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan tidak dapat dipandang remeh.

Kemenangan tim Indonesia disebabkan kematangan konsep dan indahnya penyatuan budaya Indonesia yang diangkat lewat kostum yang diciptakannya. Kesatuan antara desain kostum  kain, gerak tari, bahkan flora khas daerah-daerah yang ada di Indonesia bersinergi dengan sangat apik dalam kostum karnaval ini.
Fashion Show UNY pesona putri
Pesona Keragaman Budaya
Fashion Show UNY this is indonesia
This is Us, This is Indonesia
Fashion Show UNY sayap garuda
Sinergi Kostum Karnaval dan Budaya Indonesia
Saat diwawancarai oleh salah satu kru stasiun televisi (dan saya ikut mendengarkan, hehe), Desainer dan Konseptor Tim Fashion UNY, Afif Ghurub mengungkapkan,
"Kostum yang kami buat tidak hanya sekedar indah dan atraktif untuk sebuah acara karnaval, namun tujuan utama kami adalah untuk mengangkat dan memperkenalkan kepada dunia tentang ciri khas dan potensi luar biasa yang dimiliki Indonesia”.
“Dalam mengkreasi busana, kami tidak monoton membuat desain yang sudah banyak diciptakan, tetapi kami memodifikasi dan mengkreasikannya menggunakan kain-kain tradisional yang beradal dari daerah-daerah di Indonesia seperti ulos, batik, dan lurik yang tentunya dengan sentuhan konsep karnaval, sehingga lebih menarik dan tidak meninggalkan budaya asli Indonesia,”
jelas Afif lebih lanjut.
Fashion Show UNY liputan tv one
Liputan Salah Satu Stasiun Televisi
Afif pun mengungkapkan bahwa timnya telah mendapat undangan untuk tampil di Brazil dan Thailand, tetapi mereka belum menyanggupinya mengingat para mahasiswa juga masih memiliki tanggung jawab akademik. Mereka pun berharap bisa meraih prestasi tinggi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.
Fashion Show UNY adorable elegant charming
Adorable. Elegant. Charming.
Fashion Show UNY ramah
Selalu Ramah pada Pengunjung :)
Fashion Show UNY tutti frutti
Tutti Frutti, khas Indonesia
Penasaran melihat penampilan Tim Fashion Carnival UNY yang juga merupakan juara Jogja Fashion Week 5 kali berturut-turut ini? Yuk, lihat penampilan mereka disini.

Di kesempatan lain, sebelum acara dimulai, saya sempat berbincang-bincang dengan salah satu mahasiswa yang ada di stand UNY “Colorful Indonesia”. Mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa busana yang ditampilkan saat show, walaupun terkesan ada model barat, dengan rumbai-rumbai ala baju Eropa, tapi tetap dipadukan dengan budaya dan corak khas Indonesia, antara lain dengan penggunaan kain batik. Pakaian yang ditampilkan juga tidak asal dijahit, tetapi telah dilakukan perhitungan, agar nyaman dipakai, para model tidak jatuh ketika memakai busana yang besar dan lebar, dan pas untuk berjalan maupun berlenggak-lenggok di catwalk.
Fashion Show UNY wawancara
Petikan Wawancara dengan Mahasiswa Teknik Tata Busana
Mahasiswi angkatan 2012 tersebut juga menjelaskan mengapa jurusan mereka, Tata Busana, masuk ke dalam Fakultas Teknik UNY. Menjahit=teknik=hitungan?? Hmm... Ternyata, untuk membuat suatu busana, ada ukuran-ukuran, perhitungan-perhitungan yang harus dipenuhi, untuk menghasilkan busana yang baik, agar tidak berat, bisa dipakai sesuai kontur ataupun bentuk tubuh pemakainya, dan lain sebagainya. Walaupun fashion identik dengan seni, namun Anda yang ingin memndalami fashion tidak perlu khawatir. Ketika masuk di jurusan ini, Anda akan dilatih dan dibiasakan untuk mengkreasi dan menciptakan busana dengan baik, sehingga dengan sendirinya bakat Anda akan terbangun. Tidak melulu harus memiliki bakat seni.

Silahkan lihat cuplikan video wawancaranya disini.
http://youtu.be/OvpcdLxJQeU

Mungkin ga percaya deh, kalo belum ngeliat penampilannya sendiri. Emang bagus dan sangat indah.

Jadi, kayak tim fashion carnival UNY ini, jangan tinggalkan budaya dan ke-khas-an Indonesia, kita harus bangga dengan Indonesia. Dengan keragaman budaya dan potensi Indonesia yang kaya, hal itulah yang justru membuat kita bersaing di level dunia.

Mari cintai produk dalam negeri. (slogan banget ya? Hehe)

I love Indonesia. :)

You Might Also Like

0 comments:

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)