5 Hal yang Membuat Traveler Harus Berlibur di Yogyakarta

7:30:00 PM Dimas A. R. Kambuna 22 Comments

Halo Travelers. Sekarang udah masuk pertengahan Bulan Ramadhan nih, berarti, enggak lama lagi, kita mau libur Lebaran Idul Fitri. Yeayy...

Kali ini, Meanwhile U and Me mau share cerita nih. Intinya sih ngiming-ngimingi, pengen bikin ngiler, pengen bikin kalian semua mupeng buat jalan-jalan di: Jogjaaaaa... Ya, Yogyakarta. Lhah, kenapa harus Jogja? Karena, yang bikin tulisan ini, Kambuna (wah, nyebut nama) udah beberapa tahun di Jogja, jadi ya sedikit banyak tahu keadaaan Jogja dan potensi Yogyakarta, yang pas banget buat dipakai piknik, berlibur, traveling, backpacking, atau apapun itu bahasanya. Sendiri? Oke. Berdua ama gebetan? Ehemm, bisa. Buat bulan madu? Bisa banget. Buat rame-rame bareng temen? Uuhh, apalagi tuh. Makin kece kalo rame-rame.
yogyakarta gunung merapi
Yogyakarta yang Istimewa
Jadi, apa dong, yang bikin Yogyakarta harus jadi destinasi utama buat liburan? Kenapa harus gitu? Yuk liat yuk.

1. Yogyakarta Mudah Dicapai
Ini yang pertama nih. Yogyakarta sangat mudah dicapai. Dari darat, laut, udara.

Dari darat: bis ada, kereta bisa, naik kendaraan pribadi pun oke. Banyak bis yang menyediakan rute menuju Yogyakarta, terutama dari kota  besar di Jawa. Anda bisa turun di Terminal Jombor, atau Giwangan, tergantung darimana Anda berangkat. Demikian juga dengan kereta, tinggal pesen tiket, terus turun deh, di Stasiun Tugu atau Lempuyangan. Kendaraan pribadi? Jangan takut. Yang belum pernah ke Jogja juga gampang, tinggal ikutin plang yang udah bejibun di jalan buat nunjukin arah ke Yogyakarta. Masih takut? Pake Google Maps. HP sekarang canggih-canggih. Tinggal buka, ketik destinasi, ikutin deh, petunjuknya. Belok kiri, kanan, sampe. Masih ga tau juga? Ya Alloh... Tanya aja ama orang di jalan deh (asal bukan orang gila, hehe). Naik kendaraan pribadi modal nekat ini sering saya terapkan lho, salah satunya pas traveling ke Bandung.

Udara? Ada Bandara Adi Sutjipto yang siap menyambut kedatangan Anda dari udara segar di langit. Bahkan kabarnya, karena udah terlalu penuh, mau dibangun bandara lagi lho, di Jogja. Tanda-tanda tuh, Jogja memang salah satu destinasi utama buat liburan.

Laut? Naik kapal dari Merak, turun di Pelabuhan Australia, terus naik kapal nelayan ke Laut Selatan Yogyakarta. Hehe. Ga, dink. Bagi yang naik kapal, turun di Tanjung Perak, Tanjung Priok, atau pelabuhan di Jawa, terus dilanjutin deh, perjalanan darat/udara.

2. Akomodasi dan Transportasi Murah
yogyakarta halte trans jogja
Nih, Naik Trans Jogja, Kemana-mana Cuma Tiga Ribu Perak
Nah, ini yang sering jadi pertimbangan buat para traveler. Akomodasi, atau biaya hidup selama di tempat wisata. Di Jogja tu apa-apa serba murah. Transportasi: Ada Trans Jogja yang siap melayani rute sekitar Jogja Kota cuma Rp 3.000,00. Nyewa motor atau mobil juga banyak di rental, dan dijamin, enggak ada harga yang selangit. Biaya buat makan juga murah banget, terkenal sebagai kota dengan biaya hidup termurah buat mahasiswa, selain Solo. Menu pun banyak pilihannya. Mau bawa oleh-oleh juga harga masih terjangkau, kok.

3. Yogyakarta Pusatnya Segala Wisata
Mau satu kota, tapi wisata semua ada. Ya di Jogja ini. Enggak percaya? Yuk, liat list-nya:

Wisata alam? Mau apa? Pantai? Banyak pantai yang berpasir putih, ada karang eksotis, masih sepi dan nyaman. Semua berjejer di daerah Gunung Kidul. Ada Sundak, Parangtritis yang udah terkenal, atau Indrayanti yang relatif baru dikenal. Gunung? Ada Kaliurang, daerah lereng Gunung Merapi yang menawarkan hawa sejuk pegunungan dan pemandangan luar biasa.
yogyakarta pasir pantai sundak
Hamparan Pasir di Pantai Selatan Yogyakarta
Wisata sejarah? Ada Benteng Vredeburg, Tugu Jogja, situs purbakala di Nglanggeran, dan masih banyak lagi.

Wisata budaya? Yogyakarta terkenal karena warisan budayanya yang sudah mengakar. Anda bisa mengunjungi Kraton Yogyakarta atau melihat event yang dilangsungkan di Taman Budaya Yogyakarta.

Wisata adrenalin? Ada Desa Bejiharjo, yang menawarkan Cave Tubing dan Rafting seru di Gua Pindul.
yogyakarta gua pundul cave tubing
Wisata Seru, Pacu Adrenalinmu di Gua Pindul
Wisata kuliner? Masakan Jogja terkenal khas dan murah. Gudeg, maupun makanan lainnya.

Wisata belanja? Surga belanja kalo saya bilang, di Yogyakarta. Harga murah, lokasi yang mudah dijumpai, dan bermacam-macam pernak-pernik yang bisa dibeli, mulai dari kaos oblong, batik, cinderamata dari perak, sampai sandal kayu pun bisa dibeli di Yogyakarta, cari aja di sekitar Malioboro.

Nongkrong gaul? Cafe banyak, nongkrong di angkringan juga asyik. Atau coba deh, nikmati kopi yang dicelup pake arang panas. Mantap.

4. Hotel /Penginapan Berbagai Kelas dan Merata
Di Yogyakarta tuh enggak cukup cuma sehari deh. Bener, sayang banget misal pagi jam 9 sampai di Jogja, terus malemnya udah harus balik lagi. Uuhh, paling cuma sempet jalan-jalan di Malioboro dan sekitarnya. Makanya, hotel atau penginapan ini jadi tempat yang krusial banget buat para pelancong. Nah, bagi yang mau menginap di Yogyakarta, jangan khawatir, hotel di Yogyakarta bejibun banyaknya, dan tersebar di berbagai lokasi wisata. Mulai dari hotel nyaman dan terletak di pusat kota, sampai hotel/penginapan ala backpacker di Malioboro. Dari hotel berbintang banyak sampai hotel enggak berbintang, semua ada. Tergantung keinginan dan budget yang dimiliki travelers.
yogyakarta hotel berbintang
Hotel/Penginapan Tinggal Milih, Berbintang atau Bintang Kelap-Kelip. Hehe
Kalo liburan, biasanya hotel-hotel pada penuh tuh. Nah, karena itulah kita harus pinter-pinter nih, manfaatin teknologi. Salah satunya, browsing aja di internet buat nyari, and nge-booking hotel impian sebelum kehabisan tempat. Soalnya, sayang banget kalo udah rencana jauh hari ke Jogja, eh.. jadi batal karena enggak dapet tempat nginep. Kalo masih bingung mau nginep dimana selama di Jogja, coba aja cari disini deh, berguna banget tuh, buat yang aktifitas padat sebagai traveler. Dijamin enggak di-PHP-in kayak kita cuma browsing nama tempatnya, terus kita langsung ke lokasi, eh.. ternyata udah penuh.

5.Yogyakarta sebagai Kota Pelajar
Apa hubungannya kota pelajar sama kita harus piknik di Jogja? Hubungannya, kota Jogja tuh udah terkenal sebagai tempat mencari ilmu bagi para mahasiswa dari penjuru nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Contohnya, saya yang dari Aceh (Aceh jadi-jadian), jauh-jauh ke Yogyakarta, buat menuntut ilmu. Didatengin segitu banyak orang dengan watak dan budaya yang berbeda-beda, Jogja jarang banget tuh, kena konflik besar. Nah, jadi Jogja tuh terkenal aman, damai, sejahtera, dan 2 anak cukup. *eh. Bisa kenal beragam budaya juga, ketemu banyak orang dengan background yang berbeda-beda.

Banyak mahasiswa juga berarti Jogja lebih “gaul dan asyik” buat nyari temen, minta tolong cari lokasi wisata, atau cari pasangan hidup. #apaansih

Udah baca iming-iming segitu banyak, masih ragu buat liburan di Jogja? Ngapain? Enggak bakalan rugi liburan di Jogja. Jogja itu spesial, dan akan selalu istimewa. Paket liburan all in one ada di Yogyakarta, lho. Udah terbukti lho, banyak yang dulu kuliah di Jogja, terus suka kangen sama suasana Yogyakarta yang istimewa.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, liburan ke Yogyakarta. :)

You Might Also Like

22 comments:

  1. pengalaman pertama saya liburan ke jogja sama temen2. emang asli murah-murah disana. abis 200rb buat 3 hari.

    cuma ya itu, cari penginapan yang murah dan deket malioboro susah. sering penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan? Kalo mau liburan relatif murah ya di Jogja. :D
      Wah, buat wisata segitu murah banget.
      Bayu dah wisata kemana lagi nih?

      Iya, sebenernya murah banget kalo yg deket Malio. Perlu agak sedikit "mblusuk". Saya pernah mbahas di artikel "Malioboro, Surga Para Backpacker".
      Kalo pengen lebih nyaman, coba bisa dicari lewat layanan wisata kaya voucherhotel.com .. :)

      Delete
    2. paling ke ciwidey, pantai jayanti cianjur, cipanas. gak jauh-jauh sih. hehe

      masalahnya saya ke Jogjanya waktu belum ada layanan web kaya gitu, jadi cuma nyari referensi di kaskus aja plus tanya tanya.

      ramah-ramah orangnya disana. jadi pengen kesana lagi. hehe

      Delete
    3. Saya malah belum tuh ke Ciwidey ma Cipanas, pengen kesana juga.. :D

      ooh iya ya, pas jaman dulu berarti. Hahaha

      Maen aja lagi, KA Ekonomi kan turun harga lg tuh, mulai 1 September.. :D

      Delete
  2. nah yang desa bejiharjo nih belum pernah..

    yogya is never ending city meski sudah berkali kali ke yogya selalu saja ingin datang lagi dan lagi... :)

    * kangennasipecelbringharjoyangdijualsimbokmbok itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo belum pernah, berarti kudu nyoba. Hahaha.. Seru loh, apalagi yang lompat dari tebing. :D

      Yap, banyak yang kangen Jogja, setelah keluar dari Jogja. Saya aja belum menjelajah semua tempat disini, kayak ga habis2 sih.

      Hahaha enak ya, nasi pecelnya? Jadi pengen nyobain.

      Delete
  3. Jogja memang memiliki banyak wisata yg bisa dikunjungi.. Setiap yg datang ke jogja pasti akan kangen dengan Jogja dan ingin ke Jogja lagi dan lagi.. Dari luar kota yg ingin berlibur di jogja pasti juga harus mencari hotel untuk tempat tinggal sementara selama di jogja.. Ni aku ada info hotel murah jogja.. bisa di cek di link berikut http://dparagon.com/hotel-murah-jogja/ .. semoga membantu..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap,, bener banget.. Jogja tu bikin kangen..
      Boleh tuh, infonya.. Nanti coba saya liat ya.. :)

      Delete
  4. Ajakannya berhasil merayu haha.. kira-kira kalo ke sana (setengah backpacker) itu butuh budget berapa ya? Misalnya nih, ga apke kendaraan umum tapi pake rental mobil jogja nah yg bikin elit ya rental mobilnya itu. Untuk 2 orang. Kalo misanya nginep di hotel, tapi berdua dan cowok-cewek (ga ada hubungan darah ataupun suami isteri) bisa satu kamar ga? biar hemat haha..
    Mohoooooooon banget infonya haha makasyii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Asyiik berhasil..

      Kalo menurut saya sih, skrg Jogja tuh agak macet, mending rental sepeda motor aja kalo mau, n lebih banyak rentalan..
      Tapi kalo mobil juga bisa, biasanya ada penginapan yang nyewain sekaligus..

      Waduh, kalo itu saya kurang tahu ya, tergantung kebijakan masing2 hotel..
      Tapi.. nanti kalo berdua gitu, tiba2 bisa jadi bertiga, lho.. ahahahha

      Delete
  5. Rental motor murah di Jogja Bisa juga di www.Frentjogja.com! Motornya baru2 dan terawat! Responnya cepat! Motornya juga dilengkapi phone holder, jadi g perlu lagi berkendara berbahaya sambil pegang hp buat kamu yg masih butuh bantuan navigasi hp pas jalan2 di jogja! Tarif murah 55rb perhari aja udah bebas biaya antar jemput! Kunjungi aja websitenya atau fast respon di 087838938806

    ReplyDelete
  6. jogja memang istimewa.. terbukti sdh 9 thn di jogja dan Alhamdulillah betah banget disini.. walau sdh ga senyaman duli pertama pindah kesini (apalagi pas musim liburan) tapi masih masuk akal lah semuanya..
    banyak hal baru di jogja yg kudu dicoba.. 9tahun aja belum katam wisatanya jogja.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waow, udah 9 tahun ya.. Enak dong..
      Tapi 9 tahun aja belum katam, apalagi saya yang "cuma" 5 tahun..

      Iya, untuk "ga nyamannya" saya juga mulai merasakan pas tengah tahun kemarin ke Jogja.. :(
      Terutama hotel dan ramainya itu lho..

      Delete
  7. Yogyakarta, kota yang selalu dirindukan. saya sudah beberapa kali ke Yogya, tapi saya selalu kangen untuk datang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Pak, Jogja itu emang ngangenin.. :)

      Delete
  8. Temen temen. rekomendasikan dong tempat wisata di jogja... selain yang malioboro, tugu, kraton, dan borobudur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mas Vhayou browsing di website saya dengan tag "Yogyakarta".. Ada Gua Pindul, ada pantai di sepanjang Gunung Kidul, atau wisata gunung Merapi.. :D
      http://www.meanwhileunme.com/search/label/Yogyakarta

      Delete
  9. Mungkin perlu jelajah desa wisata, mulai dari kasongan, krebet, manding,...trus ke bukit hijau,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya malah belum menjelajah kesana nih.. :(
      Dulu gadget dokumentasinya belum mumpuni

      Delete
  10. emang yogyakarta itu rekomend banget buat berlibur..

    ReplyDelete
  11. Jogja memang bikin kangen, dari wisata, budaya dan kulinernya. Aduhai..
    Next time kalau ke jogja bisa menggunakan jasa rental motor kami.
    Jogja bike rental | Premium Bikes since 2009
    http://pamitranrentalmotor.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, aduhai banget..

      Nah, rental motor banyak yang nyari tuh, kadang pada bingung mau menghubungi kemana. Semoga sukses

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)