Terungkap, 6 Rahasia Mengatasi Masalah Budget untuk Jalan-Jalan

8:00:00 PM

Halo Travelers. Dari angan-angan untuk membuat artikel ini sejak lama, saya kembali diingatkan saat saya membaca tanggapan dari pembaca (atau para pembaca judul) di artikel yang saya submit di sebuah social bookmark. Judul artikelnya ”Mahasiswa, saat Paling Tepat untuk Traveling”. Itu membahas tentang apa? Silahkan dibaca sendiri ya. Klik aja judulnya. Nah, dari situ, banyak tanggapan beragam. Banyak yang setuju, beberapa juga menanggapi dengan sinis. Hehe. Tapi rata-rata yang melakukan protes, mungkin awalnya hanya membaca judulnya saja, sehingga mereka berkomentar: “Duit darimana, duite sopo?” Dan beragam tanggapan lainnya. Dari situlah saya tertarik untuk mengangkat masalah ini.

Masalah klasik dan akan terus ada saat kita mau liburan, wisata, atau jalan-jalan. Pada umumnya, hal inilah yang menghalangi para travelers, untuk melakukan hobi jalan-jalannya. Ya, budget, ato dana yang harus kita keluarin buat jalan-jalan. Kita mau jalan-jalan ke theme park? Mbayar. Jalan-jalan ke pantai? Mbayar retribusi dan ongkos jalan. Mau snorkeling? Mbayar biaya ke laut dan perlengkapan snorkeling. Ihhh.. Pengen liat Komodo di Pulau Komodo, pengen liat pantai-pantai cantik di Lombok, pengen diving di Pulau Weh. Benak kita pun kadang berpikir: uang darimana? Ya intinya kita, para traveler khususnya, harus punya budget, menyediakan dana untuk jalan-jalan.
rahasia mengatasi masalah budget untuk jalan-jalan
Uang, Dana, Budget, Masalah Utama untuk Jalan-Jalan
Nah, jadi kali ini Meanwhile U and Me mau memberikan trik buat menyiasati hal-hal yang berkaitan dengan budget. Mungkin beberapa akan berkomentar: “ya iyalah, harus gitu”. Tapi saya rasa memang beberapa trik inilah yang paling ampuh untuk mengatasi masalah budget buat jalan-jalan. Apa aja rahasianya? Yuk, kita lihat sama-sama, darimana bisa mendapat uang untuk jalan-jalan.

Mendapatkan Pekerjaan
Selama ini, para mahasiswa, anak sekolah, dan pengangguran (tentu saja) tidak memiliki dana yang cukup untuk banyak bertualang lintas daerah. Kebanyakan hanya jalan-jalan ke wisata terdekat, yang masih satu pulau dengan domisilinya. Sedangkan orang yang sudah mendapat pekerjaan, akan lebih leluasa untuk jalan-jalan, karena sudah memiliki penghasilan tetap, pemasukan tetap setiap bulannya, dan tentu saja mayoritas gaji yang didapat “lebih” dari kebutuhan sehari-hari, sehingga bisa dialokasikan beberapa persen, untuk jalan-jalan dalam waktu tertentu.

Ada lagi keuntungannya dengan bekerja. Biasanya, orang yang sudah bekerja di perusahaan tertentu (apalagi karyawan baru), akan dikirim untuk melakukan training kerja di beberapa daerah, bisa di luar kota, bahkan di luar pulau. Ini bisa jadi kesempatan bagi kita untuk menjelajahi keunikan daerah yang kita kunjungi. Anda juga tidak perlu mengeluarkan akomodasi berlebih untuk perjalanan dan penginapan di kota tersebut, karena sudah ditanggung perusahaan. Pada beberapa perusahaan juga ada yang memberikan reward jalan-jalan kepada pegawainya yang memiliki prestasi bagus dalam bekerja. Ini salah satu contohnya yang mungkin bisa memotivasi Anda: Hapsari, Work Hard and Travel Hard.

Menabung
rahasia mengatasi masalah budget untuk jalan-jalan menabung
Menabung untuk Jalan-Jalan (Foto:360chestnut)
Ini nih, trik utama dan bisa dilakukan semua orang. Jadi suatu keharusan, bahkan oleh orang yang sudah bekerja sekalipun. Mahasiswa, anak sekolah, pekerja, harus bisa menyisihkan sebagian uang yang dimiliki jika memang ingin menjelajah Indonesia, menjelajah dunia lebih luas lagi, enggak cuma ke wisata dekat rumah saja. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Untuk traveling jarak jauh, perlu waktu untuk mengumpulkan dana yang cukup. Akomodasi, biaya perjalanan, dan biaya lokasi wisata. Kadang perlu bersakit-sakit dahulu. Tapi percaya deh, semua itu nanti terbayar lunas pas Anda bisa jalan-jalan dari hasil jerih payah Anda, dari uang kalian sendiri. Ada perasaan puas di dalamnya.

Mencari Sponsor Jalan-Jalan
rahasia mengatasi masalah budget untuk jalan-jalan mencari sponsor
Jalan2Men, Jalan-Jalan Gratis dengan Sponsor
Nah, ini mulai merambah ke trik yang tidak umum. Cari sponsor buat jalan-jalan. Emang bisa? Bisa aja. Contohnya nih kayak Jebraw di Jalan-Jalan Men yang perjalanan wisatanya dibiayain sama Valadoo, semua akomodasi ditanggung. Imbal baliknya, dia dan tim kreatifnya membuat video perjalanan yang menarik minat viewer untuk berjalan-jalan di lokasi yang sudah di-review menggunakan agen perjalanan Valadoo tadi. Lha emang kita bisa juga seperti itu? Kalo yang langsung skala besar seperti Jebraw mungkin masih sulit, tapi Anda bisa mencobanya saat Anda jalan-jalan berombongan bersama keluarga atau teman satu kos, coba Anda ajukan proposal perjalanan tersebut ke beberapa perusahaan yang potensial. Contoh imbal baliknya adalah Anda bisa menggunakan kaos bertuliskan penyedia perjalanan Anda, review perjalanan, atau hal lainnya.

Mengikuti Kuis dan Undian
Ini yang biasa disebut iseng-iseng berhadiah. Banyak kuis yang menjanjikan hadiah menggiurkan seperti beberapa minggu lalu tersedia di salah satu situs berita Indonesia yang menyediakan liburan gratis ke Bali, atau liburan gratis yang diberikan beberapa penyedia layanan wisata. Syarat yang diperlukan pun cukup mudah. Dari mulai memasukkan identitas diri dan email, meng-upload foto wisata yang dilakukan, sampai membuat artikel blog mengenai liburan Anda, atau artikel yang mengajak viewer situs Anda untuk menggunakan layanan yang disediakan penyedia layanan wisata tersebut. Cukup mudah diikuti bukan? Tapi ada tapinya, kalo mengandalkan kuis atau undian seperti ini ya untung-untungan, presentasenya kecil, kecuali yang kontes blog. Anda bisa yakin akan mendapat hadiah utama, jika blog Anda udah punya traffic tinggi, atau Anda bisa membuat artikel yang sangat unik. Tak ada salahnya mencoba. Usaha dulu kan, yang penting?

Cari Banyak Teman dan Koneksi
Kok bisa jadi mengatasi masalah budget? Jadi begini. Dengan memiliki banyak koneksi, banyak teman, kesempatan untuk jalan-jalannya juga lebih besar. Ambil contoh mudahnya seperti ini. Suatu saat, teman Anda mengajak Anda berkunjung ke rumahnya di kampung sana. “Tenang aja, biaya saya yang nanggung, disana makan di rumahku sepuasnya, ntar aku ajak jalan-jalan ke wisata X deket rumah deh”. Mudahnya seperti itu, dan masih banyak contoh lain dari banyaknya teman di sisi kita. Contoh lagi, misal punya teman reporter atau sejenisnya” “Temenin aku kesini yuk, lagi mau ngeliput masalah ini nih. Ntar kita sekalian jalan-jalan disana”. Nah.

Mendapat Uang lewat Travel Blog
Kalo blog selain traveling, sudah banyak orang yang menjalankan bisnis ini. Bahkan ada yang sampai rela copas dan sebagainya dengan harapan blognya bisa diterima Google Adsense, atau lainnya. Atau ada juga yang 1 halaman blognya berisi iklan dari segala penyedia layanan, dengan harapan banyak orang yang nge-klik iklannya. Tapi di kalangan travel blogger, tampaknya  hal ini masih kurang dilirik. Padahal di banyak travel blog yang saya kunjungi, sepertinya situs tersebut sudah mapan dan menarik minat banyak pengunjung.
rahasia mengatasi masalah budget untuk jalan-jalan mebangun travel blog
Sukses Membangun Travel Blog
Anda awalnya bisa bermodalkan blog gratisan terlebih dulu, update beberapa cerita perjalanan Anda, dan lambat laun, pengunjung pun akan mendatangi web Anda. Jadi, jika sukses nantinya, Anda bisa jalan-jalan sendiri hanya bermodalkan penghasilan Anda dari web Anda. Kalo mau sukses, mungkin Anda bisa belajar dari travel blogger seperti Samuel Jeffrey yang telah saya kupas dalam tips dan trik menjadi travel blogger sukses pada bahasan sebelumnya.

Kelihatan dipaksakan? Enggak juga. Rahasia tersebut memang sudah saya pikirkan sejak lama kok. 6 hal di atas bisa kita manfaatin untuk mendukung hobi jalan-jalan kita, biar lancar mengalir seperti air di sungai. Hehe.

Nah, jadi bagian mana nih, yang bisa teman-teman travelers sekalian manfaatkan buat mendukung perjalanan teman-teman semua? Atau ada yang bisa menambahkan rahasia lainnya? Sekarang sudah enggak jadi rahasia lagi dong ya.

Yuk, lanjutkan petualanganmu dan nikmati indahnya bumi Indonesia kita ini.

Bonus Trik!

Cari Jalan-Jalan Gratis dan Hemat Biaya di Sekitar Lingkungan Anda
Nah ini nih, lebih hemat lagi, ada yang enggak perlu mengeluarkan biaya. Jalan-jalan enggak harus mahal dan menghabiskan biaya kok, bahkan di lokasi terpencil sekalipun. Cari aja apa yang bisa Anda explore di sekitar Anda. Contohnya: jalan-jalan ke sawah dekat rumah Anda, bawa kamera, cari objek menarik yang bisa Anda abadikan sambil melatih kemampuan fotografi Anda. Atau jalan-jalan naik sepeda, gowes ke tempat-tempat yang jarang Anda kunjungi. Mengunjungi pameran seni juga bisa menjadi pilihan. Murah, dekat, dan tentunya me-refresh pikiran Anda dari segala aktifitas sehari-hari.

You Might Also Like

25 comments

  1. wah... keren tipsnya...
    sering gak kepikiran untuk masalah cari sponsor dan mau enaknya aja dalam artian dapat sponsor langsung besar - sedangkan itu harusnya perlahan-lahan ya. gak semua instant.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Makasih Mas Ryan. Iya Mas, kadang kayak kita ngadain event kecil2an yg butuh sponsor juga sering ditolak sama sponsor, walopun ngajuin puluhan sponsor. Hehe.

      Tapi ngeliat web Mas Ryan kayaknya bisa tuh ngajuin sponsor dgn iming2 dimasukin juga ke web Mas Ryan. Pengunjungya kan dah banyak tuh. :D

      Keep fighting.

      Delete
  2. semua tipsnya saya setuju mas, tapi klo sudah tingkat akhir tuch rasanya di penjara gitu mau pergi ke mana inget sama skripsi klo udh nikah mungkin kaya inget sama istri, hehehehehehehhe

    makanya klo udh selesai skripsi pengen satu bulan ketempat baru yang indah sebelum ke rutinitas yang membosankan, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo orang senasib tu bisa ngrasain apa yang dirasain orang lain. Hehe
      Jadi sebenernya bisa sih, jalan2, cuma pikirannya "tugas aja belum kelar, dah mau seneng2?" Hahahaa

      Waahh dah punya jadwal petualang nih. Saya mau ikutan bikin rencana, ah.. :D

      Delete
    2. iya bener mas, heheheheh

      gimana klo cari sponsor mas buat ke 0 kilometer Indonesia
      kayanya seru tuch, hahhahahahahah

      Delete
    3. Hahaha. Keren tuh, bikin saingannya Jalan2Men ya, bikin yang lebih kece. :D

      #cariidekreatif

      Delete
  3. setujuuu banget! waktu jadi mahasiswa emang paling tepat buat travelling, nanti kl udah lulus dan kerja, duitnya bakal ada, tapi waktu nya bakal susyaaaahhh..

    Ya namanya Pengen jalan2 murah ya harus mau susah-susah dulu kali yeee.. dari mulai nabung sampai cari sponsor, jangan lupa juga banyak2 berdoa.. huahahaha

    Tips nya keceee, semua mahasiswa yang pengen travelling harus baca ini biar optimis.. hahaaay ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Bener Mbak Nia, ada efeknya masih mahasiswa sama dah kerja, dan saya pernah bikin artikel komparasi mahasiswa, worker, sama anak sekolah, memang paling pas tu pas masih jadi mahasiswa. :D

      Hehehe. Iya, kadang itulah sensasinya, dan nantinya menimbulkan kepuasan tersendiri ya Mbak. :)

      Berarti boleh dong ya, dipajang di mading kampus?
      Buahahahahahaa
      #dicarianakBEM

      Delete
  4. Replies
    1. Iya Bu Lidya, dan semua bisa dijalanin kalo ada usaha dan semangat buat jalan2. :D

      Delete
  5. Setuju Mas. Soal budget memang harus dipikirkan, tetapi jangan biarkan budget jadi kendala. Sponsor bisa diharapkan tapi jangan diandalkan, soalnya kalau sudah ngebet dan waktunya juga terbatas kemudian proposal ditolak sponsor kan yang ada rencana berantakan semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kalo dah tekad pengen jalan2 mah, harus dicari cara ya, biar tetep jalan, budgetnya dipres bener2. :D

      Iya Mas, jadi kayak bikin plan A, plan B gitu ya?
      Yang pasti sih memang dengan mengandalkan tabungan ya.. :D
      Saya selama ini juga seringnya seperti itu.

      Delete
  6. yang pake sponsor nih belum pernah..

    menyenangkan bisa travelling ke pelosok negeri nan cantik ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bisa dicoba lhoo.. Terutama kalo yang rombongan, sapa tau dapet. :D

      Iya, Indonesia tuh kayaaa banget keindahan alamnya, cuma banyak yg belum ke-ekspose aja ya. :)

      Delete
  7. keren tipsnya bro, yg penting juga kalau ada kemauan pasti ada jalan ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya Mbak, dapet inspirasi tips nya dari sana-sini. :)

      Iya, yang penting semangat buat jalan-jalannya. :D

      Delete
  8. udah pernah semuaa, kecuali cari sponsor buat bayarin jalan - jalan, dan sekarang sedang bekerja keras untuk itu *red cari sponsor yang mau biayain jalan - jalan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kece benerr.. Udah pernah menang kuis/undian juga? Kemana Mi? Mau mau dong, dibagi luck-nya.. Hehe

      Ahahahaa.. iya, aplg web mu dah potensial tuh, buat promo. Di-cc kemana nih, komennya, biar ada perusahaan yg liat?? Hahahaaa

      Delete
  9. Whahaha bener bgt artikelnya, tapi menurut aku ga cuma pas mahasiswa aja,aku udh travelling dari kelas 1 SMA sama temen2,ya emg destinatations nya masih deket2 solo sih,kaya jogja pacitan semarang gitu heehe.. dan skrg aku udh kls 3 SMA msih jalan hobi sama tmen2 ini,biasanya kita nabung dlu sama rencanain mau kemana pas liburan gtu,jadi plan nya udh mantep,tinggal cari waktu brgkt deh :D

    Rencana abis ujian kita mau backpacker ke spore/korea, doain ya mas :D

    Thx atas advices nya ;)

    YasintaVitra
    Yasintavitra@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin karena mahasiswa, jadi kepikirannya mahasiswa aja nih. Hehehee..
      Yap, bener banget, apalagi ada temen se-geng yg mau diajak jalan2 dan satu passion, enak banget tuh.

      Waahh udah mau ke Korea aja, mg2 cepet lulusnya dan bisa segera berangkat ya.. :D

      You're welcome.

      Delete
  10. wah cari sponsor yg paling menarik nih ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee itu kepikiran aja pas mau nulis. Tp emg udah harus punya "brand" dulu sih..

      Delete
    2. Ide kreatif, Tetapi masalahnya tidak mudah mencari yang bersedia menjadi sponsor juga gan he he

      Delete
    3. Kalo udah punya "badan"/nama kelompok, biasanya lebih mudah sih Gan, hehe.. Contohnya, kemping mahasiswa, dll

      Delete
  11. selain bekerja sama menabung banyak juga ya trik-trik lainnya, terimakasih..

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs