Touring Asyik Yogyakarta-Pacitan (Plus Rute)

7:00:00 PM

Ada yang pernah touring pake sepeda motor? Kemana? Dari kos-kosan ke kampus? Hahahaa.. Itu bukan touring, kali..

Kalo dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, touring itu berasal dari kata tur atau tour (English), yang artinya melakukan perjalanan untuk bertamasya atau kegiatan lainnya. Sementara, kalo di Indonesia, kata touring itu identik dengan melakukan perjalanan jauh untuk bertamasya atau kegiatan lainnya, menggunakan sepeda motor atau mobil.

Nah, kebetulan saya beberapa kali melakukan touring, kali ini saya mau menceritakan touring berkelompok saat saya jalan-jalan ke Pacitan. Di Pacitan ada apa sih, emangnya? Nanti aja liat ya, di artikel selanjutnya. :)
Jalur Yogyakarta-Pacitan
Sekarang mah, saya mau cerita rute dan kondisi jalan aja nih, dari Yogyakarta ke Pacitan. Sebelumnya, kami sudah memperkirakan jarak tempuh dan waktu yang kami perlukan untuk sampai di Pacitan. Karena memang mau main-main, kami membagi perjalanan menjadi dua, yaitu:
Pertama: Yogyakarta - Wonosari - Semanu - Pracimantoro - Eromoko (Wonogiri) untuk menginap di rumah teman.
Kedua: jalur Eromoko - Pracimantoro - Pantai Klayar (Pacitan)

Nah, hal yang penting ketika touring adalah tahu jalur/rute yang akan dilalui. Jangan lupa, persiapan sebelum touring juga harus matang. Karena memang kami ke Pacitan untuk main ke tempat teman yang rumahnya disana, jadi kami udah enggak khawatir buat kesasar. Kami berangkat sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Berangkat sore itu konsekuensinya, bakal nglewatin perjalanan malam dalam kondisi gelap, jadi siap-siap aja ya.

Jarak Yogyakarta - Eromoko (Wonogiri) sekitar 80 Km, jadi kalo ditempuh dengan kecepatan standar, sekitar 2,5 jam, karena touring berkelompok tu ga bisa seenak udel sendiri naik motornya, kudu perhatian sama temen lainnya. 
Jalur Yogyakarta - Eromoko (Wonogiri)
Sampai di Semanu menjelang magrib, jalan yang dijumpai lumayan sempit dan berkelok-kelok, naik-turun, gelap pula, jadi temen-temen yang mau lewat jalan itu juga kudu ati-ati ya, masalah kecepatan sama penglihatan. Akhirnya kami sampai di Eromoko sekitar jam setengah 7 malem. Parkir motor, sholat magrib sambil nunggu isya, terus siap-siap dijamu di rumah temen. Hahahaa..

Karena perjalanan ga begitu jauh, jadi kami ga begitu capek. Ternyata di rumah temen itu, kami udah disiapin menu lengkap, gurame beserta sambel, pisang, cemilan, teh, wuaaaaahhhhh.. Mantap. Inilah salah satu efek punya link pas jalan-jalan, kayak yang pernah saya sebutin di "6 Rahasia Mengatasi Masalah Budget untuk Traveling".
Cari tiket pesawat promo terdekat ke Pacitan?
Pas waktu itu timnas lagi maen, sekalian nonton deh, dilanjut main kartu, ngobrol ngalor-ngidul, and istirahat.

Sempet mau berangkat malem/habis shubuh biar ga kesiangan ke Klayarnya, eh..disuruh nunggu sarapan dulu, makan lagi. Hahahaa.. Ga baik kan, nolak rezeki? :p

Berangkat pagi, sekitar setengah 7, kami melanjutkan touring kami untuk ke Pantai Klayar. Eromoko - Pacitan hanya berjarak sekitar 40 Km, jadi cuma butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan. Jalan yang dilalui lumayan lebih lega dibanding saat Yogyakarta - Eromoko, paling di daerah sekitar Pracimantoro yang jalannya masih sempit.
Jalur Eromoko - Pacitan
Ketika masuk daerah Pacitan, jalan-jalan banyak yang ditambal, orang-orang kerja bakti, sama pasang bendera. Ada apa ini? Oalah, ternyata Bapak Negara Kita lagi mau mudik ke tanah kelahiran, jadi aja semuanya rajin-rajin, kalo enggak, rajin juga ga ya? Hehe

Mendekati arah Pantai Klayar, jalannya cukup sempit dan banyak batu berserakan di jalan, jadi kami harus ekstra hati-hati kalo ga mau kepleset kena kerikil. Jalan utamanya baru akan dilebarkan, seiring pengembangan Pantai Klayar menjadi salah satu lokasi wisata andalan Pacitan. Jalan pun banyak yang naik turun, jadi kalo bisa, jangan pake motor butut yang udah ga kuat nanjak, ya..
Salah Satu Proyek Pengembangan Klayar, Hati-hati, Jalan Berbahaya
Di Pacitan, mampir lagiiii.. Hahaha, sedikit ngisi perbekalan sama nitipin barang yang ga perlu dipakai.
Terus terus, habis itu ngapain lagi? Cerita dong..
Pesan tiket hotel di sekitar Pacitan
Udah dulu ya, bersambung dulu nih, ceritanya, dilanjutin ntaran lagi. Okeh? Paling ga, dah punya gambaran kan, buat ke Pacitan dari Yogyakarta?
Yuk deh, caoo..

You Might Also Like

32 comments

  1. Pantai Klayar ya, menurut saya memang hidden paradise itu pantai, bagus banget. Karena akses nya yang nggak terlalu mudah. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, kalo yang masih tersembunyi2 dan belum ramai itu memang punya eksotisme tersendiri.. :D

      Delete
    2. bisa pakai mobil gak??

      Delete
    3. Bisa sekali pakai mobil.. silahkan kunjungi posting selanjutnya, disitu ramai mobil ke pantai pacitan..
      http://www.meanwhileunme.com/2014/05/klayar-beautiful-beach-di-tanah-kelahiran-presiden-RI.html
      http://www.meanwhileunme.com/2014/05/goa-gong-keajaiban-alam-bawah-tanah-pacitan.html

      Delete
    4. dari pusat kota ke pantai klayar ada transprtasi umunya gak?

      Delete
    5. Insya Alloh belum ada Gi, karena agak masuk ke dalam lokasinya.
      Cm kalo carter 1 angkutan umum mungkin bisa..

      Delete
  2. saya nurul dpd malaysia.saya juga mahu ke pacitan gara-gara mahu melihat daerah pacitan karena almarhum datuk (kakek) saya orang sana.mahu tanya public transport apa yang boleh ke sana?ada tak bas yang boleh ke sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Nurul, saya baru bisa membalas.. Untuk transportasi, Anda bisa menuju Kota Pacitan terlebih dahulu, baru kemudian mencarter mobil atau bus jika rombongan Anda banyak..

      Alternatif lainnya, coba deh, berkunjung ke Yogyakarta dahulu (Malaysia-Yogyakarta langsung juga ada), lebih mudah aksesnya dari sana.. :D Pacitan-Yogyakarta tak terlalu jauh..

      Delete
    2. baiklah saya juga sudah survey bas ke pacitan daripada jogjakarta.inshaAllah bulan februari akan ke sana...

      terima kasih mas! :) :)

      Delete
    3. Wah, Pacitan mau ada tamu nih..
      Hehee

      Iya, sama-sama Nurul, jalan2 aja ke Yogyakarta dan Pacitan.. Banyak pantai dan lokasi menarik disana.. :D

      Hati2 di jalan..

      Delete
  3. mau tanya mas, kata temen jalur solo-wonogiri-pacitan rawan kalo malam single riding, diberhentikan polisi jika lewat maghrib krn rawan, apakah jalur Yogja-pacitan juga begitu ? krn spt-nya akan brkt dr Yogja jam 4 sore juga lgs ke pacitan..
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jalur Jogja-Pacitan tidak sampai diberhentikan polisi Mas, cuma memang agak rawan kalo sendirian.. Soalnya melewati jalan sepi dan tebing di kiri-kanan, takutnya kalo ban bocor dsb kalo sendirian nanti repot..

      Delete
  4. Wah bagus juga nih pantai klayar
    jadi mau kesana
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin.. Suka banget kalo ada yang ndukung pariwisata Indonesia :D

      Delete
  5. Halo, salam blogger mau tanya dong kalo jalu jakarta jogya tau g ya lewat utara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Blogger..
      Skrg dari Jakarta-Jogja enak..

      Jakarta, Tol Jkt-Cikampek, Cipali, Pali-Kanci, Kanci-Pejagan-Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Ungaran, Ambarawa, Temanggung, Magelang, Jogja

      Atau dari Kendal, ambil arah Weleri, Sukorejo, Candiroto, Ngadirejo, Parakan, Temanggung, Magelang, Jogja

      Delete
  6. Klo dari terminal praci k pantai klayar ada angkutan umum kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya belum ada yang kesana Mbak, karena lokasi yang agak terpencil..
      Kemarin juga pas kesana mayoritas mobil dan motor pribadi semua :)

      Delete
  7. Kalo boleh tau tempat wisata apa aja mas yg dilewati dari pantai klayar menuju jogja? Biar bisa one day tour gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sih yang berdekatan sekitar pacitan: goa gong, goa tabuhan, pantai klayar, pantai srau, ama pantai banyu tibo.
      kalo dari arah jogjanya nanti ada museum karst..
      Semoga membantu ;)

      Delete
  8. Wah iya perjalanan pacitan-wonogiri-solo sangat rawan saya pernah one day tour smrg-pacitan-smrg dari pacitan jam setengah 6 sore sudah sangat gelap. Minim lampu jalan terasa ada di "dunia lain" haha. Nice post kak ! :)

    ReplyDelete
  9. Wah iya perjalanan pacitan-wonogiri-solo sangat rawan saya pernah one day tour smrg-pacitan-smrg dari pacitan jam setengah 6 sore sudah sangat gelap. Minim lampu jalan terasa ada di "dunia lain" haha. Nice post kak ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh setengah enam sore baru dari Pacitan? Rawan banget tuh, tapi rombongan kan?

      Hahaha ati2 ada "penumpang gelap", ya.. :p

      Thanks for reading :)

      Delete
  10. mas, di pacitan ada tempat penyewaan motor gak yah? soalnya saya mau ngeBis aja ke Pacitannya. terimakasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya pas browsing nemunya ini, Mbak

      AJWA PACITAN | 087702337699
      Silahkan coba dihubungi, kemarin ga sempat survey sih

      Delete
    2. Sama Araya Homestay
      081328380948

      Semoga membantu :D

      Delete
  11. Mas kalo dari bandung daerah apa saja yg dilewati?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari Bandung bisa pake rute:

      Bandung - Nagrek - Ciamis (via Malangbong/Tasikamalaya) - Banjar - Majenang - Wangon - Sumpiuh - Gombong - Kebumen - Kutoarjo - Purworejo - Wates - Yogyakarta.

      Nah, buat ke Pacitannya silahkan liat rute di atas ya. :)

      Delete
  12. Satu hari setelah Iedul fitri kemarin saya bersama anak dan isteri jumlah 6 orang berkendaraan kijang kapsul tua..karena penasaran lihat postingan di google alhamdulillah sampai juga ke pantai Klayar, ternyata benar2 indah namun sangat disayangkan masih belum tertata dengan rapih, harga ritribusi 10 rb masih relefan karena ditangani Pemda setempat sedangkan parkirnya 10 rb/kendaraan minibus tdk jelas siapa yang kelola karena di pungut oleh preman setempat..
    NB : Untuk kendaraan yang akan di digunaan sebaiknya dalam kondisi yang sudah
    siap/mumpuni terutama rem kaki/tangan, kopling dan tentunya mesin yang
    tidak mbrebet,karena kontur jalan yang mulus namun agak sempit,berkelok-
    kelok naik dan turun yang sangat tajam....silahkan ke pantai Klayar yang
    masih sangat eksotik, semoga selamat sampai tujuan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak, banyak disayangkan terkadang oleh ulah oknum tukang parkir seperti itu, yang sering dijumpai di lokasi wisata.

      Benar sekali Pak, jalan kesana masih lumayan "ekstrim", butuh kondisi kendaraan yang prima.

      Makasih udah mau sharing disini ya Pak Eddy, memang Klayar bagus banget.. :D

      Delete
  13. saya asli orang pacitan,masih banyak lg tempat wisata yg lain.pokoknya sip banget,yuk datang ke pacitan''

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Adit, eh Bang Jarwo, kayaknya Pacitan juga mulai berbenah nih. :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs