Hotel Review: Chez Bon Hostel

12:00:00 PM Dimas A. R. Kambuna 5 Comments

Mungkin selama ini ada yang mikir pas baca artikel di blog ini (GR dikit, hehe): "Kok ni artikel isinya wisata dan trik semua, kalo wisata nginepnya dimana sih? Numpang mulu, ya?" Hehehe.. Ya sebenernya ga gitu juga, pernah juga kok, nginep di hotel, sering malah.. Cuma belum ditulis aja reviewnya.  Kadang saya juga nginep di rumah temen, saudara, atau karena dulu kuliah di Yogyakarta, jadi banyak cerita tentang wisata Jogja atau event disana. Tapi pernah juga kok, nginep di hotel.

Naaahh, kali ini, setelah cerita lokasi wisata, cerita dalam perjalanan, atau tips-tips perjalanan, sekarang Meanwhile U and Me mau sharing tentang penginapan nih. Buat yang pertama, lokasinya di Bandung. Yap, kota yang mendapat julukan Kota Kembang. Nah, kali ini saya mau nulis reviewnya nih, jadi yang pertama.
Chez Bon Hostel
Ketika para traveler mencari lokasi untuk menginap, pasti yang utama adalah menyesuaikan dengan budget yang ada (mayoritas mencari yang murah) dan kenyamanan yang diberikan hotel tujuan. Dan sebisa mungkin mendapat lokasi hotel yang strategis.

Penginapan itu ga selalu menyedot biaya perjalanan kok, apalagi sekarang sedang berkembang Hostel yang menganut konsep sharing room, sangat cocok buat backpacker atau solo traveler. Hotel seperti ini memberikan sebuah ruangan dengan beberapa tempat tidur (bunk bed) untuk ditempati oleh beberapa orang sekaligus. Sistem pembayarannya adalah membayar untuk setiap orang yang menggunakan kamar tersebut. Salah satu hostel yang menganut konsep sharing room adalah Chez Bon Hostel milik sang ahli kuliner, Bondan Winarno. Pak Bondan mendirikan hostelnya di lokasi yang sangat strategis, yaitu di Jalan Braga 45, Bandung.
Suasana Braga di Pagi Hari, Malam lebih Ramai dan Indah
Siapa sih, yang ga tau Braga? Jalan Braga cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda. Di sisi kanan-kiri Jalan Braga terdapat kompleks pertokoan yang memiliki arsitektur dan tata kota yang tetap mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda. Tata letak pertokoan tersebut mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa itu (1920-1940-an) sebagai kota mode yang cukup termasyhur seperti halnya kota Paris. Apalagi Braga sekarang semakin terkenal dengan adanya Braga Culinary Night setiap malam Minggu.

Ga perlu banyak-banyak ya, pembukaannya, langsung saja ke pengalaman saya menginap di Chez Bon Hostel. 

Kamar dan Fasilitasnya

Chez Bon (baca Se Bong), menganut konsep Sharing Room dengan Bunk Bed di dalamnya. Ada tiga tipe kamar di Chez Bon Hostel, yaitu
6 kamar bertipe Small Room (@2 bed dalam 1 kamar dengan kata lain ada 1 bunk bed)
1 kamar bertipe Medium Room (6 bed atau 3 buah bunk bed)
2 Large Room (@16 bed atau 8 buah bunk bed)
Large Room, yang berantakan tu tempat tidur saya, hehe
Karena waktu itu Small dan Medium Roomnya sudah penuh, saya menempati kamar tipe Large Room, dan karena saat itu bukan weekend atau hari libur, saya menempati Large Roomnya sendirian. Yap, ALONE. Hahaha... Sebenernya bisa tidur dimana aja, tapi yang dipersiapkan hanya satu tempat tidur saja (diberi seprai dan bantal).
Parkir kendaraan di lantai 1
Oiya, Chez Bon Hostel total memiliki 3 lantai, Lantai 1 untuk parkir kendaraan (sepeda/motor), Lantai Dua diperuntukkan khusus bagi wanita plus resepsionis hostel, dan lantai 3 adalah kamar khusus pria. Jadi enggak boleh ya, belum nikah tapi udah satu kamar. Di rooftop ada musholanya plus tempat menyiapkan sarapan (dapur), atau mau nyetrika juga bisa.
Terbang ke Bandung?? Langsung cari tiketnya
Di setiap bed (setiap orang) juga udah tersedia 1 lampu baca dan 1 stop kontak, sangat memudahkan bagi yang membawa gadget. Free wifi juga lho. Jadi, kalian bisa browsing wisata yang mau kalian kunjungi esok hari. Kalian juga akan mendapatkan 1 loker untuk menyimpan barang berharga kalian.
Lampu baca dan stop kontak di setiap bed
Fasilitas Plus-Plus

Free Breakfast 
Ada roti untuk sarapan kalian, oles sendiri, bakar sendiri plus free dapur. Biar hemat, mau masak mie juga bisa (mie bawa sendiri ya, hehe) 

AC & Hot Water on Bathroom 
Ada AC di tiap kamar, kalo ga salah, di kamar mandi juga ada ACnya (pendingin udara). Jadi agak merinding pas masuk. Tapi tenang aja, bathroom Chez Bon Hostel menyediakan air panas untuk mandi kok, tinggal atur aja panas airnya melalui kran yang ada.
(Pengalaman saya yang ndeso, saya kaget karena airnya tiba-tiba panas, jadi hati-hati yaa.. Atur kerannya, dan panas air pun akan menyesuaikan).
Shower+air panas di kamar mandi
Sharing bathroom, hati-hati dengan air panas ya..
Oiya, konsep kamar mandi di Chez Bon juga sharing bathroom, jadi kamar mandi ada di luar kamar (kecuali kamar bertipe Large Room).
Kamar mandi Large Room
Cable TV in lobby & social space 
Di lobi dan tiap lantai, Chez Bon Hostel menyediakan TV kabel dan ruangan yang cukup untuk mengobrol antar traveler. Jadi jangan takut enggak ada hiburan pas di hotel. Social space ini juga jadi sarana untuk mengakrabkan antar tamu hotel, saling tukar info.
Social space dan TV kabel. Enggak takut ketinggalan gosip..
Ada yang laper? Turun aja ke bawah, di bawah juga ada resto besutan Pak Bondan, yaitu Kopi Tiam Oey. Menikmati suasana Braga sambil nyruput kopi enak tuh. 

Kesimpulan: 

Chez Bon Hostel adalah lokasi menginap yang sangat cocok untuk backpacker atau solo traveler. Fasilitas lengkap, dan pelayanannya pun baik. Lokasi strategis, minimalis, dan yang penting, tidak menguras kantong. Cukup Rp 120.000,00 per orang dan Anda dapat menikmati suasana Braga sepanjang hari.
Lokasi strategis di Jalan Braga
Bisa menikmati suasana Braga dari jendela kamar
Sementara untuk rombongan keluarga/grup, saya rasa kurang cocok karena biaya bed per orang akan membuat jatuhnya harga akan lebih tinggi untuk rombongan dibandingkan grup tersebut menyewa 1 kamar hotel untuk beberapa orang. Juga untuk yang membawa mobil, Anda akan sulit menemukan lokasi parkir mobil Anda, karena Chez Bon Hostel tidak menyediakan lahan parkir mobil.
Sistem bunk bed menguntungkan solo traveler
Sistem sharing room juga sangat menarik untuk saling bertukar pengalaman atau cerita antar tamu hotel/traveler. Nah, ada yang tertarik menginap di Chez Bon Hostel? Segera pesan disini, dapatkan promo menariknya, dan nikmati liburan Anda.

You Might Also Like

5 comments:

  1. Terimakasih dengan tulisan dan informasinya yang sangat lengkap, ini sangat membantu sekali untuk traveler yang masih belum mengenal lokasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, sebisa mungkin saya berbagi pengalaman yang benar2 saya jalani, biar orang2 tau..
      Syukur2 pengalaman yang ditemui pengalaman baik.. :)

      Delete
  2. Travelers love this hotel review, what about if have hostel which gives sea surf experience as I wish to share the Surf in Playa Venao surfing place under selina hostel for travelers to enjoy seas surfing under 4mtr waves.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's a good idea, Ellen.. But I don't have experience in visiting hostels/hotels taht offers surfing experience like you said.. Maybe next time I have those experience, I'll posting the article right here.. :)

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)