Klayar, Beautiful Beach di Tanah Kelahiran Presiden RI

7:00:00 PM

Welcome to Pacitan! Yak, kita ketemu lagi di Meanwhile U and Me. Setelah kemarin saya udah nge-posting tentang rute dari Yogyakarta ke Pacitan yang transit di Eromoko, sekarang saya mau mbahas, di Pacitan tu ada apa lagi sih? Kemarin udah ada bocoran dikit nih, tujuan touring kami tu yang pertama, mau ke Pantai Klayar. Yaaak, benaaar..
Klayar Beach, It's So Beautiful and Epic
Setelah melalui jalan yang lumayan sempit selama beberapa jam, akhirnya kami sampai di Pantai Klayar sekitar jam 9 pagi. Di perjalanan, kami agak bingung, banyak warga kerja bakti, pasang bendera, mbenerin jalan. Ternyata oh ternyata, Pak Presiden RI mau berkunjung ke tanah kelahirannya, di Pacitan, dan kemungkinan mengunjungi Pantai Klayar. Jadi aja banyak warga siap-siap menyambut kedatangan orang nomor 1 di Indonesia ini.

Dari kejauhan, garis lurus horizon di lautan udah keliatan, karena jalanan yang kami lewati sedikit menanjak, menyuguhkan sensasi luar biasa, melihat garis biru yang tadinya saya kira perbukitan, ternyata itu garis pantai! Wuuuussshhhh angin kencang khas pesisir pantai menerpa wajah kami. Segeeerrr..
Itu Garis Pantai, Vroh!
Pas jam 9 kami sampai di Klayar, lokasi pantai masih keliatan sepi, dan kesan pertama yang saya liat di Klayar adalah bersih, pasir putih, dan banyak tebing karang. Tapi itu belum semua, lho... Ada apa lagi ya, di Klayar?
Pasirnya putih, kayak Sundak
Oiya, sekedar info, Pantai Klayar berada di bagian selatan Pulau Jawa, sekitar 30 Km dari Kota Pacitan. Dari Jogja? Baca aja artikel yang kemarin ya, hehe. Pantai Klayar yang kami kunjungi di akhir tahun 2013 itu sedang melakukan pengembangan lokasi wisata. Beberapa sarana penunjang, baik jalan atau pendukung lainnya sedang dalam proses pengerjaan.
Belum dikelola penuh aja udah kece gini, moga-moga selalu bersih dan nyaman..
Setelah memarkir sepeda motor, kami langsung bersiap-siap untuk meng-eksplore Pantai Klayar lebih jauh lagi. Huaaaa bersih banget pantainya, belum banyak dikotori sampah pengunjung (dua jempol). Tas udah siap, celana pendek udah dipake, dalemnya celana pendek..emm..dipake juga ga ya? Pake lah, biar ga terbang. Hahaha sekarang tinggal.. jeburrrr... Enaaakk, karena belum terlalu siang, pantai Klayar masih sepi, jadi masih bebas mau renang dimana aja, puas main-main air.
View dari atas karang, deburan ombak menerpa
Lautan biru menghampar luas
Puas main air sejenak, kami mencoba untuk mencari view yang lebih bagus buat foto-foto, dan kayaknya bagus deh, kalo kita naik ke tebing batu itu, and poto-poto disana. Yak, kami memutuskan kesana, dan ternyata ada penjaganya disitu. Mereka adalah warga setempat yang menjaga keselamatan pengunjung biar tetap aman selama di tebing batu itu, karena takutnya, kalo ga diawasi ntar malah ada yang kejebur ke laut, kan bahaya. Tadinya sih ditarikin Rp 5.000,00 per orang, tapi nego-nego, eh..dapet cuma Rp 20.000,00 untuk satu rombongan. Wahahahaaaa.. Padahal ada sekitar 20 anak.
Lautan yang tenang, tapi menghanyutkan
Pemandangan dari atas tebing memang keliatan epic (kata gaul jaman sekarang). Kita bisa ngeliat pesisir pantai dari jauh, deburan ombak yang menerjang tebing, atau sekedar menikmati birunya laut yang tenang, tapi menghanyutkan. Mau tau yang seru di atas tebing ini? Mau tau aja apa mau tau banget?? #Kriuk #garing

Itu, dateng aja ke lokasi dimana ada 2 patahan tebing yang menyisakan celah sempit untuk masuknya air. Pas ada ombak, siap-siap aja di atasnya. Brrrrrrrrruuussssssshhhhhhh. Percikan air tersembur dari celah sempit yang ada, membuat terbang orang ato benda yang di atasnya. Kece, Brohh.. Ada yang bilang namanya Seruling Samudra, tapi ga tau deh, asalnya dari mana. Teman saya yang gendut aja sampe bergetar perutnya. Hehe.. Eiya, yang punya kamera DSLR, kayaknya bagus deh, hunting poto disini, nyari momen dan setting yang pas, biar dapet poto epic.
Semburan dari samudera. Brusssshhh...
Di tebing juga ada semacam cekungan yang menampung air, jadi bisa main-main air juga di atas tebing. :)

Agak siang dikit, pantai mulai rame diserbu pengunjung, tapi saya rasa masih nyaman kok, walaupun banyak pengunjung, tapi belum terlalu ramai, masih standar. Ada ibu-ibu tamasya sama anaknya, pasangan muda-mudi, ada yang hunting poto, selfie, sampe grup "lanangan" kayak kami ini. Hahahhaa.. Pengen ngelilingin pantai tapi ga mau capek? Nyewa ATV aja, sama pengelola, tapi jangan naikin di tempat yang full pasir ya, soalnya ATVnya ga bisa jalan.
Liburan bareng keluarga, bareng pacar, bareng teman. Asyik semua!
Main sana-sini, renang, poto-poto, selfie-ria, jadi capek deh. Nah ini yang masih kurang. Waktu saya kesana tu, selain di dekat parkir motor-mobil, belum banyak tempat untuk berteduh sekedar duduk-duduk, atau pengelola yang menyewakan payung pantai. Jadi harus pinter-pinter nyari lokasi pewe buat duduk-duduk sambil makan (kalo bawa bekal kayak kami) biar ga kepanasan.
Belum banyak tempat berteduh untuk istirahat
Makan-makan sambil ngeliatin pengunjung yang dateng enak juga, tambah siang tambah rame sih. Ga begitu lama nyantap makanan, eh..ada Amanda Gonzales, anaknya Cristian Gonzales. Eh, iya bukan sih? :p
Amanda Gonzales? Iya, Bener!!! #maksa
Yang saya suka dari Pantai Klayar ini adalah garis pantainya yang luas dan lapang, jadi pengunjung ga perlu rebutan spot untuk berenang di pinggir pantai, dan banyak tempat untuk di-eksplore, jadi ga bosen lama-lama disini, betah.
Pantainya luas, ga perlu berebut spot
Kenyang main-main, kami memutuskan untuk menyudahi petualangan di Pantai Klayar untuk menuju ke wisata selanjutnya. Tempat bilas yang disediakan sudah cukup banyak, cuma masih aja kurang, karena pengunjung yang dateng belum sebanding dengan kamar mandi yang tersedia, belum lagi mandinya plus dandan ma gosok sana-sini, jadi aja pada lama tuh, di dalem.

Di tempat parkir, pemandangannya udah beda banget sama pas kami dateng ke Klayar. Parkiran udah dipenuhi sama mobil-mobil and motor pengunjung. Weeeeee.. Emang enaknya agak pagi-an ke Klayar tuh.
Terusss.. habis ke Klayar mau kemana lagi ya, enaknya? Di Pacitan masih ada lokasi wisata lain, lho..
Before-After, Parkiran Motor. Tambah rame, nih..
Mau kemana lagi hayooo?? Simak aja artikel lainnya minggu depan ya.
Yuk jalan-jalan...

You Might Also Like

5 comments

  1. Baru pertama kali main ke blog ini. Salam kenal ya, Mas. Terima kasih sudah mampir ke Pantai Klayar, pantai terindah di kabupaten kampung halaman saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee salam kenal juga ya
      makasih juga udah mampir ke blog ini.. Klayar kereeen..

      Delete
  2. Woo, sipp ....! Touring yg menarik ma tulisan yg mudah diikuti. Mau nanyain, apa di Klayar sudah banyak marung makan. Saya mo ke sana bersama keluarga, so perlu masukan untuk makan anak, Nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Klayar ada beberapa warung makan dan tenda, Mas.. jadi sudah cukup luas untuk makan bersama keluarga.. :D

      Delete
  3. Woo, sipp ....! Touring yg menarik ma tulisan yg mudah diikuti. Mau nanyain, apa di Klayar sudah banyak marung makan. Saya mo ke sana bersama keluarga, so perlu masukan untuk makan anak, Nuwun

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs