7 Aplikasi Smartphone buat Travel Mania (Wajib Punya)

8:00:00 PM Dimas A. R. Kambuna 2 Comments

Halo, Travel Mania.. Ketemu lagi disini bareng Meanwhile U and Me.. :D
Meanwhile U and Me mau cerita dunia digital nih, hehehe.. Sekarang kan travelers kayak udah nggak bisa lepas dari yang namanya gadget, entah itu social media, kamera, dan lainnya. Saya juga gitu kok. Nah, via artikel ini, saya mau berbagi aplikasi yang suka, atau sering banget saya pakai pra, saat, dan pasca traveling nih.. Apa aja tuh? Yuk mari, disimak..
Pilihan Aplikasi Smartphone buat Travel Mania
Pilihan Aplikasi Smartphone buat Travel Mania
Website Google
Dari sini, saya biasanya survey kebutuhan pra-traveling. Mulai dari lokasi menarik yang mau dituju, biaya yang diperlukan, sampai tips dan trik di lokasi tujuan. All in one disini, istilahnya. Hehehe.. Biasanya dari sini juga nih, saya ketemu teman baru via blog traveler. Coba aja deh..

Google Maps
Yap, aplikasi ini sering banget saya pakai, karena saya sering bertualang sendiri, langsung on site. Walaupun udah browsing info duluan via Google, tapi tetep aja masih suka kesasar, contohnya pas kemarin ke Bandung. Hehehe.. Kan suka belum tahu medan nih. Google Maps tuh sangat sangat membantu, apalagi untuk smartphone sekarang ada fasilitas GPS nya, yang bisa nunjukin posisi kita secara real time.
Google Maps Bober Cafe Bandung
Contoh Penggunaan Google Maps, cukup masukkan destinasi
3 kondisi yang membuat saya sering menggunakan Google Maps:
  • Mengetahui posisi saya saat ini (baik saat traveling sendirian, atau pas naik kereta apai, biar nggak kelewatan stasiun, hehehe)
  • Mengetahui jarak dan waktu tempuh menuju lokasi yang dituju
  • Mengetahui alternatif kendaraan umum yang bisa dipakai di lokasi tujuan (khususnya di kota-kota besar)
Messenger App (BBM, WA)
Di smartphone, sekarang sudah tersedia banyak aplikasi pesan singkat, chat, ataupun yang biasa disebut messenger. Dari mulai Line, BBM, WhatsApp, Kakao Talk, dan masih banyak lagi. Tapi, disini saya prefer di BBM dan WA, soalnya BBM dan WA udah mengglobal, plus banyak penggunanya.

Terus, emang apa hubungannya sama traveling? Messenger biasanya saya gunakan untuk mencari info di lokasi yang dituju, kali aja ada temen grup, atau keluarga yang pernah kesana, atau kali-kali punya kenalan yang bisa ngasih tumpangan gratis, kan lumayan tuh. Hehehe..

Booking Hotel dan Tiket
Yoi.. Mungkin di tivi kalian udah sering liat aplikasi booking hotel, ataupun tiket pesawat terbang. Nah, saya mulai sering memanfaatkan fasilitas ini nih, biasanya via websitenya langsung. Booking hotel via PegiPegi (Booking tiket pesawat juga bisa disitu), terus booking tiket kereta api via situs tiket KAI langsung. Nggak harus via dua aplikasi itu sih, banyak juga yang lain kayak Agoda, Traveloka, Tiket.com, dll. Sekarang udah gampang banget kok, daripada repot-repot ke stasiun atau survey langsung ke hotelnya, kan repot.
Tutorial booking hotel silahkan lihat disini, atau disini ya.
Kalo tutorial booking tiket kereta api, lain kali saya posting juga deh. :D

Evernote
Nah, kalo ini bekal saya buat blogging. Hehehe.. Soalnya, kalo nggak langsung dicatat apa yang dijumpai di lapangan (on site), biasanya suka lupa apa yang mau ditulis di blog, jadi suka saya catet disini deh, atau plus foto TKP juga bisa ditambahin lho.
Evernote, catatan simpel dan modern
Evernote, very useful app
 Evernote ini juga biasa saya pakai untuk mencatat perlengkapan yang mau saya bawa, plus cek kembali perlengkapan setelah traveling. Budget yang dikeluarin juga saya catet disini.
Dan lebih okenya lagi, Evernote ini udah tersinkron antara data di HP, atau pas kita buka via PC. Sipp banget kan?

Social Media
Nggak lengkap kan, kalo kita jalan-jalan tapi nggak ada yang tau? Hehehe.. Bukan bermaksud pamer gitu, yang penting nggak berlebihan ya.. Saya suka make social media kaya Facebook, Twitter, atau Instagram buat sharing pengalaman jalan-jalan.. Siapa tau ada yang mau mengunjungi tempat yang sama. Selain social media, tentunya saya juga ceritanya di blog ini. hehehe..
Facebook fanspage All around Indonesia
Facebook Fanspage All around Indonesia (di-LIKE yuk, hehe)
Instagram, foto sharing untuk traveler
Instagram, Media Sosial khusus Sharing Foto
Editor Foto
Sebelum foto perjalanan saya sharing di social media, kadang foto yang ada saya edit dulu via aplikasi, biasanya saya pake Snapseed buat ngedit fotonya, atau pake PicsArt buat bikin kolase foto. Ceritanya biar lebih stunning gitu.. (tapi kadang ko masih biasa aja -_-). Udah simple sekarang mah, ngedit-ngedit foto.. Tapi kok saya tetep anti aplikasi edit foto yang tiba-tiba buat muka jadi kinclong banget, sampe-sampe mukanya berubah drastis.. Capek deh..
Snapseed, editor foto mudah dan simpel
Snapseed, editor foto mudah dan simpel, nggak pake tipu-tipu wajah kinclong :p
Nah itu deh, beberapa aplikasi atau website yang useful banget buat travel mania.. Itu pilihanku, mana pilihanmu? :D Silakan dicari sendiri ya, via app store masing-masing smartphone kalian. Walaupun nggak semua ada aplikasi khususnya, ada yang cuma ngetik alamat di browser aja. Tapi semua berguna buat saya.

BONUS: Aplikasi Compass jangan ketinggalan tuh, khususnya buat yang muslim atau suka trekking. Biasanya saya pake buat nentuin arah kiblat pas mau sholat, kalo di hotel/penginapan nggak ada petunjuknya.

Oiya, agak OOT nih, tapi biar tambah kece pas traveling, coba deh liat Koleksi Kacamata Oakley di Zalora, weeehhh dijamin bikin ngiler plus cool abis kalo dipake. Hehehe.. Kan Oakley brand ternama tuh, jaminan mutu kualitasnya..

Oke, see you next time ya.. Have a nice holiday.. :)

You Might Also Like

2 comments:


  1. Terimakasih bapak sudah berkenan memberikan infonya, saya tunggu postingan selanjutnya yg lebih menarik
    dipan minimalis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga Kak, sudah berkunjung.. Semoga berguna ya.. :)

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)