Liburan, Yuk!!! Explore Solo | Plus Contoh Itinerary

9:00:00 AM Dimas A. R. Kambuna 6 Comments

Pagi, Travelers... Udah hari Senin lagi aja nih.. Mata masih berat? Badan masih pegel? Pengen tidur lagi? Hahaha.. Saya tau juga deh, yang kayak gituan suka keluar pas hari Senin, habis libur, habis weekend. Apalagi ada yang baru mulai masuk kerja lagi setelah libur lebaran. Tapi kita harus bersyukur lho, bisa ketemu hari Senin lagi. Itu artinya bagi sebagian besar dari kita, masih diberi kesempatan hidup buat ibadah dan mencari nafkah lagi yang biasanya dimulai dari hari Senin. Ini blog ceramah. Okeh?
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. Main Title Meanwhile U and Me
Liburan, Yuk!!! Explore Solo..
Emang, mungkin ada yang baru masuk kerja. Tapi... Saya mau ngajakin liburan nih! Ahahahaha.. Baru aja liburan, eh..mau liburan lagi. Habis, kemarin libur lebaran nggak sempet kemana-mana sih, n udah lama juga ga jalan-jalan, nggak traveling lagi. Jadi mau bikin acara sendiri deh, habis lebaran. Lumayan, ngilangin penat di pekerjaan.

Jadi, kebetulan nih, pas saya menang salah satu kompetisi yang diadakan PegiPegi.com dan dapet hadiah gratis menginap di Hotel Berbintang! :D Lumayan kan, jadi sekalian aja buat liburan.
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. PePe 3rd Birthday winner Meanwhile U and Me
Kompetisi PegiPegi yang saya menangi :D
Dalam planning awal, saya mau ngajak teman-teman saya naik mobil buat kesana, trus biaya traveling di-share bareng satu rombongan. Eh..tapi kayaknya pada nggak siap pendanaannya deh, ya udah, jadi mau explore solo atau berdua aja nih.

Di Liburan, Yuk! ini, saya mau sharing masalah itinerary nih, kayak yang udah saya tulis dalam artikel Itinerary, Pentingkah saat Traveling?. Kalo yang ini, asli itin saya bikin sendiri. Biasanya juga bikin sendiri, tapi belum sempet saya share, apalagi yang sedetail ini. Itinerary tuh apa sih? Makanya, baca artikelnya, Itin = jadwal perjalanan.

Walaupun jalan rame-ramenya batal, tapi tetep saya share, biar pada tau detail dan cara buat itin gimana.

Nah, ini ada 5 kategori itin. Tujuannya: Solo-Karanganyar. Lokasi wisatanya: Keraton Solo, Curug Jumog, Candi Sukuh, sama makan malam di Galabo. Detail dalam itin ada 8, yang meliputi No., Time, Place, Distance, Price, Amount, Estimated Price, sama Note, jadi, disimak aja satu-satu ya.

1. Explore Solo for Eight Person
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. Itinerary for 8 person example Meanwhile U and Me
Contoh Itinerary Explore Solo untuk 8 orang
Seperti terlampir di gambar, dalam membuat itin ada 3 aspek yang harus diperhatikan, yaitu waktu (time), jarak (distance), dan biaya (cost) yang semuanya saling berkaitan. Pada setiap tujuan, saya memperkirakan jarak tempuh (untuk biaya bahan bakar), biaya menginap (1 kamar 3 orang, 1 kamar gratis), dan tiket masuk ke lokasi wisata. Sementara, untuk makan dan lainnya, dibebankan ke masing-masing person. Jadi, dapet hasil hitungan Rp 187.812,50/person.

2. Explore Solo for Seven Person
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. Itinerary for 7 person example Meanwhile U and Me
Contoh Itinerary Explore Solo untuk 7 orang
Beda dari itin ini dan itin di atas hanya pada pembagian sharing cost-nya aja. Tadinya dibagi 8, sekarang dibagi tujuh. Yang lain sama, kebutuhan kamar hotel/penginapan juga masih 3 kamar. Didapat sharing cost sebesar Rp 210.000,00/person.

3. Explore Solo for Six Person
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. Itinerary for 6 person example Meanwhile U and Me
Contoh Itinerary Explore Solo untuk 6 orang
Nah, kalo pada itin ini, ada perbedaan dalam kebutuhan kamar. Yang tadinya butuh 3 kamar, menjadi hanya dua kamar saja. Walaupun ada penurunan biaya sekitar 250.000 rupiah, tapi sharing cost untuk transportasi masih sama dengan biaya untuk 8 orang. Karena dibagi enam, jadi jatuhnya per orang kena biaya transportasi lebih besar. Didapat hasil hitungan sekitar Rp 197.916,67/person.

4. Explore Solo, Going Solo
Kayak banyak trip saya yang udah saya ceritakan beberapa kali, ini kayak biasa, perjalanan nekat! Hahaha.. Karena perjalanan solo ini naik sepeda motor, maka pembagian kilometer pada fuel juga berbeda. Kalo grup di atas, perjalanan menggunakan mobil, saya pakai estimasi 1 liter Premium untuk 10 Km perjalanan (Toyota Kijang LGX tahun 2004). Sementara, untuk kali ini, saya menggunakan estimasi 1 liter Pertamax untuk 45 Km perjalanan (Supra-X 125 PGM-FI tahun 2008). Udah tau kan, itung-itungannya? 
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. Itinerary for 1 person example Meanwhile U and Me
Contoh Itinerary Explore Solo untuk 1 orang
Tapi, dalam perhitungan kategori ini, saya sudah memasukkan biaya makan siang dan makan malam. Jadi, istilahnya hitungannya udah all in one. Didapat cost Rp 351.633,33 (termasuk biaya lain-lainnya 100 ribu! Hahaha)

5. Explore Solo, Twin Tower
Liburan, Yuk!!! Explore Solo.. Itinerary for 2 person example Meanwhile U and Me
Contoh Itinerary Explore Solo untuk 2 orang
Ini hitungan perjalanan untuk dua orang. Nggak ada perbedaan mencolok, cuma karena sepeda motornya dipake dua orang, saya menambahkan variabel (+3 L) pada perhitungan bahan bakar. Sharing cost-nya Rp 243.666,67/person.

Nah, itu itinerary dan perhitungan biaya saya kalo mau ke Solo. Buat catatan besarnya, biaya itu bisa naik/turun tergantung keadaan lapangan. Tapi, menurut saya bisa jauh berkurang, terutama dalam perhitungan sharing cost bahan bakar. Karena saya mengambil estimasi jarak tempuh terhadap bahan bakar yang rendah banget. Jadi, bisa aja biayanya kurang dari itu.

Gimana? Udah okeh? Mudeng? Mubeng? Understand? Atau malah bingung? Hahaha..

Semoga bermanfaat ya. Liburan, Yuk! Lets explore Indonesia!

You Might Also Like

6 comments:

  1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

    Buruan ikutan dan jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen ikutan, tapi takut menang n gabisa ambil cuti sepanjang itu.. Hehehe kan nyesel banget tuh..

      Padahal banyak travel blogger keren :(

      Delete
  2. Kak,, share foto2 and how to get there'a Curug Jumog sama Candi Sukuh donks..
    Ditunggu postingannyaa.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Kak.. Nanti akan dibahas satu-satu kok, per lokasi wisata.. :D Lagi dipersiapkan nih, artikelnya..
      Ditunggu ya..

      Delete
  3. wih... explore liburannya kyknya asik nih :D cumak dompet g mendukung :D hhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. Liburan seru kadang nggak harus ngabisin banyak uang kok :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)