Tutorial Pemesanan Tiket Kereta Api Online (7 Langkah Lengkap)

1:00:00 PM Dimas A. R. Kambuna 3 Comments

Halo, Traveler.. Ketemu lagi sama Meanwhile U and Me..

Gimana libur lebarannya? Mudik kemana nih? Asyik deh yang pada bisa jalan-jalan sekalian mudik.. Tapi jangan lupa, tetep jaga kesehatan ya..

Travel Lovers, buat yang suka traveling jarak jauh, pasti udah familiar sama yang namanya Kereta Api.. Sekarang, moda transportasi yang namanya Kereta Api tengah jadi primadona, nih.. Soalnya, walaupun harga tiketnya naik sedikit, Kereta Api sekarang tambah nyaman lho.. Dari ekonomi pun udah nyaman, nggak pake sempit-sempitan lagi, udah ada AC sama stop kontak. Apalagi yang kelas eksekutif.

PT KAI sebagai pengelola Kereta Api di Indonesia, sekarang udah mulai menertibkan segala sesuatu hal untuk membuat nyaman para pelanggan kereta api di Indonesia, termasuk kemudahan dalam pembelian tiket Kereta Api. Sekarang ada yang namanya pembelian tiket online, jadi para calon penumpang kereta api nggak perlu repot-repot ke stasiun buat pesen tiket dan ngantri panjang. Tinggal menghadap laptop, atau pergi ke ****Mart terdekat, pesan, udah dapet kode booking deh. Ntar tinggal nyetak tiketnya pas mau berangkat. Cuma, memang sih, di peak season, apalagi pas mau lebaran atau libur panjang, situs pemesanan tiket kereta api suka crowded, down, atau tiket langsung habis. Tapi, harus diakui, di zaman serba digital ini, pemesanan tiket secara online menjadikan KAI semakin maju.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memesan tiket kereta api secara online, jadi, mari simak tutorial pemesanan tiket kereta api online yang Meanwhile U and Me buat untuk para traveler sekalian.

1. Buka situs pemesanan tiket kereta api di https://tiket.kereta-api.co.id/ . Nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar.
Tampilan Home situs Tiket Kereta Api
Tampilan Home situs Tiket Kereta Api
Pilih stasiun asal dan stasiun tujuan Anda. Masukkan pula tanggal keberangkatan Anda dan jumlah penumpang. Pada gambar dicontohkan pemesanan tiket dari Stasiun Pekalongan ke Stasiun Bandung pada tanggal 7 Agustus 2015.

2. Klik Tampilkan. Akan muncul pilihan kereta api yang tersedia, harga tiket, jam keberangkatan/kedatangan, dan status tiket kereta api pada saat itu (tersedia/habis).
List Ketersediaan Kereta Api Online
List Ketersediaan Kereta Api
3. Pilih salah satu kategori tiket dan klik Booking. Selanjutnya akan muncul Informasi Reservasi Tiket Kereta Api, cermati info yang terpampang pada halaman tersebut, setujui aturan layanannya, dan klik Lanjutkan.
Informasi awal reservasi tiket kereta api online
Informasi awal reservasi tiket kereta api online
syarat dan ketentuan layanan pemesanan tiket kereta api online
Baca dan setujui syarat dan ketentuan layanan
4. Selanjutnya, Anda akan diberi waktu 10 menit untuk mengisi identitas penumpang sesuai Kartu Identitas calon penumpang. Ingat ya, Harus Sesuai Kartu Identitas calon penumpang untuk Nama dan ID Penumpang. Sementara, untuk ID pemesan boleh berbeda dengan Nama dan ID calon penumpang, karena data pemesan digunakan untuk konfirmasi booking dan info jika ada masalah pemesanan tiket. Klik Lanjutkan.
Form pengisian identitas calon penumpang kereta api online
Form pengisian identitas calon penumpang. Ingat, harus sesuai ID ya..
5. Anda akan diberi waktu lagi 7 menit untuk konfirmasi tipe pembayaran dan pemilihan tempat duduk. Jika ingin mengganti posisi tempat duduk, klik Pindah dan akan muncul skema tempat duduk pada gerbong yang Anda tempati. Anda bisa memilih lokasi yang masih kosong.
Pemilihan tipe pembayaran dan penentuan lokasi duduk kereta api online
Pemilihan tipe pembayaran dan penentuan lokasi duduk
Denah lokasi duduk pemesanan tiket kereta api online
Denah lokasi duduk (jika ingin memilih manual)
Note: Menu Pindah ini memudahkan bagi yang memesan langsung via website jika calon penumpang berjumlah dua atau lebih. Anda dan rekan/keluarga Anda bisa duduk berdekatan dan bersebelahan. Hal ini yang patut Anda cermati jika membeli tiket untuk dua orang atau lebih via ****Mart, karena mereka biasanya asal memesan, tidak memilihkan tempat duduk untuk Anda. Saya pernah menjumpai Kakek dan nenek yang memesan tiket untuk dua orang, tapi mendapat tempat duduk berjauhan karena membeli tiket di ****Mart. Sebaiknya jika membeli disana, Anda sampaikan pada Mas/Mbak-nya untuk memilihkan tempat duduk yang berdekatan.
Klik Selanjutnya.

6. Pemesanan Anda telah selesai dan Anda diberikan waktu s.d 3 jam ke depan untuk melakukan pembayaran sesuai kode pembayaran Anda.
Info final pemesanan tiket kereta api online
Info final pemesanan tiket kereta api online
7. Saat Anda sudah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan email dari PT KAI yang berisi detail pemesanan dan kode booking Anda. Saat Anda ingin melakukan cetak tiket via mesin cetak tiket otomatis di stasiun, cukup ketikkan kode booking yang tertera pada dokumen yang dikirimkan PT KAI via email.
Contoh bukti pembayaran dan kode booking tiket kereta api online
Contoh bukti pembayaran dan kode booking tiket kereta api online
Yak. itulah 7 Langkah pada Tutorial Pemesanan Tiket Kereta Api Online. Mudah kan? Inget ya, perhatikan Note dari saya biar nggak repot. :)

Kereta api udah semakin nyaman, "sering"nya sih tepat waktu, dan semakin oke deh.

Happy traveling, Travel Lovers... :D

Note lagi: Klik gambar biar lebih jelas dan lebih besar, ya.. :D

You Might Also Like

3 comments:

  1. aku pernah booking tiket kereta api pake aplikasi android resmi PT.KAI tpi muahal2 hoo.. -__- kok jauh banget sma harga aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pake yang aplikasi Android, ya? Kebetulan saya belum pernah nyoba.. Pernah mau nyoba, tapi kok masih banyak komplain.. Nggak jadi deh..

      Beda sama harga resmi di website ya?

      Delete
  2. Thanks gan, infonya sangat bermanfaat apalagi buat newbie :)

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)