Piramida Pariwisata Indonesia #GoForIt

9:30:00 PM

Hello, Travelers.. Ekonomi Indonesia tambah lesu aja, ya.. Dari mulai nilai tukar rupiah yang tambah anjlok, bencana asap tahunan, kekeringan, PHK karyawan, sampai penurunan daya beli masyarakat. Jadi, BLA BLA BLA.. Ketemu lagi di blog ekonomi Indonesia. Bukan mau ngomongin itu, sih, hehe.. Tapi mau ngomongin pariwisata Indonesia nih, dengan berjuta pesona Indonesia yang tak ada habisnya. Bayangin aja, Indonesia punya ribuan pulau dengan ragam alam, etnik, dan budaya masing-masing di setiap daerah. Kaya banget kan?

Tapi, Indonesia kayak kalah gaung gitu sama destinasi wisata luar negeri, ama kota sebelah aja kadang kalah. Malaysia, Thailand, Singapura, apalagi Eropa. Padahal kalo secara destinasi, indahnya itu nggak bakal kalah, lho. Cuma kok, banyak orang (khususnya mancanegara) cuma tahu destinasi pariwisata Indonesia itu Bali. Indonesia itu kalah gaung saya rasa karena promosi yang kurang gencar dari pemerintah, plus beberapa destinasi wisata yang kurang diperhatikan masalah pengelolaannya. Maka dari itu, saya ingin menjabarkan tentang Piramida Pariwisata Indonesia. Harapannya, kalo piramida ini berjalan, pariwisata Indonesia bakal semakin pesat dan menyebar gaungnya di Indonesia, bahkan dunia.

Apa aja sih, Piramida Pariwisata Indonesia? Yuk kita lihat dulu gambarnya, terus kita lihat penjabarannya. Semuanya saling berkaitan.

Piramida Pariwisata Indonesia Smartfren 4G LTE Advanced
Piramida Pariwisata Indonesia

1. Traveling

Traveling merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Traveling berasal dari kata Travel, yang menurut http://dictionary.reference.com memiliki arti:

to go from one place to another, as by car, train, plane, or ship; take a trip;
to move or go from one place or point to another.
to proceed or advance in any way

Siapa yang menjadi ujung tombak dari Traveling part ini? Jawabnya: semua wisatawan Indonesia, dan juga wisatawan manca negara. Para wisatawan yang pernah jalan-jalan di Indonesia, diharapkan bisa merasakan indahnya destinasi wisata di Indonesia, sekaligus memberikan kritik dan saran untuk membangun pariwisata di Indonesia.

Namun, sebelum traveling, setiap orang tentu memerlukan referensi tentang tujuan wisatanya, kayak saya pas mau pergi ke suatu tempat, pasti deh cari referensi tentang rute perjalanan, kondisi/medan ke daerah tujuan, lokasi wisata apa aja yang bisa dikunjungi, plus pesan tiket perjalanan, atau pesan tiket penginapan. Dan di dunia serba digital ini, semua membutuhkan part kedua. Internet.

2. Internet

Duh, sekarang kayaknya pada kelabakan deh, kalo nggak punya akses Internet. Dari mulai yang suka update status tiap hari, pebisnis online, kantor-kantor pemerintah, sampai berbagai industri sekarang membutuhkan akses internet. Nah, berkaitan dengan traveling, seperti yang sering saya alami, akses internet itu dibutuhkan pada saat pre-traveling, on traveling, dan pasca-traveling. Pada pre-traveling, seorang traveler membutuhkan akses internet untuk survei daerah tujuan, baik via browsing data di website maupun video. Pesan hotel dan pesan tiket perjalanan pun sekarang dipermudah dengan bisa melakukan pemesanan secara online. Saat on traveling, internet dibutuhkan untuk penunjuk jalan via Maps/GPS, saling berkomunikasi dengan teman perjalanan via messenger app, pembunuh kebosanan di perjalanan via game online, atau biasanya banyak juga yang langsung sharing the moment via social media. Sementara untuk pasca-traveling, para traveler biasa memanfaatkan internet untuk menuliskan momen yang ditemui via blog, atau sekedar sharing picture via social media yang ada.
Sharing picture, Selfie on-traveling/pasca-traveling smartfren 4g lte advanced
Sharing picture, Selfie on-traveling/pasca-traveling: Populer belakangan ini :p
Namun, di balik seabrek keunggulan internet di atas, masih banyak orang yang mengeluhkan kualitas dan kecepatan internet di Indonesia. Dari mulai coverage jaringan yang tidak memadai, kecepatan download dan upload yang lambat, sampai tidak ada sinyal di lokasi tertentu. Tentunya hal itu merepotkan bagi pengguna jasa telekomunikasi yang sedang melakukan wisata atau traveling.

Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi komunikasi di Indonesia pun ikut berkembang, dari mulai sekedar SMS dan telepon di awal abad 21, meningkat pada munculnya internet 2G yang jamak digunakan untuk chat via Mig33, Mxit (ada yang tahu aplikasi itu? Hehe), sampai sekarang muncul teknologi jaringan 3G yang dilanjutkan dengan 4G. Menjawab keluhan pengguna internet dan kebutuhan akses internet yang semakin pesat di Indonesia, Smartfren, salah satu operator telekomunikasi di Indonesia pun giat mengembangkan teknologi komunikasi Indonesia dengan meluncurkan Smartfren 4G LTE Advanced pada medio Agustus-September 2015.
Smartfren 4G LTE Advanced Go for It
Smartfren 4G LTE Advanced
Apa sih Smartfren 4G LTE Advanced itu?

Smartfren 4G LTE Advanced merupakan program dan pengembangan teknologi yang dilakukan Smartfren dalam menyediakan akses internet cepat di Indonesia. 4G LTE Advanced sendiri merupakan pengembangan teknologi lebih lanjut dari teknologi 4G LTE biasa. 4G, atau Fourth Generation Technology merupakan standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Sementara, LTE (Long Term Evolution, dikembangkan oleh Swedia) sendiri adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Dengan teknologi 4G LTE, akses internet dapat meningkat pesat dengan  kecepatan download sampai 300 mbps dan upload 75mbps. Waw banget kan?
Perkembangan Smartfren 4G LTE Advanced
Perkembangan teknologi Smartfren dari masa ke masa
Tapi, kadang masalah akses internet itu bukan melulu di kecepatan, tapi juga masalah coverage area. Kadang internet cepatnya tuh di kota-kota besar doang, karena memang lebih mudah mendirikan infrastruktur disana daripada di kota-kota kecil. Untuk itu, Smartfren memadukan dua teknologi yang dimiliknya, yaitu TDD (Time Division Duplex) untuk memberikan akses internet cepat dan FDD (Frequency Division Duplex) untuk coverage area yang lebih luas. Karena itu teknologi 4G LTE Smartfren diberi embel-embel Advanced.

Diharapkan dengan peluncuran Smartfren 4G ini, jaringan internet bisa lebih luas, cepat, dan stabil. Smartfren sendiri lagi berusaha untuk memenuhi infrastruksturnya lho, khususnya pembangunan BTS dari Indonesia Barat sampai Indonesia Timur. Jadi akses internet lebih merata. Hidup jadi Limitless. :D

Kalo internet udah cepat dan stabil, lebih mudah lagi untuk menjalankan part yang ketiga, yaitu:

3. Promosi Pariwisata via Blog dan Social Media

Apalah artinya banyak destinasi wisata yang indah kalo nggak dipromosikan.. Disinilah kita, para travel blogger dan travel lovers, bekerja dan memiliki andil. Soalnya, kalo cuma mengandalkan promosi via website resmi pemerintah, kan kurang. Coba deh lihat blognya para travel blogger orang-orang ini. Dari mulai Cumi Lebay yang emang lebay, Mas Barry Kusuma dengan Travel Photography-nya, Adis Whatever dengan ke-Whatever-annya pas jalan-jalan, sampai Fahmi Catperku dengan travel geek-nya. Jangan lupa sama saya juga ya, Meanwhile U and Me, travel blogger amatiran. Hehehe.. Sebenarnya masih banyak travel blogger Indonesia, tapi kan nggak mungkin disebutkan semua. Posting tentang traveling di blog para travel blogger berarti meningkatkan popularitas, mendukung Visit Indonesia, dan mendukung pariwisata Indonesia.
Segelintir dari Travel Blogger Indonesia
Segelintir dari Travel Blogger Indonesia
Pada umumnya, travel blogger sejati itu tau cara mempromosikan, sekaligus cara melestarikan destinasi wisata yang mereka promosikan. Jadi nggak asal promosi aja, tapi juga memperhatikan kondisi lingkungan dan sosial budaya di daerah yang mereka tuju. Jangan sampai, setelah dipromosikan, destinasi wisatanya jadi ramai, tapi seterusnya, lingkungannya malah rusak.

Bagi kami para travel blogger, internet dan gadget itu udah kayak kebutuhan primer. Kalo udah ada gadget ditopang internet mumpuni, all in one kerjaan travel blogger udah cukup via smartphone aja, nggak usah lagi tentang-tenteng laptop. Internet cepat juga berarti semakin banyak yang mengakses blog kami, dan disitu kami dan wisatawan bisa saling memberikan keuntungan. (Calon) wisatawan terbantu dengan info dari kami, dan kami bisa mendapatkan keuntungan dari income blog yang kami dapat, atau portofolio yang semakin meningkat.
Akses internet yang luas juga berarti semua wisatawan bisa mengakses social media dimana saja, mereka bisa langsung mem-posting style mereka di lokasi wisata. Apalagi dengan adanya Instagram dengan hashtag-nya. Lokasi wisata tertentu dapat lebih mudah ditemukan hanya dengan mengetik hashtag tertentu.  Pasti deh, sekarang ngerasa nggak lengkap kalo cuma jalan-jalan aja, tanpa sharing moment di social media. Instagram dengan upload foto dan filter uniknya, Facebook dengan miliaran penggunanya, dan Twitter dengan ke-simple-annya.

Pada intinya, internet memudahkan semua hal tersebut, dan dengan internet, pariwisata di Indonesia diharapkan bisa semakin berkembang, yang ujung-ujungnya baik untuk daerah setempat, dan big picture-nya, bisa menggairahkan ekonomi di Indonesia, karena banyak lokasi yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Sekali lagi, ini blog ekonomi Indonesia. :p

Kesimpulan

Kalo disimpulkan, korelasi Tiga Elemen Piramida Pariwisata Indonesia sebagai berikut:

Wisatawan melakukan perjalanan/traveling -> akses internet memadai -> wisatawan/travel blogger menceritakan pengalamannya di media sosial/blog -> orang lain tertarik dengan info itu -> muncul wisatawan baru -> jalan-jalan lagi -> sharing lagi

Terusss muter lagi dan muter lagi. Kan jadi efek berantai tuh. :D

Nah, asal dimanfaatkan dengan baik, Internet itu bisa membawa kebaikan buat semua, lho. Walaupun hidup jadi Limitless, tapi itu bisa menjadikan kita punya smart world. Pada akhirnya, Piramida Pariwisata Indonesia bisa berjalan.

Happy traveling, Travel Lovers.. Let's Go Limitless and Go for It!
Tags : 4G, 4G LTE, Smartfren 4G, Smartfren 4G LTE Advanced, Smartfren

You Might Also Like

23 comments

  1. wah wah, ada blog saya disebut :D terimakasih banyak ya ^^ setuju sekali sama piramida pariwisata indonesia ini! kalau dimaksimalin, indonesia mungkin bahkan bisa hidup dari pariwisata, tanpa harus membabat hutan atau menggali tambang lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Salah satu travel blogger favorit sih.. :D

      Iya Bang Fahmi, asal dikelola dengan baik, banyak lho yang bisa dimaksimalin dari pariwisata Indonesia, tentunya tanpa merusak kultur dan budaya setempat.. :D

      Iya ya, hutan sama tambang lagi booming sekarang, banyak masalah.. :(

      Delete
    2. naah naah! mari kita majukan pariwisata indonesia bareng-bareng :)

      Delete
    3. Ayok, Bang.. Bersama kita bisa.. :D (bukan kampanye :p)

      Delete
  2. woo iya smartfren udh support 4G LTE... kira2 udah nyebar luar blom ya jaringan 4Gnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari reportnya sih udah menyebar di 22 kota.. :D dan terus disempurnakan :D

      Delete
  3. Jadi penasaran mau ngetes jaringan 4G kecepatannya seperti apa, maklum di #Pontianak belum ada jaringannya. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Iya Mas, saya juga pengen nyobain kecepatan "real" nya.. Infonya Smartfren terus ngembangin BTS nya Mas.. Semoga Pontianak segera ter-cover :D

      Delete
  4. wah selamat mas menang jadinya :) sayangnya saya gak ikutan kompetisi ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mas Dhanang, saya juga sekali2 aja nih, ikut kompetisi yang dianggap "pas" sama tema blog saya..
      Makasih udah berkunjung Mas

      Delete
  5. salam kenal, selamat ya atas menjadi pemenangnya :) salam hermanbagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Herman, makasih ya buat ucapannya :D

      Delete
  6. salam kenal mas dimas agil roeseno kambuna..selamat juga yaa atas kemenangannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mas Yusuf, alhamdulillah jaza kallohu khoiro.. Semoga bisa cepet nyusul ngeblogging ya.. :D

      Delete
    2. amiin mass :D oke lagi liat2 duluu..sementara saya hobi gambar.lalu ingin membuat blog..apa salahnya buat blog gambar :D

      Delete
    3. Nah itu bisa jadi awalan yang bagus, Cup.. Bisa bentuk tutorial, atau share gambar juga bisa :D
      Insya Allah peminatnya juga banyak..

      Delete
  7. Menarik Mas, selamat ya jadi salah satu pemenang 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Mas.. Tapi masih kalah nih sama punyanya Mas Bai.. :P

      Delete
  8. Selamat ya mas, telah menjadi salah satu pemenang.

    ReplyDelete
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas, sama2 majukan pariwisata Indonesia, dan jgn lupa tetep ingetin traveler buat berwisata yg baik ya :D

      Delete
  10. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata di indonesia
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    seputar indonesia

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs