Bertualang Mencari Kesegaran di Curug Bengkawah

7:00:00 PM Dimas A. R. Kambuna 12 Comments

Hallo, Travelers..

Ketemu lagi sama Meanwhile U and Me.. Sebentar lagi ada long weekend nih, udah mutusin mau liburan kemana? Kali ini Meanwhile U and Me mau ngasih alternatif wisata alam buat kamu, khususnya yang ada di daerah Pemalang dan sekitarnya.

Travelers semua tau kan, dengan munculnya Instagram dan social media lainnya membuat beberapa lokasi wisata tiba-tiba nge-hits. Untuk daerah Pemalang, salah satu yang nge-hits 2 tahun belakangan ini adalah Curug Bengkawah.
Curug Bengkawah, Desa Sikasur, Kabupaten Pemalang
Curug Bengkawah, Desa Sikasur, Kabupaten Pemalang
Yak, setelah berkesempatan mengunjungi Curug Cimahi, Curug Jumog, Grojogan Sewu, dan Grenjengan Kembar, kali ini saya berkesempatan menjelajah Curug Bengkawah bersama temen-temen sekampung (baca keseruannya di #MMB Goes to Gombong).

Lokasi Curug Bengkawah dimana? 

Curug Bengkawah terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Tidak jauh dari traffic light Randu Dongkal, ambil arah ke kiri (menuju Belik), nanti ada plang-nya gitu deh.

Bisa ditempuh pake apa aja?
 
Untuk ke Curug Bengkawah, kendaraan paling fleksibel yang dapat digunakan adalah sepeda motor, karena kamu bisa langsung menuju ke dekat lokasi Curug Bengkawah, di lokasi parkir yang dikelola pemuda setempat.
 
Kedua, kamu bisa menggunakan mobil, tapi parkirnya agak susah, dan kamu harus berjalan sekitar 500 meter menyusuri pematang sawah. Ketiga, kalo kamu pake bis tiga perempat (bis sedang dua pintu kapasitas 30 orang) kayak yang kami gunakan, ada dua opsi: kalo berani dan sopirnya pintar, bisa masuk sampe lokasi mobil parkir, jalan 500 meter. Opsi kedua adalah parkir di dekat Balai Desa Sikasur, dan jalan kurang lebih 1 Km melewati rumah warga.
 
Biaya masuk ke Curug Bengkawah berapa?
 
Kamu cukup membayar Rp 2.000,00 per orang untuk tiket masuk, dan Rp 2.000,00 untuk parkir sepeda motor. Murah, kan? Mobil dan bis belum ada biaya masuk/tiket parkir.
 
Ceritain pengalaman di Curug Bengkawah dong..
 
Oke deh, begitu masuk lokasi Desa Sikasur, kamu akan melewati jalan perkampungan yang sudah lumayan banyak dihuni warga. Di selokannya (saya rasa ini bukan selokan deh), mengalir air jernih yang berasal dari mata air. Nggak heran kalo kamu nemuin warga sekitar lagu mencuci baju disitu. Kalo lagi beruntung juga, ada warga (kadang ada yang muda :p), lagi mandi disitu, dengan penutup seadanya. Hahaha.. Ya emang gitu sih, warga desa, dulu pas saya KKN juga banyak yang kayak gitu, lho.
Curug Bengkawah, Pematang Sawah
Menyusuri pematang sawah
Setelah menjumpai “pintu air” (gerbang irigasi), kamu tinggal nyebrang via jembatan kecil yang ada, untuk selanjutnya menyusuri pematang sawah dengan lebar jalan sekitar 1 meter aja, jadi kalo berpapasan dengan motor yang lewat, salah satu harus mengalah.
Curug Bengkawah pedagang masih sedikit
Pedagang masih sedikit, tapi lapak yang ada udah cukup buat bersantai (ada yang aneh nggak, sama poto ini? :p)
100 meter sebelum Curug Bengkawah, ada lokasi parkir yang dikelola pemuda setempat, dan kamar mandi buat pengunjung. Perlu diinget, kamar mandi yang ada Cuma disitu, jadi terutama buat cewek, perlu perjuangan kalo “kebelet”/ganti pakaian habis mandi-mandi. Di sekitar lokasi Curug Bengkawah sudah ada penjual makanan (walaupun belum terlalu banyak) yang dapat mengisi perut Anda selama dan selepas bermain air. Harga yang ditawarkan juga standar, kok.

Dan akhirnya, inilah Curug Bengkawah!
Aliran air Curug Bengkawah
Derasnya aliran air Curug Bengkawah
Air terjun double di Curug Bengkawah
Air terjunnya double :D
Air deras mengalir dari atas. Walaupun nggak terlalu jernih, cenderung keruh malah, tapi airnya segerrrr...

Ketika menyusuri dan mandi-mandi di Curug Bengkawah, hal yang perlu kamu perhatikan adalah: hati-hati dengan bebatuan yang licin dan jangan berenang terlalu dekat dengan lokasi jatuhnya air, karena cukup dalam dan dikhawatirkan terjadi pusaran air.

Bisa ngapain aja di Curug Bengkawah?

Yang jelas: SELFIE!!! Ahahahaaa. Selfie, grouvie, atau berenang layaknya ikan bisa kamu lakuin disini, apalagi kalo kamu kesini bareng temen-temen. Ciptain keseruanmu sendiri, deh! Yang hobby fotografi juga cocok banget mau explore komposisi disini.
Ciptain keseruanmu di Curug Bengkawah, selfie, berenang
Ciptain keseruanmu sendiri! :))
Terus ngapain lagi? Cari pacar juga bisa! #eh.. Yaaa... barangkali, ketemu jodoh disini, karena kadang ada cewek yang masih jomblo kesini. Hahaha.. Tapi tetep: dilarang berbuat mesum di Curug Bengkawah dan lokasi wisata lainnya. INGAT YA!
Jodohku (mungkin) di Curug Bengkawah
Itu tuh, tuh, jodohku ada di balik air terjun! :p
Buat petualang, bisa nyobain nelusurin jalan dan bukit, buat naik ke atas curug, seru juga, lho. Tapi jangan lompat ke bawah ya, dan musti hati-hati karena medan yang terjal.
Naik ke atas Curug Bengkawah
Kalo mau nyobain, naik ke atas curug, tapi jangan lompat ya
Selesai mandi-mandi dan main air, buat yang cowok, kamu bisa naik ke atas bukit dan semak-semak yang dekat dengan sawah buat ganti baju, karena beranjak siang, di lokasi Curug Bengkawah semakin rame. Kan malu kalo mau ganti disitu, bisa kena UU Pornografi, hehehe..
Pemandangan Curug Bengkawah dari atas bukit
View Curug Bengkawah dari atas "bukit"
Eiya, kalo mau ke Curug Bengkawah, waktu paling tepat kapan ya?

Waktu paling baik buat kesana adalah sesaat sebelum masuk puncak musim hujan dan sesaat sebelum musim kemarau. Pagi hari jam 7-10 dan sore hari jam 3-6 pas buat menjelajah karena hari yang tidak terlalu panas dan hasil foto kamu pasti lebih bagus karena matahari yang tidak terlalu terik.
Take photo di Curug Bengkawah, belajar fotografi
Take photo di pagi/sore hari, hasilnya bakalan lebih bagus
Ada minusnya nggak?

Iya, yang saya sayangin cuma satu: Curug Bengkawah belum disentuh dan dikelola secara serius oleh Pemda Pemalang sehingga masih terkesan “seadanya” untuk fasilitas, papan penunjuk, dan promosi. Padahal bisa jadi salah satu unggulan wisata Kabupaten Pemalang, lho. Jadi nggak cuma terkenal di Instagram aja.

Nah, udah yakin belum mau berkunjung ke Curug Bengkawah di long weekend kali ini? Nanti bisa dilanjutin ke lokasi wisata terdekat, yaitu Talaga Silating. Buat yang mau berkunjung jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya!
Menjaga kebersihan di Curug Bengkawah
Walaupun bawa konsumsi 'n perangkat foto, kami #MMB selalu menjaga kebersihan :)
Happy traveling, teman-teman.
Mari jelajahi dan cintai wisata Indonesia.

You Might Also Like

12 comments:

  1. kirain masih di jawa barat kak, tapi bagus nih buat referensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sekarang banyak ditemukan curug baru di berbagai daerah, Kak..

      Iya Kak, lumayan, ada yg lebih bagus lagi lho..

      Delete
  2. wah air terjunya bagus banget : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Iya Kak Sindy, seger n seru kalo bareng temen :D

      Delete
  3. ow, pemalang menyimpan surga kayak gini ya, keren banget dah makasih mas, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya Kak Fira, bagus nih kalo dikembangkan jadi salah satu objek wisata unggulan

      Delete
  4. Admin, if not okay please remove!

    Our facebook group “selfless” is spending this month spreading awareness on prostate cancer & research with a custom t-shirt design. Purchase proceeds will go to cancer.org, as listed on the shirt and shirt design.

    www.teespring.com/prostate-cancer-research

    Thanks


    ReplyDelete
  5. air terjunnya kece banget ya, rekomend banget buat liburan apa berenang, apalagi pemandangannya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha berenang kayak putri duyung enaknya nih :p

      Delete
  6. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Bertualang Mencari Kesegaran di Curug Bengkawah".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya ya, Mey.. :D

      Delete
  7. pemandangannya bagus banget ya, seger kayaknya kalau berenang di bawah air terjunnya..

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)