Ada Bajing Nggak Sih, di Curug Bajing?

6:00:00 PM Dimas A. R. Kambuna 8 Comments

Curug Bajing. Kalo orang ndenger sih mungkin kepikiran tentang hewan sejenis tupai, imut-imut. Atau ada yang mikir tentang bajing loncat, apa bajing-tiiit-. Hehehe.. Yang pasti Curug Bajing tuh merupakan bagian dari Pesona Wisata di Petungkriyono, Negeri 1000 Curug. Lha terus, Ada Bajing nggak sih, di Curug Bajing?

Menempuh perjalanan ke Petungkriyono tuh gampang-gampang susah. Gampang karena aksesnya udah lumayan baik, jalurnya udah ada walaupun agak sempit (apalagi yang pake mobil), nah susahnya itu karena lokasi pintu masuk curug yang agak jauh dari akses jalan umum/jalan utama dan papan penunjuk arahnya agak kurang (maklum, jalan di tengah gunung, menembus rimbunnya pepohonan). Bayangin aja, dari gerbang utama Ekowisata Petungkriyono aja masih sekitar 1 jam perjalanan. Tapi, liat aja, nanti bakal terbayar deh sama asyiknya menikmati Curug Bajing.
curug bajing petungkriyono pekalongan ada bajing nggak sih, di Curug Bajing?
Ada bajing nggak sih, di Curug Bajing?
Setelah sekitar 1 jam perjalanan, akhirnya kami sampai juga di Curug Bajing. Agak kaget saya melihat gerbang/pintu masuk menuju Curug Bajing. Terlihat ada beberapa pondokan, musholla, dan beberapa warung disana yang berjejer rapi. Akses susah, jauh, tapi ada warung lengkap gitu. Hmm.. keren juga pengelolaannya, agak jauh berbeda dengan Curug Bengkawah yang saya kunjungi beberapa waktu sebelumnya.

Lokasi parkir masih sangat-sangat sepi, hanya ada 1 motor selain 2 motor kami. Padahal jam sudah menunjukkan pukul 09.00. Suasana juga pas agak teduh dan mendung, maklum, di tengah gunung, jadi ya dingin n sejuk. Nggak pake lama, kami langsung menuju loket pembelian tiket, disana terlihat ada peta wisata Petungkriyono. Saya kok agak-agak lupa, kalo nggak salah cukup membayar Rp 5.000,00 per orang kamu udah bisa menikmati Curug Bajing. Motor juga cuma Rp 2.000,00. Cukup ekonomis menurut saya dan bukan "pemerasan" yang kadang terjadi di beberapa area wisata.
curug bajing petungkriyono pekalongan dari kejauhan
Curug Bajing dari Kejauhan
Setelah membeli tiket, kami langsung menyusuri jalan setapak menuju Curug Bajing. Letak Curug Bajing tidak terlalu jauh dari loket karcis, estimasi saya kurang dari 500 meter. Dari kejauhan tampak aliran air begitu deras mengalir. Udah ketemu sama Bajing? Belum.
Yang menarik dari Curug Bajing adalah di sepanjang jalur air, ada beberapa undak-undakan yang bisa digunakan untuk bermain air, tapi hati-hati kepleset ya. Ada juga beberapa jalan air dengan bebatuan yang juga cocok untuk mandi-mandi segerr.. Hehehe.. Airnya pun seger dan sejuk, khas air pegunungan. Saya tidak menyarankan untuk mandi-mandi atau bermain air tepat di bawah air terjun, mengingat debit air yang menggrojog dari curug sangat deras, bisa-bisa hilang ditelan pusaran air atau kejatuhan benda berat dari atas.
curug bajing petungkriyono pekalongan undak-undakan
Undak-undakan di alur air
curug bajing petungkriyono pekalongan curug dan jembatan
Bagus banget buat take photo >.<
Bulir air yang berasal dari cipratan air terjun pun terbang cukup jauh dari area jatuhnya air, sehingga cocoknya pake action cam kalo mau main di dekat area Curug Bajing. Saya aja terpaksa mengorbankan lensa kamera saya berembun dan terkena cipratan air untuk mengabadikan beberapa momen di sekitar Curug Bajing (jangan ditiru ya, sayang lensanya, saya juga nyesel). :( Buat yang bawa HP, bagusnya juga pake cover anti air, atau bagus lagi punya HP yang waterproof hehehe..
curug bajing petungkriyono pekalongan lensa berembun cipratan air curug
Lensa berembun terkena cipratan air :(
Info rahasia: di dekat Curug Bajing ada spot yang agak tertutup bebatuan, jadi kalo tiba-tiba kebelet pipis, disana aja, hehehe.. Karena toilet baru ada di dekat loket karcis di atas. Ini buat cowok ya, kalo buat cewek yaa..silahkan aja ahahaha cowok juga ga keberatan kok, kalo ngeliat kalian :P
curug bajing petungkriyono pekalongan spot rahasia
Spot Rahasia!
Udah ketemu sama Bajing nya? Belum.

Nah kalo kamu juga lupa bawa bekal, n tiba-tiba lapar habis main air, di dalam (di area Curug Bajing) juga ada satu warung buat memuaskan nafsu makan kamu, tapi makanan ringan ya. Kamu bisa ngopi-ngopi, makan gorengan, atau sekedar ngacang (makan kacang) n nyusu disini. Jadi nggak harus nunggu ke atas. Harganya juga harga normal kok, jadi kamu bisa tenang ngabisin makanan di warung itu.
curug bajing petungkriyono pekalongan warung di dekat curug bajing
Warung di dekat lokasi Curug Bajing
Beranjak siang saya semakin menyadari beruntungnya saya bisa sampai di Curug Bajing pagi-pagi, sebelum lokasi ramai pengunjung. Saat pengunjung sudah berdatangan mengunjungi Curug Bajing, kamu bakalan susah mencari spot-spot bagus untuk berfoto ria, apalagi kadang cowok tuh malu kalo disuruh pose terus banyak yang ngeliatin #curhat >.< Ahahahaha...
curug bajing petungkriyono pekalongan pengunjung ramai
Semakin siang pengunjung semakin ramai
curug bajing petungkriyono pekalongan selfie
Selfie dulu, aaahhh..
Sekitar jam setengah dua belas, kami putuskan untuk naik, dan beralih menuju ke Curug Muncar. Eh tapi karena gerimis dan mendadak hujan cukup lebat, kami berteduh dulu di warung depan, sambil menikmati kopi khas Petungkriyono. Bukan barista sih yang bikin kopinya, tapi Mbak-Mbak nya udah cukup hangat untuk mengobati rasa dingin kami (hangat kopinya ya, bukan yang lain :p).
curug bajing petungkriyono pekalongan kopi petung
Kopi Petung dan Mbak yang "Menghangatkan" (karena mbuatin kopi) :D
Hujan agak reda, kami memutuskan untuk sholat dhuhur dulu sebelum meluncur ke Curug Muncar. Eh eh eh, lha gimana? Bajingnya udah ketemu belum? Ada bajing nggak, di Curug Bajing?

Jawabannya: kalo bajing tupai nya sih, kami nggak ketemu selama di Curug Bajing, tapi kalo tulisan Bajing, banyak banget tuh disana. Hehehe

Jadi, ada bajing nggak di Curug Bajing? Yaa..suka-suka kamu deh, mau jawab ada atau nggak.
Saya kasih foto lainnya selama disana, ya.. :D
curug bajing petungkriyono pekalongan jembatan bambu
Jembatan Bambu Curug Bajing
curug bajing petungkriyono pekalongan grojogan pijat
Grojogan Pijat Curug Bajing
curug bajing petungkriyono pekalongan welcome to curug bajing ekowisata petungkriyono
Welcome to Curug Bajing!
curug bajing petungkriyono pekalongan area foto
Salah satu area berfoto
curug bajing petungkriyono pekalongan pemandangan sekitar
Pemandangan sekitar Curug Bajing
 Caooo.. sampai ketemu di artikel Curug Muncar, ya.. :)

You Might Also Like

8 comments:

  1. Wah keren ya pemandanganya... udah lama gak kecurug nih... pengen ngerasain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, seger2 enak.. tapi kalo musim hujan gini harus agak waspada kalo main ke Curug ya

      Delete
  2. Nice post, dah tinggal 6 tahun di Pekalogan belum pernah kesana aku ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe rugi loh Mbak, belum kesana,, padahal dah semakin terkenal nih, Petungkriyono nya :D

      Delete
  3. trus kenapa dinamakan curug bajing? Mungkin dulu banyak bajing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah kenapa ya? Kemarin kok belum sempat ngobrol2 sama orang setempat, Mbak.. :(

      Delete
  4. Yah....masih penasaran sama alasan kenapa dinamain Curug Bajing :) Tapi cakep banget curugnya memang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Susan, saya juga pengen kesana lagi deh. Hehehe.. Kapan-kapan kesini yak :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)