Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me

1:30:00 PM Dimas A. R. Kambuna 2 Comments

Halo Teman Travelers.

Tahun udah berganti ke tahun 2017 nih, ya.. Ada yang udah ngerencanain ngambil cuti di tahun 2017? Kalo ngambil cuti di hari tertentu, ngeliat kalender 2017 ini, kita bisa dapet liburan yang lumayan lama, lho. Bisa long weekend. Coba aja searching google "Kalender Liburan 2017", disana kalian bisa ngeliat jadwal libur 2017 plus saran ambil cuti. :D

Berkaitan liburan yang panjang, kalian pasti butuh tempat menginap kan? Masak libur 2-3 hari mau nginep di Masjid? Apalagi kalo liburan bareng keluarga. Nah, Meanwhile U and Me mau ngasih Tips Booking Hotel secara Online, nih. Keunggulannya, kalian nggak perlu repot survei atau telepon ke setiap hotel yang kalian tuju, tinggal search tanggal menginap kalian, bayar, dan cring... Siap menginap, deh. Berdasarkan pengalaman saya, Alhamdulillah belum pernah menjumpai masalah berarti pas nginep di hotel via booking online. Mau tahu caranya, biar kamu nggak salah pilih hotel? Yuk disimak Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me.

1. Tentukan tujuan dan tanggal keberangkatan

Yang pertama, buka browser dan pilih salah satu situs booking online seperti PegiPegi.com, Traveloka, Mister Aladin, dan sebagainya. Atau yang udah punya aplikasi iOS atau Android, buka aja. Nah untuk bahasan kali ini, karena saya seringnya pake PegiPegi, nanti ilustrasinya pake PegiPegi, ya.
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me tujuan dan tanggal keberangkatan
Mencari berdasarkan tujuan dan tanggal keberangkatan
Udah buka situs tujuan kalian, sekarang masukkan tujuan dan tanggal menginap, ya. Saran dari saya, untuk tujuan, kalo bisa yang nggak terlalu jauh dari lokasi wisata tujuan. Misal: mau main ke Pantai Selatan Yogyakarta, nginepnya di Magelang. Kejauhan! Di Jogja kan bejibun hotel yang udah bagus. :D

Nah untuk tanggal menginap, khusus long weekend/peak season, sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari, karena hotel yang strategis biasanya udah full booked. Contoh ya, kita menginap di Yogyakarta, tanggal 25-26 Februari 2017. Hasil yang keluar akan muncul seperti di bawah.

2. Filter Pencarianmu (Budget, Area Hotel, atau Urutan Daftar Hotel)

Di hasil yang keluar, kita masih bisa menyaring/mem-filter daftar hotel yang muncul. Manfaatkan fitur filter tersebut. Contoh:

Budget menginap kita maksimal 400 ribuan, di filter aja di fitur Tarif Hotel dari Rp 200.000,00-Rp 400.000,00. Kan nggak mungkin kita nginep di hotel yang 1 juta rupiah per malam, misalnya.
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me filter hotel
Filter Hotel
Atau kamu juga bisa memanfaatkan filter urutan hotel yang berdasarkan: Rekomendasi atau Harga. Kita klik aja filter harga, nanti yang akan muncul adalah lokasi hotel di tempat tujuan kita, dengan urutan yang paling murah sampai yang paling mahal. Kita cari yang sesuai budget kita.
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me urutan hotel berdasarkan rekomendasi
Urutan hotel berdasarkan rekomendasi
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me urutan hotel berdasarkan harga terendah
Urutan berdasarkan harga terendah
Kita juga bisa memanfaatkan filter Hotel Area. Tujuannya, agar kita nggak terlalu jauh dari lokasi yang kita tuju. Misalnya kita mau jalan-jalan di Malioboro, klik aja Lokasi Hotel yang ada di sekitar Malioboro di Hotel Area.

Dan filter-filter lainnya (tipe kamar, fasilitas kamar, bintang hotel, atau tipe hotel).

3. Cek fasilitas hotel pilihanmu (include sarapan/tidak, dsb) dan bandingkan dengan harganya

Kalo 2 langkah di atas udah dilakukan, sekarang saatnya mengecek fasilitas kamar di hotel yang kamu pilih, cari yang paling "sreg"/cocok dengan kebutuhan kamu. Fasilitas hotel yang paling umum saat ini adalah:
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me foto foto hotel
Cek juga fasilitas via foto-foto hotel
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me detail dan fasilitas hotel
Detail dan fasilitas hotel
Tempat tidur, wi-fi gratis, kamar mandi air panas-dingin, dan sarapan. Cek via foto-foto yang ditampilkan di situs tersebut. Pastikan juga jika kamu ingin kamar dan sarapan, pesan kamar yang sudah termasuk sarapan.

Kalo kamu udah menetapkan satu tujuan hotel, bandingkan harganya dengan situs/aplikasi booking hotel online lainnya.

4. Cek syarat dan ketentuan dari Hotel (waktu check in, ada yang membatalkan uang kembali, dsb)
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me syarat dan ketentuan pemesanan hotel
Syarat dan Ketentuan Pemesanan Hotel
Selanjutnya, kamu cek juga S&K dari hotel, misal kamu boleh check in jam berapa (umumnya mulai jam 13.00), terus jika kamu membatalkan pesanan sesudah membayar, apakah ada potongan biaya, uang kembali 100%, atau hangus, karena setiap hotel menerapkan kebijakan berbeda-beda. 

5. Lihat review dan rating dari pengunjung

Nah ini yang paling saya perhatikan saat booking hotel online: Review dan Rating dari wisatawan. Kadang saya suka lama memperhatikan review dan kadang keluhan dari pengunjung. Soalnya, walaupun di gambar yang ditampilkan di hotel keliatan bagus (ya iyalah, orang tujuannya ngiklan): misal kamar mandi, eh tapi kenyataannya banyak keluhan terkait kamar mandi mampet, dsb. Nah kalo di satu hotel nemuin banyak keluhan gitu, saya mending nyari hotel lainnya deh. Kecuali cuma satu orang yang ngeluh gitu, mungkin itu pas dia aja yang lagi apes.
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me ulasan hotel
Ulasan dan review wisatawan
Keluhan yang sering saya temui di ulasan wisatawan:
AC bocor, parkir sempit, varian/rasa sarapan standar, dan kamar mandi/handuk/kamar hotel bau.

6. Jika ragu, pastikan kembali tipe kamar (single/twin/double bed) dan hasil booking-mu via telepon ke recepsionist hotel.

Terakhir, kalo kamu ragu pilihan hotel kamu udah ter-booking apa belum, pastikan lagi via telepon ke hotel tujuan, pastikan juga tipe kamar kamu jika kamu punya permintaan khusus. Soalnya saya pernah punya pengalaman, saya pesan kamar dengan tipe double bed, eh ternyata dikasih twin bed yang digabung jadi satu. Kan kzl ( :P )

BONUS

7. Gunakan promo yang ada!

Nah kalo ini tergantung kebijakan masing-masing travel agent. Mereka biasanya nawarin beberapa promo. Sssssttt ini salah satu bocorannya: kalo di PegiPegi, booking via aplikasi Android bakal lebih murah dibandingkan booking via browser biasa. Biasanya banyak promo pas ada event khusus, Imlek, Tahun Baru, Idul Fitri, atau promo kartu kredit/debit dari bank tertentu. Pake aja yang bisa kamu pake, dan dapatkan harga termurah! :D
Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me promo hotel
Promo Hotel PegiPegi
Kelihatannya banyak ya? Tapi buat kepuasan pas kita menginap, nggak ada salahnya kita "riset" kecil-kecilan dulu sebelum menginap.
Nah, jadi tunggu apalagi? Kalo kamu udah menerapkan Tips Booking Hotel secara Online ala Meanwhile U and Me, maka kamu siap menginap di hotel impianmu!

Happy traveling, everybody...

You Might Also Like

2 comments:

  1. Tips.x mantap...

    Follback www.mangandosetiawan.com
    Salam kenal
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Makasih Bang, udah mampir.

      Salam kenal juga ya. Toraja kece.. :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)