Hotel Review: Hotel Amira, Bandung

6:00:00 PM

Halo, Travelers. Kemarin-kemarin udah bikin review tentang ujan-ujanan ngorbanin lensa kamera pas traveling di Curug (lumayan juga ngeluarin biayanya buat cleaning lensa #tjurhat), nah sekarang, Meanwhile U and Me mau nge-review hotel lagi nih. Hotel yang Meanwhile U and Me review disini, semuanya berdasarkan pengalaman pribadi Mimin pas berkunjung 'n menginap disana. Jadi, reviewnya apa adanya, bukan dibayar sama hotelnya, yah.
Hotel Review: Hotel Amira, Bandung
Hotel Amira, Bandung
Kali ini ada hotel yang Meanwhile U and Me rekomendasiin banget buat kamu yang suka main ke Bandung, apalagi di daerah sekitar Pasteur. Namanya Hotel Amira yang terletak di sekitar Jalan Surya Sumantri, tepatnya di Jalan Dangdeur Indah No. 20, Bandung. Memang sih, tempatnya agak "nyempil", tapi malah jadi tenang suasana hotelnya. Jadi, dari arah perempatan Gerbang Tol Pasteur, kamu ambil aja ke arah utara (arah ke PVJ) via Jalan Surya Sumantri. Kamu nanti muter dikit karena Jalan Dangdeur Indah di sebelah kanan jalan (timur jalan). Nanti ada plang Hotel Amira, masuk aja teruuuus sampai ke bawah. Hotelnya agak tersembunyi di ujung jalan, tapi tetap nyaman kok.

Check In di Hotel dan Kesan Pertama Hotel Amira

Saya memesan lima kamar pada kedatangan saya yang pertama untuk acara keluarga di Bandung, dan 4 kamar pada kedatangan saya yang kedua, karena kami udah kesengsem sama pengalaman menginap di hotel ini. Dua kali pemesanan tersebut, saya menggunakan Booking Hotel Online PegiPegi.com dan saya cukup puas, karena saya juga udah menerapkan tips booking hotel online yang udah saya buat di artikel sebelumnya. Tambahan tips ya: pesan via aplikasi lebih murah lho, untuk 4-5 kamar, saya waktu itu dapat diskon sekitar 200-250 ribu, lho. Kan lumayan banget tuh.
Hotel Review: Lokasi Hotel Amira, Bandung agak nyempil
Lokasi Hotel Amira
Hotel Review: Resepsionis Hotel Amira, Bandung
Resepsionis Hotel Amira
Kesan pertama sampai di Hotel Amira, hotelnya kayak terpencil di pojok, dekat sungai. Tapi ngeliat suasana sekitar: banyak kos-kosan, terus ada "burjo" (sebutan kami anak kos untuk warung yang jual mie instan dan bubur kacang ijo yang biasanya penjualnya orang Sunda), jadi ngerasa tempatnya nggak sepi-sepi banget dan mudah buat cari makan. Parkir bisa muat buat sekitar 15 mobil kecil dan beberapa motor.
Hotel Review: Lokasi Parkir Hotel Amira, Bandung
Lokasi parkir Hotel Amira, cukup untuk 15an mobil
Begitu sampai di resepsionis hotel, saya cukup menyebutkan nama dan bilang: booking via pegipegi. Nah, resepsionisnya langsung deh, memproses pesanan saya, sambil minjem KTP buat identitas. Nggak sampai lima menit, kunci udah diserahin ke kami. Langsung deh, keponakan-keponakan saya ribut lari-lari milih kamar. Hahaha.. Dan pihak Hotel Amira juga terlihat punya inisiatif, untuk pemesanan rombongan, kamar diberikan saling berdekatan. Resepsionisnya ramah, terus nggak perlu deposit-depositan sebagai jaminan menginap.

Fasilitas Hotel Amira Pasteur

Kamar Mungil tapi Tembok Bata (bukan partisi)

Hotel Review: Kamar Nyaman Hotel Amira, Bandung
Kamar Mungil nan Nyaman
Untuk ukuran kamar hotel, bisa dibilang kamar Hotel Amira ini agak sempit. Tinggal tersisa space kecil untuk akses jalan kita di dalam kamar, tapi udah cukup lengkap untuk kamar hotel. Yang saya suka dari kamar di Hotel Amira adalah bagian tembok beneran tembok, dindingnya pake batu bata, bukan pake partisi kayak hotel modern-minimalis yang banyak muncul akhir-akhir ini. Material pintu, furnitur, dan jendela juga menggunakan kayu solid yang terlihat kokoh. Penggunaan material itu memberikan jaminan privasi yang lebih bagi pengunjung yang menginap.

Tempat Tidur Nyaman dengan AC

Hotel Review: Lokasi AC di Hotel Amira, Bandung
Lokasi AC yang di atas pintu, membuat angin AC tidak langsung ke badan
Tempat tidur king size/double bed menjadi fitur standar pada kamar hotel ini. Tempat tidur yang nyaman, nggak bau, dan dilengkapi pendingin ruangan yang terletak di atas pintu menambah kenyamanan tidur karena angin dingin dari AC tidak langsung mengenai badan kita, tetapi memantul terlebih dahulu lewat dinding kamar mandi.

Kamar Mandi dan Toilet dengan Air Panas-Dingin

Hotel Review: kamar mandi dan amenities di Hotel Amira, Bandung
Kamar Mandi dan Amenities Hotel Amira
Kamar mandi plus toilet yang berukuran agak kecil juga nggak mengurangi kenyamanan. Penempatan shower di bagian ujung pas banget buat nyegerin badan pake air hangat. Cuma, air hangatnya kadang susah untuk disetel dan agak lama panasnya, jadi kadang bisa panas banget, kadang malah kerasa nggak panas waktu di awal. Jadi hati-hati ya, makenya. (Baca cara mengatur keran shower panas dingin disini). Amenitiesnya juga lengkap, selain shampo dan sabun cair yang tersedia di sebelah shower, ada sabun juga di rak kamar mandi. Handuk ada, pasta dan sikat gigi juga ada.

Flat TV dengan saluran Internasional plus Internet

Fitur yang umum juga ada di kamar hotel adalah televisi dengan channel luar dan dalam negeri. Nggak begitu lengkap sih, tapi udah cukup deh buat ngabisin waktu di kamar, kita kan juga biasanya pergi luar kota tuh buat jalan-jalan, bukan buat di dalam kamar melulu.
Hotel Review: flat tv dan internet di Hotel Amira, Bandung
Flat TV dengan channel indo dan luar
Internet juga akhir-akhir ini banyak dibutuhin sama traveler, yang nge-blog biar bisa update, yang kerja biar bisa kirim email, yang suka selfie biar bisa upload foto di kamar hotel. >.< Tapi sayang, kualitas internet di Hotel Amira nggak bisa dibilang lancar dan kencang. :( Tapi, buat yang bawa gadget, stop kontak di Hotel Amira cukup banyak kok. :D

Air Minum dalam Kamar dan Fasilitas Lain

Di dalam kamar juga disediain air mineral plus teko pemanas dan teh, kopi, gula. Bisa buat ngilangin kantuk pas pagi-pagi. Biasanya kan karena nyaman di dalem kamar, jadi males keluar tuh. Hehehe.. Tapi yang disayangin, nggak ada brankas di dalam kamar, ya walaupun kamar kelihatan cukup aman sih, tapi barangkali ada yang butuh brankas. Cuma ada lemari di pojokan, pas di belakang pintu, tanpa tutup. Agak rawan terekspos kalo yang punya barang berharga.
Hotel Review: fasilitas minum di Hotel Amira, Bandung
Fasilitas minum dalam kamar
Oiya, di setiap lantai, di ujung lorong, ada kamar mandi darurat, loh. Jadi buat kamu yang dateng rombongan atau berdua, terus dalam kondisi "kepepet", bisa deh tuh kamu menjelajah ke ujung lorong dan make kamar mandi darurat. :D Tapi di Amira, belum ada lift ya. Kita bisa pake tangga buat naik ke lantai 2 dan seterusnya.

Sarapan Istimewa dengan Menu Cukup Variatif

Nah ini nilai plus dari Hotel Amira dibandingkan hotel yang lainnya. Dateng rombongan, dengan 9 orang dewasa dan 3 anak kecil, Hotel Amira terkesan tidak "perhitungan" dengan jumlah kamar yang dipesan dengan jumlah orang yang datang (5 kamar dan 12 orang). Yah, walaupun nggak terlalu banyak lebihnya, karena "cuma" 2 anak kecil, tapi kan tetap aja, kalo hotelnya terlalu hitung-hitungan, ngurangin biaya operasional. Mereka kan sarapan juga. Kita nggak perlu kupon atau apa, yang biasanya hanya diberikan khusus untuk dua orang. Karena kalo cuma anak kecil terus harus makan di luar karena nggak dapet jatah kupon kan ribet.
Hotel Review: variasi makanan di Hotel Amira, Bandung
Variasi makanan untuk sarapan di Hotel Amira
Hotel Review: tempat sarapan di Hotel Amira, Bandung
Tempat makan yang asri dan nyaman
Terus, menu makanannya juga variatif dan enak, nggak "yang penting nyediain sarapan" yang kadang masih dijumpai di hotel lain. Ada nasi, roti, bubur, sama minuman lainnya. Pas deh buat sarapan, dan buat anak kecil juga bisa, karena bukan makanan yang "aneh".

Lingkungan Ramai (Mudah untuk Cari Makanan)

Satu lagi kemudahan untuk cari makanan dan cemilan di Amira. Karena terletak di dalam kota (walaupun agak nyempil), kita tergolong mudah untuk mencari makan siang atau makan malam di sekitar Hotel Amira. Karena di sekitar hotel juga banyak kos-kosan, jadi banyak warung juga. Cukup jalan ke depan, sekitar 50 meter ada warung burjo dan warung makan, kalo mau lebih variatif, jalan ke belakang sekitar 200an meter, nanti nemu banyak tempat makan seafood, nasi goreng, dll. Nggak khawatir, deh.

Check Out dari Hotel Amira

Cukup menyerahkan kunci kamar (kunci konvensional) buat check out dari hotel, nggak pake ribet. Akang dan Tetehnya senantiasa ramah melayani kami, padahal keponakan saya tuh bisa dibilang ributnya bukan main, apalagi pas pagi-pagi mau check out, lari kesana kemari, suaranya bergema di lorong.
Hotel Review: lorong Hotel Amira, Bandung
Keponakan lari kesana kemari disini
Sandal kamar juga digratiskan untuk dibawa pulang, karena emang udah jadi consumable hotel. Kan lumayan, buat di rumah. Hehehe.. :p

Kesimpulan tentang Hotel Amira

Hotel Amira menjadi hotel yang paling berkesan yang pernah saya tempati sejak saya "bertualang". Bukan karena fasilitasnya yang "wah", tapi karena nyamannya selama kami disana.

Hotel Amira menjadi salah satu hotel yang recommended buat ditinggali, karena nggak terlalu jauh dari Pasteur (Gerbang Tol dan Jalan Pasteur), jadi akses kemana-mana mudah. Baik itu makan, pusat perbelanjaan, maupun hiburan. Harga yang standar (bahkan bisa dikategorikan murah) mengingat sarapan yang istimewa dan "nggak ada batas", menjadi salah satu kelebihan Hotel Amira.
Hotel Review: arsitektur Hotel Amira, Bandung
Arsitektur yang menarik dari Hotel Amira
Hotel Review: taman asri Hotel Amira, Bandung
Taman di samping Hotel Amira, di sebelahnya ada jalan tembus
Walaupun banyak kelebihannya, ada beberapa kekurangan juga yang perlu ditingkatkan dari Hotel Amira. Kalo di-list berikut kelebihan dan kekurangan Hotel Amira:

Pros
Biaya menginap murah
Sarapan variatif dan nyaman
Lingkungan hening tapi tidak susah cari makanan atau cemilan di sekitar hotel
Lokasi lumayan strategis
Fondasi solid dan lumayan kedap suara

Cons
Internet kurang cepat dan kurang stabil
Tidak ada brankas/lemari tertutup di dalam kamar
Air panas kamar mandi agak sulit diatur

Jadi gimana? Mau traveling ke Bandung tapi bingung mau nginep dimana? Hotel Amira jadi salah satu hotel yang Meanwhile U and Me rekomendasikan kalo kamu mau nginep di Bandung, khususnya daerah sekitar Pasteur. Lokasi yang nggak jauh dari keramaian, dekat Gerbang Tol Pasteur menjadi keunggulan tersendiri dari Hotel Amira. Tempatnya juga pas, tidak bising karena nggak pas di sebelah jalan raya.

Jalan-jalan, yuk. Melihat Wonderful Indonesia :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Tapi ekspektasi dari luar berbeda dengan kondisi kamarnya ya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bro, tapi ekspektasi yang positif, lho.. emang agak kecil ruangan nya, tapi nyamannya itu, lho.. :)

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs