5 Inovasi ini Membuat Kereta Api semakin Populer di Kalangan Traveler

7:00:00 PM

Naik kereta api, tut tuut tuuut.. Siapa hendak turut..

Yak, kereta api. Moda transportasi yang belakangan sedang melakukan ekspansi besar-besaran untuk menyambungkan beberapa kota maupun fasilitas publik di Indonesia. Mulai dari proses reaktivasi jalur yang sudah mati, maupun pembangunan rel dan jalur baru. Kereta Api mulai dilirik sebagai moda transportasi yang efektif dan efisien, khususnya untuk jarak jauh dan jarak menengah. Hal ini tidak lepas dari berbagai inovasi dan pengembangan yang dilakukan PT KAI.
5 Inovasi ini Membuat Kereta Api semakin Populer di Kalangan Traveler
Memang, inovasi apalagi sih yang dilakukan KAI? Kok sekarang sekarang bisa mengangkut hingga sekitar 1 juta orang per hari di seluruh Indonesia? Yuk, coba kita kupas, 5 Inovasi yang Membuat Kereta Api menjadi transportasi yang populer di kalangan traveler.

  • Satu Tiket untuk Satu Kursi
5 Inovasi ini Membuat Kereta Api semakin Populer di Kalangan Traveler satu kursi satu tiket
Satu tiket, satu kursi. Tidak ada lagi yang berdiri di pintu gerbong
Kereta Api menjadi populer karena bebas macet, jarak tempuh yang lebih cepat, dan bisa mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak. Namun, sangat tidak nyaman ketika kita harus berdesak-desakan saat kita menaiki kereta api untuk waktu yang lama. Mungkin yang pernah naik kereta api tahun '90an hingga era 2000an merasakannya. Naik di atas atap lah, bergelantungan di pintu lah, berdiri berjam-jam. Maka dari itu, mulai tahun 2011, PT KAI melakukan kebijakan satu tiket untuk satu kursi di kereta api. Jadi setiap penumpang dipastikan mendapat tempat duduk. Hal ini tentu memberikan kenyamanan bagi penumpang, khususnya kereta api jarak jauh. Traveler yang mau menjelajah lokasi wisata pun bisa menyimpan tenaga untuk petualangan selanjutnya.

  • Pesan tiket berdasarkan identitas asli
Saat ini, ketika kita ingin check in menuju peron kereta api, kita harus menunjukkan kartu identitas yang sesuai dengan identitas yang kita isi saat kita memesan tiket kereta api. Hal ini tentu menguntungkan karena mengurangi tindakan kriminal, maupun mengurangi praktek kecurangan seperti calo. Tidak ada lagi penumpang yang merasa dirugikan akibat harga tiket yang "GILA", dan penumpang pun merasa lebih aman karena penumpang yang ada di dalam kereta api jelas identitasnya.

  • Peningkatan fasilitas kereta api dan fasilitas pendukung
Saat ini kita dapat merasakan peningkatan yang pesat di beberapa stasiun di Indonesia. Toilet yang bersih, pusat makanan, hingga mesin penjual tiket otomatis. Lebih bersih dan lebih modern. Itu kesan yang didapat. Walaupun bagai 2 sisi mata uang, hilangnya pedagang asongan di dalam stasiun dan di dalam kereta, setidaknya menambah kenyamanan dan mengurangi kepadatan penumpang di dalam stasiun. Mesin penjual tiket otomatis pun membantu penumpang untuk memesan tiket secara mandiri.
5 Inovasi ini Membuat Kereta Api semakin Populer di Kalangan Traveler fasilitas toilet stasiun
Toilet nyaman dan bersih di setiap stasiun
Fasilitas di dalam kereta juga tidak kalah nyaman dengan berlakunya gerbong bebas asap rokok, hingga pemasangan pendingin udara di seluruh rangkaian gerbong (tidak lagi menggunakan kipas angin). Pramugari yang direkrut KAI juga suka bikin adem traveler cowok!

  • Kemudahan pemesanan tiket secara online
Selain pemesanan tiket melalui vending machine dan melalui loket penjualan, PT KAI juga telah menjalin kerjasama dengan puluhan partner resmi penjualan tiket kereta api. Pemesanan yang semakin mudah juga membuat calon penumpang bisa memesan dan melakukan pembayaran tiket darimana saja.
5 Inovasi ini Membuat Kereta Api semakin Populer di Kalangan Traveler promo tiket kereta
Promo tiket kereta dari salah satu partner KAI
Selain itu, KAI yang bekerjasama dengan partner resminya juga sering memberikan promo tiket kereta berupa diskon harga tiket, hingga tiket gratis! Calon penumpang pun semakin senang memanfaatkan promo tiket kereta dan akhirnya menjadi penumpang setia kereta api.

  • Pembatalan atau tukar jadwal tiket kereta api
Tidak seperti moda transportasi jarak jauh seperti bus atau travel, selain pemesanan tiket kereta bisa dilakukan pada H-90 (3 bulan sebelum pemberangkatan), kita bisa menukar jadwal atau membatalkan tiket kereta api yang sudah kita pesan. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku, ya. Hal ini menguntungkan traveler, karena terkadang jadwal liburan terkendala cuti ditolak lah, ada kerjaan mendadak lah, dan alasan lainnya.

Menurut saya, itulah 5 Inovasi yang dilakukan PT KAI yang membuat Kereta Api menjadi Moda Transportasi yang paling populer pada saat ini, khususnya untuk jarak menengah hingga jarak jauh.

Buat kamu yang belum pernah naik kereta api, cobain deh. Asyik kok, dan jangan lupa, manfaatkan promo tiket kereta apinya, ya...

You Might Also Like

1 comments

  1. Kereta sekarang sudah lebih bagus. Tapi sayang, nasgor kereta udah gak ada :D

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs