5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata

7:00:00 PM

Halo, Teman-Teman Traveler. Dokumentasi liburan sekarang menjadi hal yang lumrah yang dilakukan wisatawan setiap berkunjung ke suatu lokasi wisata. Menjamurnya kamera untuk membidik momen, baik kamera smartphone yang semakin canggih, atau kamera mirrorless yang ringan untuk dibawa kemana-mana semakin memudahkan travel lovers untuk memamerkan keindahan objek wisata yang dikunjungi di sosial media.

Foto yang bagus dan sedap dipandang tentunya memiliki nilai lebih sehingga banyak yang tanpa sungkan menekan tombol Like/Follow di Instagram atau Like di Facebook. Tapi, terkadang masih banyak juga foto liburan teman-teman travelers yang bisa dibilang bikin sakit mata pas dilihat. Foto nggak jelas lah, terlalu gelap lah, miring sana, miring sini.
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata
Nah, untuk menghindari hal-hal itu, ada baiknya kamu perhatikan tips dari Meanwhile U and Me di bawah ini, tentang 5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata. Sebenanya, banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mereparasi foto kamu agar lebih menarik, seperti Adobe Photoshop/Lightroom, Picasa, PicsArt, Snapseed, dan lain sebagainya. Karena basis semuanya adalah sama. Namun, untuk mempermudah, pada 5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata ini saya menggunakan aplikasi Snapseed milik Google yang bisa didapatkan di Google Play Store atau toko aplikasi HP kamu. Mari kita ulas. :)

1. Pastikan objek yang kamu bidik tidak blur/salah fokus

Kecuali untuk tujuan tertentu, pastikan objek foto yang kamu bidik, nggak blur (kabur), entah itu saat selfie atau motoin temen kamu. Caranya, pastikan pencahayaan cukup, tangan kamu harus steady (kokoh, nggak banyak gerak) waktu menjepret. Pencahayaan yang cukup membuat kamera HP/mirrorless kamu memiliki shutter speed (kecepatan rana) yang cukup untuk mengabadikan momen yang ada dan meminimalisir blur pada objek yang kamu bidik. Hasil foto pun semakin tajam.
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Blur dan Salah Fokus
Contoh Foto Blur dan Salah Fokus
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Foto Tajam
Contoh Foto dengan Fokus Tepat
Salah fokus juga bisa menimbulkan objek menjadi blur. Misal untuk kamera mirrorless, kadang bisa salah fokus ke background, sehingga objek yang difoto malah nggak fokus. Untuk mengatasinya, pastikan kamu menentukan area fokus foto kamu, bisa dengan menyentuh area fokus di layar HP, atau menentukan area fokus via titik AF pada kamera digital kamu. So, foto yang objeknya blur, dapat dihindari.

2. Exposure (Pencahayaan)

Selain pencahayaan bisa menentukan foto menjadi blur atau tidak, kamu juga harus memastikan foto kamu mendapatkan cahaya yang memadai, jangan over exposure atau under exposure. Terlalu gelap atau terlalu terang, perlu dihindari. Yang pas-pas aja. Kalo foto kamu terlanjur over/under exposure, kamu bisa mengatasinya lewat fitur Tune Image pada Snapseed. Caranya, buka foto yang ingin kamu perbaiki > Tools > Tune Image. Pilih Brightness, lalu kamu atur deh tingkat kecerahan foto kamu, bisa dinaikkan nilainya, atau dikurangi. Atau kalo objek foto terlalu gelap, kamu bisa bermain-main di efek Shadow. Caranya sama, naikkan/kurangi nilainya.
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Before After Brightness
Pengaruh Brightness pada Foto
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Menu Brightness dan Shadow Snapseed
Menu Brightness dan Shadow pada Snapseed
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Before After Shadow
Atur Shadow jika Objek Fotomu terlalu Gelap
3. Saturation

Kadang, foto yang kamu jepret, terutama pemandangan, nggak keliatan "wah" kayak foto-foto temen-temen kamu. Keliatan kusam, warna rumputnya pudar, kurang hidup gitu. Nah, buat masalah yang ini, coba kamu main-main sama yang namanya Saturation. Tambahin dikit atau banyak sebenarnya sesuai selera sih. Tapi yang pas itu lebih baik, nggak berlebihan. Keliatan kok, kalo over saturation, misal pemandangan dengan dominasi hijau, warna hijaunya jadi nggak natural.

Masih di menu yang sama untuk mengatur Exposure. Tinggal klik foto yang mau kamu edit, > Tools > Tune Image. Pilih Saturation. Geser ke kanan untuk menaikkan nilai Saturasi foto kamu.
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Menu Saturation Snapseed
Menu Saturation pada Snapseed
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Before After Saturation
Before & After Pengaturan Saturation
Selain foto pemandangan, foto-foto bergenre "street photography" juga cocok main-main sama saturasi. Terutama foto yang penuh dengan warna, entah itu warna-warni baju, balon, atau grafiti di dinding. Pasti deh foto kamu bakal lebih hidup. :D

4. Straighten & Cropping

Straighten biasanya berguna buat kamu yang suka menjepret pemandangan. Pantai, pegunungan, matahari terbenam, atau lainnya. Ada kalanya foto kamu miring sedikit. Solusinya, pilih opsi straighten pada aplikasi edit foto kamu. Kalo di Snapseed, opsi Straightening Angle ada di bagian Rotate, kemudian ubah posisi foto kamu agar lurus dengan menggeser jari ke kanan atau ke kiri. Untuk Straightening, nilainya bisa sampai 45 derajat. Selebihnya, kamu bisa mengkombinasikan dengan fungsi Rotate foto.
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Hasil Cropping
Cropping bisa membuat foto menjadi lebih menarik
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Menu Straighten dan Cropping Snapseed
Proses Straightening Angle dan Cropping
Cropping juga bisa membuat foto kamu lebih menarik, lho. Cropping (atau bisa juga disebut memotong) bisa menghilangkan objek-objek tidak berguna yang membuat foto kamu menjadi kurang menarik. Misal, ada sampah, atau ada orang lewat yang mengganggu, tinggal crop aja. Cropping pada foto juga bisa menghilangkan mantan di foto lama kita, lho.. (*eh >.< )

5. Sharpening (menajamkan foto)

Kadang, keterbatasan kamera HP ataupun resolusi di kamera digital kita membuat foto kita kurang tajam. Fitur Sharpening pada software editing foto bisa sedikit mengurangi kekurangan itu. Di Snapseed, masuk aja ke Menu Tools > Details > Sharpening. Foto yang kurang tajam karena kurang cahaya atau keterbatasan piksel, bisa terbantu menggunakan fitur ini.
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Menu Sharpening Snapseed
Menu Sharpening pada Snapseed
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Before After Sharpening
Before - After Proses Sharpening (Klik untuk lebih jelas)
Jadi, menurut Meanwhile U and Me, itu adalah 5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata buat yang ngeliat foto kamu. Foto kamu juga bisa lebih menarik asal kamu pintar memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi editing foto.

By the way, menggunakan gadget dengan sensor kamera canggih juga bisa mengurangi kekurangan-kekurangan waktu kamu menjepret foto seperti diulas di atas, lho. Contohnya, kalo kamu menggunakan produk-produk Samsung, kayak smartphone Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy J7 Plus, atau menggunakan Action Cam Samsung Gear 360. Resolusi kamera yang tinggi, algoritma pemrosesan foto yang canggih, plus aperture kamera yang lebar memudahkan kamu buat mengambil foto dimanapun dan kapan pun, bahkan di area dengan cahaya yang rendah (low light).
5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata Samsung Anchor Blibli
Produk Samsung dengan kecanggihannya memudahkan Take Photo
Produk Samsung lainnya juga dijamin memudahkan kamu untuk melakukan edit foto, karena Monitor Komputer atau TV Samsung kaya warna dan memberikan warna yang alami. Coba aja cek produk-produk Samsung disini.

Hmmm.. kalo kamu udah baca artikel 5 Trik Sederhana agar Foto Liburanmu Nggak bikin Sakit Mata ini, dijamin deh, temen-temen kamu bakalan lebih betah ngeliat feed Instagram atau profil Facebook kamu.

Selamat jeprat jepret foto, Travel Lovers..

You Might Also Like

4 comments

  1. bolehlah...dan ga perlu software berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp Mbak In, minimal yang ngeliat tuh enak.. nggak sepet, hehehe

      Delete
  2. Secanggih apapun gadgetnya, kalo ngambil gambarnya kurang tepat, hasilnya juga kurang maksimal ya mas. Intinya terletak di cara pengambilan dan pengaturan... Thanks for the sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, setting gadget juga bisa mempengaruhi, Mas. Jadi temen2 yang ngliat bisa menikmati foto yang kita upload :D

      Delete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Promo Tiket Pesawat

Member Of



Travel Blogs
best blogs