Pilihan Bus yang Membuat Kamu Datang dan Pergi dari Bandung

8:00:00 PM

Huaahhm... Males kok nggak ilang-ilang ya?? Gimana dong??

Biar nggak vakum terlalu lama, saya mau share sedikit nih, tentang transportasi dari Bandung dan menuju ke Bandung buat kamu yang khususnya tinggal di sekitar Jawa Tengah dan DIY. Jawa Timur juga boleh deh, saya singgung sedikit, kalo ke Jakarta dari Bandung, atau sebaliknya, saya belum pernah.
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan
Hitung-hitung pemanasan, artikel ini saya buat sebelum saya buat update artikel tentang honeymoon puas di Jogja, lanjutannya paket Berpetualang Asyik di Bandung, hehehe..

Sebelum dan setelah mendapat istri orang Bandung (ehem!!!) saya beberapa kali berkunjung ke Bandung untuk wisata atau untuk keperluan lainnya (contohnya: lamaran dan nikahan, :p). Untuk perjalanan itu, saya lebih memilih kereta api sebagai moda transportasi pilihan saya. Kenapa? Coba baca ini: 5 Inovasi ini Membuat Kereta Api semakin Populer di Kalangan Traveler

2 rute pernah saya tempuh untuk ke Bandung via kereta api, baik rute Jogja-Bandung (PP) atau rute Pekalongan-Bandung.
  • Buat kamu yang mau ke Bandung dari Jogja (atau sebaliknya), kamu bisa milih salah satu kereta api berikut ini:
Mutiara Selatan, cek ketersediaan tiket

Kereta-kereta api tersebut mayoritas tujuan awal/akhirnya di Bandung - Jawa Timur, melalui jalur kereta api di bagian selatan pulau Jawa.
  • Nah, buat kamu yang mau ke Bandung dari Pekalongan (dan daerah Pantura lainnya; berlaku sebaliknya), kamu bisa milih salah satu kereta api berikut ini:

2 kereta api itu melewati jalur pantai utara Jawa. Kok cuma 2? Iya memang, cuma ada 2 kereta api itu kalo kamu mau pergi langsung dari daerah sekitar Tegal-Semarang, menuju Jogja.

"Terus, kalo aku rumahnya di tengah-tengah (misal: Wonosobo), nggak dilalui rute kereta api, atau kehabisan tiket kereta api buat mudik gimana?"

Jangan kuatir, artikel ini saya buat untuk kamu yang mengalami permasalahan di atas via artikel Pilihan Bus yang Membuat Kamu Datang dan Pergi dari Bandung.
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan agen bis Shantika dan Kramat Djati Cimahi
Agen Bis Kramat Djati dan New Shantika di Cimahi
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan agen bis Bejeu dan Kramat Djati Cimahi
Agen Bus Bejeu dan Kramat Djati di Cimahi
Selepas Idul Fitri 2018 kemarin, saya juga kehabisan tiket kereta api untuk kembali ke Pekalongan selepas mudik ke Bandung. Sebagai alternatif untuk rute perjalanan Bandung-Pekalongan, saya memilih bus untuk mengantarkan saya kembali ke rumah. Karena baru pertama kali mudik pake bus dari Bandung, seperti biasa sebelum "berburu" tiket di lapangan, saya memilih untuk browsing terlebih dahulu. Yang muncul di pencarian ada beberapa bus untuk rute Bandung-Pekalongan: ada Kramat Djati, Bejeu, New Shantika, dan Nusantara. Dan beberapa dari mereka ternyata punya agen di Cimahi. Karena rumah mertua ada di Padalarang, saya lebih memilih ke Agen Bus Cimahi saja dibandingkan harus jauh-jauh ke Terminal Cicaheum.

Karena waktu itu masih "suasana Lebaran", harga tiket bus Bandung-Pekalongan pun melonjak di antara 200-250 ribu. Saya memilih New Shantika untuk perjalanan saya (harga tiketnya waktu itu Rp 200.000,00). Harga tiket bus normal untuk jurusan Bandung-Pekalongan sekitar 150-180 ribu rupiah.

Bus-bus jurusan Bandung-Pekalongan rata-rata sudah tipe eksekutif dengan seat 2-2, AC, stop kontak, reclining seat, toilet, makan 1x, dan bantal-selimut. Ada juga yang ngasih fasilitas Wi-Fi dan snack berat.
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan jajaran bis di Terminal Cicaheum
Semua bis berjajar rapi di terminal, plus nggak ada "preman"
Berangkat dari Cimahi sekitar setengah 3 sore dan sampai di Terminal Cicaheum sekitar setengah 4, ternyata "semua bus" jurusan Bandung-Pekalongan (dan seterusnya) ngetem/mangkal dulu sampai jam setengah 6 - setengah 7 malam.

Waktu antara 2-3 jam itu saya manfaatkan untuk berkeliling, dan kembali saya menemukan hal baru: Sangat Banyak Pilihan Bus untuk rute Bandung-Pekalongan dan jurusan lainnya. Lengkapnya silahkan lihat di gambar ya atau lihat lampiran di bawah:
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan pilihan agen bus di Terminal Cicaheum
Beberapa pilihan agen Bus Bandung - Pekalongan di Terminal Cicaheum
Untuk rute Bandung-Pekalongan (plus rata-rata sampai Jepara), pilihan busnya ada:

Kramat Djati, Pahala Kencana, New Shantika, Bejeu, Hiba Putra, Rajawali, Bandung Ekspress, Nusantara, Harum Prima

Untuk rute Bandung - selatan Jawa Tengah & DIY, pilihan busnya ada:

Rajawali, Sinar Jaya, Budiman, Mandala (Handoyo Group), Hiba Putra, Maju Lancar, dan Bandung Ekspress

Dan untuk perjalanan Bandung-Pekalongan (terhitung dari Terminal Cicaheum) cepet banget lho, hanya sekitar 6 jam perjalanan udah termasuk istirahat dan makan malam gratis di daerah Sumedang, karena kami berangkat hampir setengah 7 dan sampai di Pekalongan sekitar jam setengah satu malam. Rute yang ditempuh padahal nggak banyak lewat tol: Cicaheum - Cadas Pangeran - Sumedang (istirahat makan +- 30 menit) - Jatiwangi - Tegal - Pemalang - Pekalongan.
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan Bus Bejeu Jepara eksekutif black bus
Bis Bejeu, eksekutif mantap dengan Wifi (harga tiket lebih mahal dibanding Shantika)
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan Bus Nusantara eksekutif ekonomis
Nusantara, bus eksekutif ekonomis (selain Bejeu, mertua pernah naik ini juga)
pilihan bis jurusan Bandung Pekalongan Bus PO New Shantika reclining seat eksekutif medium
PO New Shantika, bus eksekutif level "medium" >.< Ini yang saya naiki
Nah jadi buat kamu yang bingung rute transportasi dari rumah kamu ke Bandung atau sebaliknya, selain kereta api, naik bus bisa menjadi pilihan kamu. Saran saya buat yang nggak mau nunggu terlalu lama, kamu bisa langsung ke Terminal Cicaheum buat memilih bus sesuai budget dan keinginan kamu, kecuali yang emang nggak mau merepotkan keluarga mengantar terlalu jauh, kamu bisa ke agen bus terdekat.

Eh tambahan, yang saya suka dari Terminal Cicaheum di Bandung ini, nggak banyak calo yang narik-narik atau maksa kamu naik salah satu bis pilihan mereka kayak di terminal-terminal Jakarta. Jadi kamu bisa nunggu bis atau nongkrong menunggu bis berangkat dengan santai.

Semoga artikel Pilihan Bus yang Membuat Kamu Datang dan Pergi dari Bandung ini membantu ya.

See you again in next article.
 Promo Tiket Kereta Api Tiket.com

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah bis-bisnya keren banget. Fasilitasnya juga oke punya. Dan enaknya di terminal gak ada calo atau preman, gak kayak di terminal Pulo Gadung dan Kampung Rambutan, Jakarta, sarang preman itu. Ternyata tetap lewat jalur Pantura ya mas, dari Selatan naik ke Utara, hehehe... Nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, saya pernah "dihadang" 4 preman yang mau narik saya ke tempat gelap di Kampung Rambutan. Untung bisa lolos -_-'

      Iya Mas, kalo yang ke arah Semarang atau Jepara tetap lewat Pantura

      Delete
  2. Menarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih

    ReplyDelete

Komentar itu bisa memberi inspirasi lho.. Siapa yang mau memberi inspirasi ke blog ini? :)

Banyak Promo Disini


Travel Blogs
best blogs